Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan & Kecantikan

manfaat apel

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan & Kecantikan – Buah Apel (Malicus domestica) adalah salah satu tumbuhan buah yang memiliki banyak kandungan air & serat, buah apel juga memiliki beragam warna seperti merah,hijau, dan kuning, tidak terlepas dari warnanya yang beragam, ternyata buah apel memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. 

Mengkonsumsi buah apel akan membuat kita merasa kenyang lebih lama, karena buah apel memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, sangat cocok untuk program diet anda untuk menekan konsumsi makanan berkalori tinggi, buah apel juga mudah sekali kita jumpai di supermarket & pasar terdekat.

Buah apel sering dijadikan pilihan untuk dimasukan dalam menu diet sehat yang sudah terkenal khasiat dan manfaatnya, hal ini karena buah apel sangat kaya akan kandungan serat, sehingga membuat lambung merasa kenyang lebih lama dan menjaga kita dari rasa ingin makan lagi.

Buah apel juga mudah untuk kita temui dan sering menjadi buah-buahan pencuci mulut seperti buah anggur, jeruk, dan pir. Para ahli menganjurkan untuk mengkonsumsi apel dalam keadaan mentah karena kandungan gizi apel masih utuh sebelum diolah menjadi makanan tertentu, selain itu olahan apel sering dijadikan jus apel atau saus apel dengan cara merebusnya hingga lunak.

Manfaat Buah Apel Bagi Kesahatan

Buah apel mengandung vitamin C, polifenol, dan flanovoid yang berfungsi sebagai antioksidan seperti buah anggur yang dapat melindungi tubuh dari virus, bakteri dan radikal bebas, serta terdapat kandungan  vitamin  A (beta-kroten) yang berfungsi untuk melawan sel kanker dan menekan kolestrol jahat.

Mencegah & Mengobati Kanker

Kulit buah apel memiliki kandungan senyawat triterpenoids yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker yang memicu kanker payudara, usus bebar & lever, Para ilmuwan dari American Association of Cancer Research mengatakan bahwa mengkonsumsi buah apel yang mengandung flanovoid dapat menurunkan risiko kanker pankreas sampai 23%.

Mengeluarkan Racun

Hati manusia berfungsi untuk membersihkan racun dari dalam tubuh dan kandungan antioksidan dalam buah apel dapat membantu mendetoksifikasi hati dalam proses pembuangan racun didalam tubuh, jika racun menumpuk dalam tubuh maka akan merusak fungsi hati, jadi konsumsi buah apel dapat membantu hati untuk membersihkan racun tersebut.

Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat pada buah apel membuat kita merasa kenyang lebih lama dan dapat menekan konsumsi makanan berkalori tinggi yang menyebabkan tubuh menjadi gemuk, karena didalam lambung terdapat glukosa yang menyebabkan lambung merasakan lapar dan memberi perintah kepada otak untuk mencari makanan.

Menyehatkan Rongga Mulut & Gigi

Mengkonsumsi buah apel secara langsung dapat memicu sekresi air liur untuk membersihkan rongga mulut, dan terdapat kandungan zat tanin dalam buah apel yang dapat membantu membersihkan plak kuning yang merusak gusi dan gigi, jadi mengkonsumsi buah apel sama halnya anda sedang menggosok gigi saat mandi.

Mencegah Wasir (Ambeien)

Wasir ambeien adalah penyakit yang menyebabkan pembengkakan atau peradangan pembuluh darah disekitar anus yang memberikan rasa sakit, umumnya disebabkan oleh banyaknya tekanan di panggul dan duburwell well dengan mengkonsumsi buah apel yang kaya serat dapat mencegah dan mempermudah (ngeden) saat buang air besar.

Mengobati Diare dan Sembelit

Kandungan serat pada buah apel mampu mengatasi dua masalah tersebut karena serat dapat menarik air keluar dari usus untuk memperlancar buang air, jika buang air anda tidak berarti anda mengalami sembelit.

Baca juga: manfaat buah alpukat

Mencegah Kanker Kulit

Buah apel merupakan sumber vitamin A yang dapat mengurangi risiko terserang penyakit kanker kulit, memakan satu buah apel dapat memenuhi kebutuhan vitamin A harian pada wanita 4% dan pria sampai 5%.

Menurunkan Kolestrol

Buah apel sangat kaya akan serat larut yang fungsinya bersaingan dengan lemak di dalam usus. Kedua nutrisi yang bersaingan tersebut dapat membantu penurunan penyerapal kolestrol jahat LDL (Low Density Lipoprotein) dan meningkatkan kadar kolestrol baik yang berguna bagi tubuh. Jadi dengan mengkonsumsi apel kita dapat menyumbang kesehatan tubuh dengan meningktkan kadar kolestrol baik HDL dan menurunkan kadar kolestrol jahat LDL dalam tubuh.

Mengobati Asma

Asma merupakan penyakit umum yang menganggu masalah pernapasan yang terjadi akibat russaknya fungsi utama dari paru-paru. Banyak orang yang mengidap asma namun bingung memilih buah-buahan yang sehat dan baik untuk asma, anda bisa menjadikan apel sebagai makanan sehat untuk mengurangi gejala asma. Sehingga menjadikan apel sebaai buah yang dapat memelihara kesehatan perpasan.

Hal ini karena apel mengandung polifenol dan fitokimia yang dapat membantu memulihkan tubuh dari asma, dan membantu mengurangi gejala asma serta mengobati asma secara signifikan.

Para peneliti mengatakan bahwa anak-anak yan rutin minum jus apel secara teratur setiap harinya, menunjukan terjadinya penurunan risiko terkena penyakit asma dan gangguan masalah pernapasan lainnya. Hal ini menunjukan bahwa apel merupakan buah yang memiliki manfaat yang luar biasa jika dikonsumsi oleh anak-anak yang cenderung kurang memperhatian terhadap kesehatan tubuh mereka.

Mencegah Alzheimer

Meminum secangkir jus apel saat cuaca panas dapat memperbaiki sel-sel saraf pada otak yang mengalami kerusakan, hal ini terjadi karena peranan kandungan flavonoid dalam buah apel yang berfungsi sebagai antioksidan yang cukup kuat. Mengkonsumsi jus apel atau buah apel mentah secara rutin dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan dapat mencegah terkena penyakit alzheimer.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan yang dikenal dengan quercetin dan flavonoid pada buah apel, terutama pada kulit apel yang berwarna merah, salah satu antioksidan tersebut, yaitu quercetin dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh (sistem imun). Sistem kekebalan tubuh yang sehat dapat melindungi tubuh agar terhindar dari virus dan bakteri penyebab penyakit-penyakit berbahaya.

Mencegah Batu Empedu

Obesitas merupakan kelebihan berat badan pada seseorang, yaitu disebabkan lemak yang menumpuk pada tubuh dan menyebabkan batu empedu. Batu empedu ini disebabkan karena penumpukan kolestrol yang terlalu banyak sehingga mengalami pengerasan, yang dapat menyebabkan penyakit batu empedu.

Dokter menyarankan mereka yang memilki berat badan berlebih (obesitas) untuk melakukan diet dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat supaya kadar kolestrol jahat yang menumpuk pada tubuh dapat berkurang, sehingga dapat menghambat pembentukan batu empedu. Serat pektin juga berkontribusi untuk mengurangi penyerapan kolestrol jahat dan membantu mengontrol kolestrol dalam tubuh.

Baca juga: manfaat jeruk nipis

Menetralkan Irritable Bowel Syndrome

Irritable Bowel Syndrome merupakan suatu kondisi medis yang mengindikasikan masalah nyeri pada perut dan kram, serta ada perubahan pada pola buang air besar. Erat kaitannya dengan diare dan sembelit.

Dokter menyarankan setiap orang yang mengalami nyeri perut dan kram untuk menghindari mengkonsumsi makanan berlemak untuk mengontrol gejala tersebut, serta menyarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan serat seperti yang terdapat pada buah apel.

Mencegah Kanker Kulit

Selain menyehatkan pencernaan tubuh, buah apel juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit serta dapat membuat kulit menjadi lebih cerah bersinar dan juga dapat membantu mencegah penyakit kanker kulit.

Menurut dokter apel merupakan sumber vitamin A yang bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena kanker kulit. Satu buah apel ukuran besar dapat memenuhi kebutuhan gizi vitamin A harian pada wanita sampai 4% dan pria sampai 5%.

Mengendalikan Gula Darah

Buah apel yang kaya akan kandungan antioksidan sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas oksien yang dapat menyebabkan diabetes, hal ini karena apel kaya akan kandungan serat larut dan pektin yang berperan sebagai pengontrol kadar gula pada darah dalam tubu dang mengangkut gula kedalam aliran darah dengan siklus yang jauh lebih lambat.

Para wanita yang setidaknya makan satu buah apel setiap harinya dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 sampai 28% dibanding dengan mereka para wanita yang tidak mengkonsumsi buah apel sama sekali.

Mencegah Katarak

Katarak adalah bagian keruh pada lensa mata yang bening dan mengaburkan penghlihatan, katarak merupakan penyakit umum yang tidak menyebabkan rasa sakit. Pada sebuah studi jangka panjang menunjukan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi buah-buahan yang kaya kandungan antioksidan seperti buah apel dapat menurunkan risiko mengalami kerusakan mata seperti katarak hingga 10 sampai 15%.

Manfaat Buah Apel Untuk Kecantikan

Manfaat buah apel untuk kecantikan ada banyak sekali yaitu dapat mengatasi kulit kendur, berminyak dan berjerawat, meghilangkan kantung mata, mengangkat noda kotoran pada kulit, melindungi rambut dan kulit kepala agar tetap sehat, serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Cocok Untuk Kulit Sensitif

Well bagi anda yang memiliki kulit sensitif menggunakan masker berbahan apel menjadi sangat cocok untuk anda dan tidak membuat kulit wajah menjadi bermasalah cara menggunakan perawatan wajah dengan apel yaitu, haluskan apel dan pisang kemudian jadikan masker untuk kulit wajah.

Oleskan lalu pijat pelan-pelan pada wajah dan diamkan selama 10 menit setelah itu bilas dengan air hangat dan bilas lagi dengan air dingin hal ini dapat membantu mencerahkan kulit dan membersihkan permukaan kulit serta menutrisi kulit wajah anda.

Mengatasi Wajah Berjerawat, Berminyak dan Kendur

Racikan buah apel dapat dijadikan masker untuk mengatasi kulit berminyak yang menjadi cikal bakal timbulnya jerawat, caranya buatlah campurkan cuka sari apel dan bubur apel mentah lalu oleskan pada wajah, tunggu 15 menit lalu bilas, fungsinya lainnya yaitu untuk mengencangkan kulit da melancarkan sirkulasi darah ke seluruh lapisan kulit anda, selain itu membuat masker dari cuka sari apel lalu oleskan pada wajah menggunakan kapas, perawatan ini hampir mirip dengan toner pada umumnya.

Baca juga: manfaat buah delima

Melindungi Rambut & Kulit Kepala

Apabila anda memiliki masalah rambut rontok, bercabang, ketombe dan kulit kepala kering, maka buah apel sangat cocok untuk jadi bahan perawatan rambut & kulit kepala anda, serta perawatan dengan kulit apel dapat mencegah kebotakan karena buah apel dapat memepercepat proses pertumbuhan rambut dan membuat rambut menjadi hitam berkilau, berikut cara membuatnya:

Bahan-bahan

  • 2-4 buah apel, yang penting cukup untuk seluruh rambut anda
  • 1 sendok teh jeruk nipis/jus lemon
  • 1 sendok teh tepung jagung
  • 2 sendom makan cuka apel

Cara Membuatnya:

  1. Belah buah apel dan buang bagian tengahnya, lalu parut sampai halus kedalam mangkuk.
  2. Campurkan 2 sdm cuka apel, 1sdm tepung jagung dan 1 sdt jeruk nipis/jus lemon. lalu aduk merata.
  3. Oleskan pasta apel pada rambut (dalam keadaan kering), tutup dg shower cap, diamkan selama 30 menit.
  4. Kalau sudah, bilas dengan air hangat lalu keramas dengan shampoo.
  5. Anda bisa mengulangi perawatan ini seminggu sekali.

Menghilangkan Kantung Mata & Mata Panda

Kantung mata dan mata panda sangat menganggu penampilan, penyebabnya yaitu kelelahan pada mata karena terlalu lama melihat objek tertentu atau kurang tidur caranya, sebelum tidur, iris buah apel tipis lalu letakan diatas mata atau anda mencampurkan 2 sendok makan sari apel dg kentang parut lalu oleskan pada kelopak dan daerah disekitar mata, lalu diamkan 15 menit, setelah itu silahkan bilas dngan ari hangat., dan rasakan bedanya.

Mencerahkan Dan Melembabkan Kulit Kering

Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan putih secara alami anda tidak perlu membeli produk kosmetik yang mahal, pada umumnya kulit wajah yang kering dan tidak cerah membuat kita tidak percaya diri anda dapat mengatasinya dengan membuat masker apel, cara membuatnya.

Haluskan buah apel dan campurkan beberapa tetes gliserin secukupnya, lalu oleskan masker apel tersebut ke permukaan wajah dan leher secara merata, diamkan selama 15-20 menit, setelah itu bilas dengan air bersih, ini dapat membantu mencerahkan dan melembabkan wajah anda.

Mengangkat Kotoran dan Melindungi Kulit dari Sinar UV

Jika anda memiliki buah apel didalam lemari es silahkan anda buat masker dari buah apel lalu jadikan lulur untuk kulit, fungsinya untuk membersihkan permukaan kulit dari noda dan debu serta menutrisi permukaan kulit, dan selanjutnya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari anda bisa membuat lulur dengan mencampurkan pasta aple dan 1 sendok teh gliserin dan pulp lalau biarkan 15 menit dan bersihkan maka akan memberikan perlindungan dari sinar ultraviolet dari matahari.

Buah Apel memiliki kandungan kalori, zat besi, kalsium, lemak, vitamin A, vitamin C, protein semua kandungan yang terdapat dalam buah apel tersebut tentu baik untuk tubuh kita, khususnya untuk orang yang sedang dalam proses diet karena buah apel daat menekan lemak dan kolestrol jahat.