Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Kacang Almond Untuk Kecantikan dan Kesehatan

manfaat kacang almond

Manfaat Kacang Almond – Kacang Almond adalah salah satu jenis kacang yang memiliki rasa yang gurih, selain itu banyak sekali manfaat kacang almond bagi kesehatan dan kecantikan, karena memiliki kandungan vitamin B dan vitamin E, serta kandungan mineral yang sangat berguna untuk tubuh kita, seperti zat besi, kalsium, magnesium dan zinc.

Kacang almond juga memliki banyak nutrisi antara lain lemak tak jenuh dan serat pangan, cocok banget untuk kamu yang lagi diet nih girls, bisa dijadiin cemilan, selain menyehatkan isa biki berat badan turun, eits turun bukan karna gak sehat, tapi karena kacang almond ini bisa mengurangi lemak pada tubuh, jadi indeks masa tubuh akan turun secara signifikan, bagi yang mengkonsumsi kacang almond secara rutin.

Manfaat Kacang Almond Untuk Kesehatan

Beberapa manfaat kacang almond yaitu dapat meningkatkan kinerja otak, menurunkan kolestrol, membantu proses diet, mengurangi resiko kanker usus besar, mengobati penakit maag, menstabilkan tekanan darah, dan dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung, berikut penjelasannya:

Meningkatkan Kinerja Otak

Kandungan vitamin E pada kacang almond sangat bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas memori otak dan mencegah penurunan daya ingat pada otak, selain itu kandungan vitamin B6 didalam kacang almond juga dapat meningkatkan metabolisme protein, metabolisme protein itu yang diperlukan untuk memperbaiki sel² otak yang rusak, Mineral yang terkandung dalam kacang almond juga bereperan untuk menjaga sel² dan syaraf otak dari kerusakan, yang umumnya akibat radikal bebas.

Menurunkan Kolestrol

Kacang almond sangat kaya akan kandungan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan yang bisa melindungi sel darah dari kerusakan, serta mencegah penyumbatan arteri akibat kolestrol tinggi, jika anda mengkonsumsi kacang almond secara rutin maka secara signifikan akan menurunkan kolestrol jahat dan meningkatkan kolestrol baik.

Membantu Proses Diet

Jika anda sedang dalam proses diet jadikan kacang almond sebagai cemilan anda, karena orang yang mengkonsumsi kacang almond mengalami penurunan berat badan lebih cepat daripada orang yang memiliki pola makan tinggi karbohidrat, jika dalam proses diet anda mengkonsumsi kacang almond secara rutin dapat menurukan berat badan 18%, diandingkan oranng kacang tidak mengkonsumsi kacang almond,mereka hanya megalami penurunan sekitar 11%.

Mengurangi Resiko Kanker Usus Besar & Maag

Para peneliti mangatakan, kandungan lemak yang terdapat pada kacang almond dapat mengurangi resiko terserang kanker usus besar kandungan minyak yang tinggi ini dan dapat mengobati penyakit maag dan juga dapat menurunkan kadar asam lambung pemicu maag.

Baca juga: manfaat jeruk nipis

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang yang dapat meningkatkan lemak darah yang baik bag jantung anda, dalam sebuah penelitian, kacang almond yang dikonsumsi sebaga cemilan dan pola makan tertentu dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner.

Mengendalikan Tingkat Gula Darah

Penelitian yang dilakukan kepada para penderita diabetes tipe 2 menunjukan bahwa, mereka yang mengkonsumsi kacang almond dapat mengurangi obat-obatan dibandingka mereka yang tidak mengkonsumsi almond. Efek samping dari obat-obatan yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah cenderung membuat para penggunanya sering merasa lapar.

Sehingga melanggar aturan diet diabetes yang dianjurkan. Saran untuk mengkonsumsi almond bagi para penderita diabetes ternyata dapat membantu memberi rasa kenyang lebih lama, sehingga kadar gula tetap stabil, dan akhirnya penggunaan obat-obatan untuk mengontrol gula darah dapat dikurangi.

Melancarkan Pencernaan

Kacang almond memiliki kandungan serat dan sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan jika rutin mengkonsumsinya, saat pencernaan lancar maka tubuh akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, mengapa kacang almond dapat melancarkan pencernaan? hal ini karena kandungan serat yang sangat tinggi pada kacang almond yang sangat baik untuk memperlancar pencernaan sehingga terhindar dari beragam penyakit seperti diare dan sembelit.

Baik Untuk Penderita Maag Akut

Mengkonsumsi kacang almond sangat baik untuk para penderita maag akut, hal ini karena kacang almond mengandung kandungan minyak yang sangat tinggi, sehingga kandungan minyak dalam kacang almond dapat menurunkan kadar asam lambung pada lambung dan dapat mencegah maag itu datang.

Menguatkan Dan Menyehatkan Tulang

Kandungan kalsium dan zat fosfor pada kacang almond sangatlah tinggi, kedua nutrisi atau zat ini sangat bermanfaat dan berguna untuk meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang. Selain itu kandungan mangan, potassium, dan magnesium pada kacang almond juga dapat membantu membentuk tulang yang kuat dan padat.

Mencegah Peradangan

Tubuh manusia sangat mudah terserang peradangan tertentu, hal ini karena tubuh kurang asupan omega-3 dari kacang-kacangan atau buah, hal ini dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi kacang almond yang mengandung omega-3 sehingga dapat membuat tubuh terlindungi dari peradangan. Omega-3 yang terkandung dalam kacang almond yaitu arthritis dan migrain.

Baca juga: manfaat buah bit

Mengurangi Nyeri Radang Sendi

Masih bersama fungsi asam lemak omega-3 yang terkandung dalam kacang almond serta kandungan asam lemak omega-9 yang sangat berguna untuk membantu meredakan nyeri radang sendi pada tubuh. Radan sendi ini merupakan penyakit yang menyebabkan sendi terasa nyeri atau ngilu, sehingga menimbulkan perasaan tidak nyaman pada tubuh.

Meningkatkan Energi Pada Tubuh

Jika anda sering merasakan tubuh loyo saat beraktifitas atau akibat program diet tertentu sehingga tubuh menjadi loyo dan kurang berenergi, anda bisa mengkonsumsi kacang almond yang kaya akan kandungan karbohidrat yang dapat membantu menciptakan energi dalam tubuh, selain itu kandungan kalori pada kacang almond juga berfungsi sebagai penyandang energi yang ada didalam tubuh. Sehingg tubuh menjadi kuat berenergi dan tidak mudah loyo saat beraktifitas.

Mestabilkan Tekanan Darah

Orang yang mengkonsumsi almond secara rutin dapat megalami penurunan tekanan darah sistolik, yaitu angka pertama dalam pengukuran tekanan darah sampai 11%.

Manfaat Untuk Kecantikan

Kacang almond mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan zat-zat positif lainnya yang diperlukan oleh tubuh, serta kandungan vitamin E yang sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan dan kecantikan kulit.

Manfaat kacang almond untuk kecantikan yaitu, dapat menyehatkan kulit, menyehatkan rambut, menghilangkan mata panda & mata bengkak, membuat bibir cerah merona, dan dapat mengangkat sel kulit mati pada permukaan kulit

Mengatasi Masalah Kulit Wajah Kering, Kusam, Dan Berminyak

Scrub berbahan almond dan campuran lainnya dapat membantu mengatasi masalah kulit wajah yang kering, kusam, dan berminyak ataupun berjerawat. Selain itu penggunaan scrub almond ini dapat mmembantu pengangkatan sel kulit mati dan meningkatkan proses regenerasi sel kulit, berikut ini langkah membuat scrub almond:
Bahan – Bahan

  • Kacang almond 1/3 mangkuk
  • Oatmeal 4 sdm
  • Madu 2 sdm
  • Yoghurt atau jus lemon 2 sdm

Cara Membuat Dan Menggunakannya

  1. Haluskan kacang almond sampai berbentuk seperti butiran pasir.
  2. Campurkan dan aduk merata semua bahan tersebut.
  3. Oleskan pada wajah, kemudian pijat halus pada wajah.
  4. Biarkan selama 15 menit lalu bilas.

Menyehatkan Kulit

Permasalahan kulit kering, kusam, busik bisa kamu atasi dengan megkonsumsi kacang almond, karena kandungan vitamin E dalam kacang almond sangat bermanfaat untuk membuat kulit anda terlihat segar cerah dan dapat melindungi kerusakan kulit akibat pancaran sinar UV matahari, selain itu kacang almond juga bisa melembabkan dan menghaluskan kulit.

Baca juga: manfaat alpukat

Menyehatkan Rambut

Vitamin E berperan penting untuk menjaga kesehatan rambut, serta kandungan asam lemak dan biotin yang terdapat dalam kacang almond dapat mencegah kerontokan pada rambut, selain itu terdapat zinc yang berguna untuk memperbarui sel-sel rambut pada kulit kepala sehingga membuat rambut menjadi subur.

  • Kacang almond mengandug vitamin E, yang sangat bermanfaat untuk menjaga serta menyehatkan rambut.
  • Kandungan Biotin yang terdapat pada kacang almond, sangat berguna untuk mencegah kerontokan rambut.
  • Kacang almond mengandung tembaga, yang sangat bermanfaat untuk menyehatkan rambut dan mencegah rambut dari kerusakan.
  • Selain kandungan Biotin, kacang almond juga memiliki kandungan mangan yang berguna utnu menyehatkan kulit kepala dan mencegah gatal pada kulit kepala.
  • Kacang almond mengandung asam lemak yang sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan serta melindungi rambut dari kerontokan.
  • Kandungan zinc pada kacang almond sangat berguna untu membantu memperbarui sel-sel di kulit kepala, yang dapat membuat rambut tumbuh lebih subur lagi.

Menghilangkan Mata Panda & Bengkak

Kandungan vitamin E pada almond juga dapat mengilangkan lingkaran hitam pada mata & mata bengkak, caranya cukup mudah, silahkan campurkan eberapa tetes minyak almon dan madu kemudian, oleskan pada lingkaran mata anda.

Mencerahkan Bibir Alami

Permasalahan bibir seperti bibir kering pecah terkelupas bisa diatasi dengan minyak almon, caranya membeli minyak almon atau menjadikan kacang almond sebagai minyak kemudian oleskan dibibi anda sebelum tidur lalu saat bangun bilas dengan air dingin.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Pada permukaan kulit terdapat sel-sel kulit mati yang memuat kulit terlihat kusam, anda bisa membuat kulit anda terlihat cerah dengan mengkonsumsi kacang almond atau menggunakannya sebagai lotion untuk kulit anda.

Beragam cara yang dapat anda lakukan agar mengkonsumi almond menjadi lebih lezat seperti dipanggang, pelengkap sajian makanan atau dimakan mentah, selain itu kacang almond juga bisa anda olah menjadi minyak, susu hingga tepung.

Anda dapat mengurangi resiko terserang penyakit berbahaya jika mengkonsumi almond secara rutin dan teratur, dan jika memiliki alergi pada kacang almond, anda bisa membatasi konsumsinya yaitu 7-10 biji perhari dan kalau anda masih ragu silahkan konsutasikan terlebih dahulu kepada dokter mengenai resiko alergi kacang almond.