Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan & Kecantikan

manfaat buah alpukat

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan & Kecantikan – Buah Alpukat, Apokat (Avocado) adalah tumbuhan buah yang kaya manfaat, dan di bidang industri biji alpukat dijadikan sebagai pewarna karena tidak mudah luntur daging buah alpukat bisa dijadikan hidangan makan atau bahan dasar untuk kosmetik dan kecantikan.

Daging buah apokat juga bisa anda gunakan untuk mengobati sariawan dan melembabkan kulit kering, buah ini juga sering dijual dalam bentuk minuman jus yang bisa kita dapatkan dipasar atau disupermarket, selain rasanya nikmat daun dan biji buah ini juga ternyata mbermanfaat lho gengss.

Daun alpukat pun memiliki banyak manfaat yaitu dapat mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri syaraf, nyeri lambung, saluran napas membengkak dan menstruasi yang tidak teratur, bijinya pun bermanfaat untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis.

Di dalam dunia farmasi, daun alpukat sudah sejak lama digunakan sebagai bahan untuk membuat ramuan herbal untuk mengobati sakit kepala, kencing batu, darah tingg, lambung, nyeri pada syaraf, haid yang tidak teratur, dan pembengkakan saluran nafas. Selain itu biji alpukat juga sering dijadikan pewarna pakaian dan juga sering dijadikan sebagai bahan untuk mengobati diabetes dan sakit gigi.

Kandungan Buah Alpukat

Protein

Satu buah alpukat mengandung setidaknya sekitar 4 gram protein, dimana kandungan protein dalam buah alpukat ini umumnya jauh lebih banyak daripada buah lain.

Rendah Gula

Alpukat memang mengandung gula tapi kandungannya sangat kecil, sebelah buah alpukat terdiri dari 0,2 g gula, yang memungkinkan buah ini masih aman untuk dikonsumsi untuk anda yang khawatir pada gula darah.

Lemak Sehat

Lemak sehat dalam buah alpukat bukan lemak yang jahat dan bisa bikin gendut melainkan lemak baik yang bermanfaat bagi tubuh, porsi lemak sehat ini mencapai sekitar 3/4 dari jumlah kalori buah alpukat, artinya kandungan lemak dalam buah alpukat ini cukup tinggi, dan kandungan lemaknya adalah lemak tak jenuh tunggal.

Lemak jenuh tunggal yang dikenal dengan asam oleat. Lemak tak jenuh tunggal ini memiliki peranan yang baik bagi kesehatan tubuh, karena dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam darah, sehingg dapat menurunkan risiko jantung koroner dan stroke.

Vitamin Dan Mineral

Seperti kebanyakan buah, khususnya buah alpukat yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi, alpukat memiliki kandungan kalium (dimana kandungan kalium dalam alpukat lebih besar daripada pisang). Selain itu alpukat juga kaya akan kandungan vitamin K, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, dan vitamin E2.

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

Buah alpukat memiliki kandungan vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin C, protein, potasium (kalium), asam lemak omega-3, karena buah ini memiliki rasa yang enak, banyak orang yang mengkonsumsi buah ini tidak secara langsung tapi dalam bentuk jus alpukat atau es alpukat.

Mencegah Kanker

Mengkonsumsi buah alpukat maka anda juga telah berinvestasi untuk mencegah pertumbuhan kanker prostat, kanker mulut, dan kanker payudara, pada sebuah studi mengatakan alpukat mengandung lemak tak jenuh atau asam oleat yang dapat mencegah kanker payudara, serta terdapat zat tertentu dalam buah alpukat yang berfungsi mencegah kanker mulut.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan karotenoid pada buah alpukat dapat menjaga kesehatan daya penglihatan mata anda , pada sebuah penelitian juga mengatakan bahwa terdapat lutein dengan kadar tinggi dalam buah alpukat yang dapat menekan risiko mata rabun serta katarak, yang umumnya disebabkan faktor usia.

Menjaga Kesehatan Jantung

Secangkir buah apokat mengandung 23% asam folate yang baik untuk tubuh, rutin mengkonsumsi buah yang mengandung asam folate dapat mencegah anda dari penyakit jantung, serta kandungan vitamin E, glutathione, dan lemak tidak jenuh pada buah apokat juga berperan untuk menjaga kesehatan jantung anda.

Penyerapan Nutrisi Jadi Lebih Baik

Penelitian mengatakan bahwa nutrisi pada makanan yang dibutuhkan oleh tubuh akan diserap lebih cepat oleh tubuh, nutrisi tersebut mengandung gizi yang dibutuhkan untuk metabolisme tubuh kita, jadi setelah makan berat mengkonsumsi buah alpukat sebagai pencuci mulut dapat mempercepat penyerapan gizi pada tubuh.

Mengontrol Tekanan Darah

Buah apokat mengandung zat potasium yang mampu mengontrol dan menurunkan tekanan darah, dan berperan dalam fungsi kejut syaraf (sebuah respons otomatis terhadap rangsangan), dan kontraksi otot jika kekurangan kadar potasium dalam tubuh maka tubuh cepat merasa lelah saat beraktifitas dan beroahraga.

Menurunkan Kadar Kolestrol

Tingginya kadar kolestrol pada tubuh dapat memicu timbulnya berbagai penyakit, pola makan sehat merupakan langkah utama untuk menghindari ini, pada sebuah penelitian terdiri dari 45 sukarelawan mengalami penurunan kadar kolestrol hingga 17% setelah satu minggu mengkonsumsi buah apokat.

Mengandung Potassium

Alpukat mengandung potassium yang tergolong ke dalam mineral yang dimanfaatkan oleh saraf otonom untuk mengontrol detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologis penting lainnya. Kebanyakan orang mengatakan pisang mengandung potassium yang sangat tinggi daripada buah lainnya, faktanya alpukatlah yang mengandung potassium lebih banyak daripada pisang, kandungan potassium pada alpukat lebih tinggi 975mg sekitar dua kali lipat dibandingkan dengan pisang.

Alpukat sangat cocok ditambahkan kedalam menu makan sehat saat berolahraga.

Khasiat yang berguna dari potassium yang dikandung alpukat antara lain:

  • Menurunkan hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Memelihara kestabilan asam basa, elektrolit, dan cairan di dalam tubuh.
  • Mampu mengurangi rasa nyeri otot akibat aktivitas olahraga atau latihan tertentu, seperti treadmill atau fitnes beban berat.

Sumber Glutathione Antioksidan

Sumber antioksidan terbaik atau merupakan induk dari berbagai jenis antioksidan adalah Glutathione atau disingkat GSH. Sel-sel i dalam tubuh sangat menggandalkan kinerja induk antioksidan ini. Salah satu kegunaan glutathione adalah sebagai anti-aging yang berfungsi untuk meningkatkan kandungan kolagen di dalam tubuh, terutama bagian kulit. sehingga membantu mencegah timbulnya kerutan pada wajah akibat senyuman atau tertawa dan melindungi bagian tubuh lainnya.

Dikutip dari situs merdeka.com, alpukat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan antioksidan utama yaitu glutathione. Nama lainnya yang hadir pada sayuran adalah asparagus sepeti pada bayam dan sayur brokoli. Serta semua uah dan sayur-sayuran segar yang dapat meningkatkan kadar glutathione. Khususnya seperti sayur tauge dan kubis. Anda bisa mencampurkan beraga macam sayur (mixing nutrition) untuk mendapatkan glutathione yang lebih maximal, seperti menikmati makan malam dengan mengonsumsi alpukat, salad sayur, dan telur.

Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Pada sebuah penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi omega-6 adalah faktor penting untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Mereka menyarankan untuk meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan menurunkan konsumsi makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda pada menu makan kita sehari-hari.

Alpukat adalah sumber asam oleat tak jenuh tunggal yang sudah teruji. Dan dalam beberapa penelitian menununjukan bahwa, asam oleat tak jenuh tunggal dapat menunrukan kolestrol jahat LDL dan meningkatkan kolestrol baik HDL dalam darah.

Baca juga: manfaat jeruk nipis

Mencegah Risiko Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya, dimana saat ini perkembangan minuman dan makanan sehat yang alami sulit kita dapatkan. Jika anda mengalami gejala haus berlebih, sering lapar, sering kencing, dan berat badan turun secara deratis anda harus was-was dan segera memeriksakan diri ke dokter mengenai gejala tersebut.

Lalu apakah alpukat berperan dalam urusan ini?. Ya,seperti yang dijelaskan sebelumnya, dalam beberapa penelitian menununjukan bahwa, asam oleat tak jenuh tunggal pada alpukat dapat menurunkan kadar kolestrol jahat LDL dan meningkatkan kolestrol baik HDL dalam darah, sehingga menjaga kolestrol dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes.

Penyakit Radang Sendi dan Encok

Penyakit ini umumnya menjangkit orang yang sudah berusia lanjut, selain itu osteoartritis merupakan penyakit yang menyebabkan rasa nyeri yang hebat dan peradangan pada sendi. Nah alpukat mengandung zat anti-inflamasi yang merupakan salah satu dari jenis buah yang dapat mengurangi rasa sakit pada rematik atau nyeri pada sendi.

Selain itu alpukat mengandung antioksidan berupa vitamin C, vitamin E, dan pitosterol, lemak tak jenuh tunggal serta berbagai zat karotenoid yang sangat bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang dapat memicu penyakit arthritis.

Menangkal Radikal Bebas

Alpukat sangat kaya akan kandungan antioksidan, seperti ulasan sebelumnya alpukat mengandung induk dari antioksidan yaitu glutathione, yang digadang-gadang mampu membantu mengeluarkan racun melalui air seni dan keringat kita. Selain itu, antioksidan sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menepis radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit hingga kanker.

Menurunkan Risiko Stroke

Kandungan asam folat pada buah alpukat dapat mencegah dan melindungi tubuh agar terhindar dari penyakit stroke. Pada sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi asupan kaya asam folat dapat menurunkan risiko terserang penyakit stroke dibandingkan mereka yang tidak rutin mengonsumsi makanan yang megandung folat.

Mencegah Bayi Lahir Cacat

Vitamin B adalah salah satu vitamin yang dikenal sebagai asam folat, alpukat sangat kaya akan kandungan asam folat, satu buah alpukat dapat memenuhi hingga 23% dari nilai gizi harian yang direkomendasikan. Tingginya kandungan folat pada alpukat berperan sangat penting sebagai pencegah cacat lahir, seperti cacat tabung saraf dan spina bifida.

Anti-Inflamasi

Khasiat buah alpukat untuk mencegah peradangan yang tidak kita inginkan sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam dunia medis, karena telah dibuktikan dalam beberapa penelitian. Istilah (anti-inflamasi) merupakan istilah yang sangat berlaku untuk buah denga rasa yang lezat satu ini.

Kandungan nutrisi anti-inflamasi pada alpukat memiliki lima kategori dasar yaitu:

  • Pitosterol, termasuk beta-sitosterol, campesterol, dan stigmasterol.
  • Asam lemak omega-3, berbentuk asam alpha-linolenic (sekitar 160 miligram per gelas belahan alpukat)
  • alkohol lemak polyhydroxylated (PSA).
  • Antioksidan (non-karotenoid), termasuk flavonoid epicatechin dan epigallocatechin-gallate 3-0, vitamin C dan E, serta mineral mangan, seng, dan selenium.
  • Antioksidan karotenoid, termasuk neoxanthin,lutein, chrysanthemaxanthin, neochrome, beta-cryptoxanthin, violaxanthin, zeaxanthin, alpha-karoten, dan beta-karoten.

Alpukat sangat cocok dan bermanfaat untuk digunakan sebagai anti-inflamasi.

manfaat alpukat

Cocok Untuk Bayi dan Ibu Menyusui

Buah apokat sangat cocok untuk bayi dan ibu menyusui karena daging apokat lunak sehingga balita dapat mengunyah buah ini dengan mudah, kandungan potasium pada buah alpukat bermanfaat untuk pertumbuhan massa otot bayi tanpa menimbulkan efek samping, dan dapat menambah stamina ibu menyusui.

Jika anda seorang ibu menyusui bisa membuat bermacam aneka makanan dari alpukat berikut cara membuat salad alpukat untuk balita:

  • 3 buah alpukat (matang)
  • 3 buah pisang ambon (matang)
  • 3 buah pir atau apel yang sudah dikukus
  • 1 botol yogurt

caranya: haluskan bahan-bahan diatas dengan blender, jika balita anda sudah bisa memegang buah itu sendiri maka potong buah melon, pir dan apel untuk dicelupkan ke dalam salad alpukat tersebut, atau menyuapinya dengan sendok. (hanya untuk bay berusia 8 bulan keatas)

manfaat alpukat

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kecantikan

Buah alpukat sering dijadikan bahan kosmetik untuk kecantikan karena khasiatnya dapat memperlambat penuaan pada wajah, mengurangi keriput, membersihkan kulit, atau dijadikan sebagai pelembab kulit, selain itu buah alpukat juga dapat anda gunakan untuk menutrisi rambut anda

Mengurangi Keriput

Buah apokat mmemiliki kandungan antioksidan dan asam almino yang dapat membantu hati mengeluarkan racun yang dapat menyebabkan kerutan pada kulit serta penuaan dini, mengkonsumsi buah apokat secara rutin mampu membantu anda mengatasi masalah keriput dan membuat anda selalu awet muda.

Membersihkan Kulit

Kandungan vitamin A pada buah alpukat dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada permukaan kulit anda termasuk wajah, minyak yang terdapat pada buah alpukat sangat mudah diresap oleh tubuh dan sangat cocok untuk dijadikan body lotion, karena minyak ini dapat memberi nutrisi pada kulit dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru serta melancarkan sirkulasi aliran darah pada kulit.

Melembabkan Kulit Wajah

Punya masalah dengan wajah kering? buah alpukat mampu mengatasi kulit yang sangat kering sekalipun caranya: campurkan 1 buah alpukat, 1 telur, 2 sendok teh oatmeal, dan 1 sendok teh lemon juice, lalu balurkan pada wajah, diamkan selama 15-20 menit, lalu bersihkan dengan air hangat, untk hasil yang maksimal lakukan hal ini satu atau dua minggu sekali.

Manfaat Untuk Rambut
Banyak sekali manfaat buah alpukat untuk kesehatan rambut yaitu dapat menutrisi rambut sehingga rambut menjadi mudah diatur, lalu melembabkan dan melepaskan kotoran pada rambut serta mencegah rambut dari kerontokan dan membuat rambut menjadi lebih bersinar, berikut cara membuatnya:

  1. Kupas kulit apokat dan haluskan dagingnya
  2. Campurkan daging alpukat & santan secukupnya aduk hingga rata seperti shampo.
  3. Kemudian balurkan ke rambut anda secara merata.
  4. Diamkan 10-15 menit lalu bilas hingga bersihkan
  5. Rasakan Bedanya

Manfaat Alpukat Untuk Diet

Alpukat memiliki khasiat yang ampuh jika digabungkan dalam menu diet sehat anda. Banyak yang mengatakan buah alpukat dapat menambah berat badan secara cepat dan apa hal itu benar? belum tentu gengs. Alpukat dapat cepat dapat memberi rasa kenyang dan membuat rasa kenyang yang membantu anda untuk makan lebih sedikit karena sudah merasa kenyang setelah mengkonsumsi alpukat. Dan berikut ini tips membuat alpukat untuk menjadi diet.
  1. Makanlah alpukat sebelum makan
  2. Konsumsilah alpukan secara rutin dan teratur pagi, siang, malam, dan sebelum makan
  3. Jangan mencampurkan gula berlebihan
  4. Jangan menambahkan susu
  5. Konsumsi alpukat secara langsung tanpa dibuat jus akan lebih baik.
Well, mengkonsumsi alpukat sebagai menu diet utama dipagi hari bisa membantu kamu lebih sedikt mengkonsumsi makanan utama yang dapat menambah berat badan, selain itu alpukat juga sangat mudah dicerna oleh tubuh dan memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut manfaat buah alpukat bagi kesehatan dan kecantikan, selain rasanya yang lezat buah alpukat juga bisa dijadikan makanan penutup untuk cuci mulut, seperti ulasan saya diatas karena buah alpukat bisa mempercepat penyerapan gizi makanan yang diperlukan untuk metabolisme tubuh, semoga bermanfaat