Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Buah Asam Jawa Bagi Kesehatan & Kecantikan 

manfaat asam jawa

Manfaat Buah Asam Jawa Bagi Kesehatan & Kecantikan – Asam jawa biasanya digunakan sebagai bumbu masakan dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, buah asam sering digunakan untuk mengobati luka, sariawan dan gigitan serangga dan daun asam juga berguna untuk mngobati demam.

Daging buah asam berwarna putih, lalu berubah menjadi berwarna coklat saat sudah masak, sebelum menjadi bumbu dapur daging buah asam diolah terlebih dahulu agar warnanya menjadi kehitaman dan sering disebut asam kawak, fungsinya agar daging buah asam ini bisa tahan lama

Buah Asam memiliki kandungan sitrat, asam tatrat, asetat, dan suksinat yang berguna untuk melancarkan peredaran darah dan pencaharan (melancarkan buang air besar) , namun jangan mengkonsumsi buah inisecara berlebih karena dapat memnyebabkan gangguan pada pencernaan dan lambungkarena sifatnya yang asam, jika untuk penyedap makanan tidak masalah.

Manfaat Buah Asam Bagi Kesehatan

Buah asam memiliki banyak sekali manfaat dalam bidang kesehatan seperti dapat menurunkan demam, mengobati ambeien, mengatasi darah rendah, menurunkan kolestrol, mengobati penyakit eksim, disentridifteri, demam selepas nifas, mengobati sariawan, mengobati bisul, dan berikut penjelasannya:

Mengobati Dermatitis

Dermatitis (eksim) merupakan penyakit yang merusak jaringan kulit sehingga kulit melepuh dan mengeluarkan nanah, umumnya penyakit ini sering diderita oleh anak-anak yang sering bermain kotor kotoran dan tidak peduli akan kebersihan,

Cara mengobatinya yaitu: siapkan segenggam buah asam, temulawak serta gula jawa lalu tumbuk lalu rebus, lalu saring dan minum airnya 2x sehari secara rutin, dan untuk pengobatan dari luar silahkan siapkan daun asam & kunyit, tumbuk hingga halus dan oleskan pada bagian yang terkena dermatitis.

Mengobati Disentri

Disentri adalah infeksi pada usus yang menyebabkan diare disertai lendir atau darah, sering buang air besar dan encer, selain itu gejala disentri meilupti mual, muntah, kram perut bahkan demam.

Cara mengobatinya: rebus buah asam jawa, kunyit, dan temulawak setelah itu saring airnya dan tunggu hingga hangat lalu minum, jika tidak kuat meminumnya anda bisa mencampurkan gula jawa atau madu untuk menambah rasa.

Mengobati Difteri

Difteri adalah penyakit yang menular dan termasuk infeksi serius yang bisa mengancam tubuh jika tidak cepat ditangani, penyakit ini menyerang selaput lendir hidung dan tenggorkan, terkadang bisa sampai mempengaruhi kulit.

Cara mengobatinya dengan buah asam yaitu: silahkan rebus buah asam, bawang merah, kencur, lobak dan daun pepaya bersamaan, lalu gunakan air hasil rebusan tersebut untuk berkumur 3x sehari untuk hasil maksimal.

Mengobati Sariawan

Sariawan meskipun tidak berbahaya namun sangat menganggu karena dapat mengurangi selera makan akibat rasa perih yang diberikan penyakit ini, umumnya lokasi sariawan terdapat di bibir, lidah, dan pipi bagian dalam serta tenggorokan.

Cara mengobatinya yaitu: cuci bersih segenggam daun asam jawa & 5cm rimpang kunyit lalu iris tipis², rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa hanya sektar 2 gelas air, lalu minum air rebusan tersebut pagi dan sore masing² satu gelas, lakukan secara rutin sampai sariawan sirna.

Menurunkan Demam

Khasiat daun asam jawa dipercaya mampu menurunkan demam pada orang dewasa sekalipun jika ada keluarga atau teman yang sedang demam anda bisa membuat obatnya berikut caranya: rebus 1 liter air dengan segenggam daun asam jawa dan adas pulawaras secukupnya, rebus hingga menjadi setengah liter, lalu saring airnya dan minum pagi-sore masing² 1x.

Menurunkan Kolestrol

Kadar kolestrol yang tinggi pada tubuh bisa memicu timbulnya berbagai penyakit, untuk menjaga tubuh dari kolestrol anda perlu mengatur pola makan sehat yang rendah kolestrol, namun jika sudah memiliki kolestrol berlebih anda bisa membuat ramuan untuk menurunkan kadar kolesterol tersebut.

Caranya: tumbuk 200 gram daun asam jawa hingga halus, lalu campurkan dengan segelas air panas, saring dan minum airnya sampai habis, lakukan tips ini 3x sehari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Mengobati Asma

Asma merupakan penyakit yang menyebabkan penyempitan saluran nafas biasanya disertai peradangan dan merupakan penyakit jangka panjang.

Cara mengobati yaitu: rebus 2 gelas air ditambah 2 potong kulit pohon asam jawa dan adas pulowaras secukupnya, rebus hingga tersisa sekiranya 1 gelas, lalu saring airnya dan minum hingga habis, untuk hasil yang maksimal anda bisa melakukan pengobatan asma dengan cara ini setiap hari.

Mengobati Bisul

Bisul merupakan penyakit yang menyebabkan benjolan bernanah, selain menimbulkan rasa sakit bisul juga membuat malu.

Cara megobatinya yaitu: tumbuk daun kangkung dan bayam duri hingga halus & tambahkan 5 gram asam kawak dan 10gram garam, lalu tempelkan pada bagian yang tumbuh bisul sampai benjolan bisul tersebut tertutupi, diamkan hingga kering lalu bersihkan, cara ini dilakukan agar bisul cepat matang dan pecah.

Mengobati Sakit Perut

Banyak sekali penyebab sakit perut seperti disebabkan oleh makanan pedas, makanan yang mngandung bakteri dan lainnya, nah anda bisa mengobatinya dengan cara: tumbuk bersamaan 3 buah asam & kapur sirih lalu tambahkan minyak kayu putih secukupnya, lalu balurkan pada perut anda.

Baca juga: manfaat buah alpukat

Mengobati Gatal Alergi atau Kaligata

Kaligata (Biduran) merupakan penyakit gatal yang disebabkan oleh alergi pada makanan tertentu dan muncul bentol-bentol besar dan sangat gatal yang menyebar ke seluruh tubuh, berikut ini tips menyembuhkan alergi gatal tersebut:

  • Ambil 3 buah asam jawa, 1/4 sdm kapur sirih, dan garam secukupnya.
  • Rebus bersamaan dengan 3 gelas air, sampai tersisa 1 gelas air saja
  • Lalu saring airnya dan minum saat hangat setiap pagi dan sore

Menurunkan Demam Bayi

Jangan panik saat bayi anda terkena demam segera ambil asam jawa dan kunyit sebesar ibu jari, 2 tangkai daun bawang, dan 5 lembar daun melati yang masih muda, campurkan lalu tumbuk. Tempelkan di ubun-ubun bayi dan biarkan hingga kering, jangan lupa jauhkan dari mata

Mengatasi Demam Setelah Nifas

Nifas adalah darah yang keluar dari rahim akibat melahiran atau setelah hamil. Jika ada keluarga atau saudara anda yang mengalami demam setelah nifas anda bisa menyarnkan untuk mengobatinya dengan ramuan tradisonal berikut ini.

Ambil asam kawak (berwarna hitam yang telah diolah) sebesar ibu jari dan gula aren secukupnya, lalu seduh asam jawa dan gula aren dengan segelas air panas, saat hangat minum airnya sekaligus, lakukan pengobatan dengan ramuan herbal ini sehari dua kali agar dapat menurunkan demam lebih cepat.

Mengobati Ambeien

Ambeien (wasir) adalah peradangan atau pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus. Selain memberikan rasa sakit, ambeien juga memberikan rasa malu dan minder pada penderita penyakit ini. Well ambeien bisa siobati dengan ramuan tradisional berbahan asam jawa caranya.

Ambil 1 gram asam jawa, 3 gram temulawak, 6 gram daun biji keling, dan 6 gram meniran, cuci bersih. Lalu rebus dengan satu liter air hingga tersisa setengah liter, biarkan sampai airnya dingin, saring airnya lalu minum 3 kali sehari pagi, siang, dan malam seara teratur.

Mengatasi Darah Rendah

Keadaan yang berbanding terbalik dari hipertensi yaitu darah rendah, yang dikenal juga dalam istilah hipotensi, anda bisa mengatasi dengan menggunakan herbal dari asam jawa dan campuran tertentu.

Silahkan ambil bahannya yaitu: 5 gram asam jawa, 10 gram gula aren, 15 gram cabai rawit, 50 gram bawang merah, 250 gram daun bayam, dan garam dapur secukupnya.

Cara penggunaannya, rebus daun bayam setengah matang untuk digunakan sebagai lalapan, bahan lainnya campurkan lalu tumbuk halus untuk dibuatkan sambal. Makanlah saat menjelang makan siang dengan nasi dari beras merah. Konsumsi ini secara rutin setiap hari, selain enak dapat membantu mengatasi darah rendah.

Mengatasi Bengkak Karena Digigit Serangga

Beberapa jenis serangga dengan bisa-nya jika menyengat kulit dapat menyebabkan kulit menjadi bengkak. Seperti serangga lipan, tawon, lebah, dan kalajengkik. Meski sengatan serangga tersebut tidak menyabkan kematian atau membahayakan jiwa, namun akbat dari sengatan serangga tersebut harus diobati, Well, anda bisa menggunakan ramuan dari asam jawa untuk mengatasinya.

Caranya, ambil 3 siung asam jawa lalu tumbuk halus, bersihkan bagian yang bengkak dengan kapas atau kain yang dioleskan minyak kayu putih. Setelah itu tempelkan asam jawa yang telah ditumbuk halus pada bagian kulit yang bengkak atau sakit, anda bisa mengkatnya dengan kain atau perban.

Mengobati Gatal Berupa Bintik Merah Mengandung Air

Bintik-bintik merah dan menyebabkan rasa gatal serta mengandung air bening atau bernaah ini sangat mengganggu, pada umumnya penderita penyakit ini mengalami bintik merah setelah diggit nyamuk atau disebabkan oleh masalah lainnya.

Jika anda mengalami masalah penyakit kulit seperti ini anda harus mengobatinya dengan segera, anda bisa mencoba ramuan dari asam jawa caranya. Ambil temulawak sebesar bu jari orang dewasa, cuci hingga bersih dan iris tipis-tipis. Tambahkan gula aren secukupnya lalu rbus dengan segelas air hingga tersisa setengahnya. Jangan lupa tambahkan asam kawak sebsar ibu jari lalu aduk merata. Saring airnya dan minum hingga habis.

Baca juga: manfaat buah apel

Mengatasi Bau Anyir Saat Haid

Terkadang wanita mengalami haid disertai dengan bau anyir. Untuk mengatasai masalah bau anyir ini, silahkan ambil satu asam kawak sebesar ibu jari, 10 iris temulawak dan irisan gula aren secukupnya. Seduh dengan segelas air panas. Aduk hingga rata dan gula aren menjadi larut. Saring airnya dan minum sampai habis. Lakukan pengobatan ini saat anda haid untuk mengatasi bau anyir.

Mengobati Penyakit Campak

Penyakit campak umumnya menyerang anak-anak walaupun saat balita mereka telah diberikan vaksin agar terhindar dari campak. Banyak orang yang bilang semua orang pasti akan terkena campak sekali seumur hidupnya, tapi ada juga yang tidak sama sekali, semoga kita yang belum terkena campak terhindar dari penyakit yang menimbulkan rasa malu satu ini.

Perlu anda ketahui campak merupakan penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus campak golongan paramixovirus. Untuk mengobati campak dengan ramuan dari asam jawa berikut caranya.

Kumpulkan bahan-bahan yang diperlukan seperti 3 gelas daun asam jawa, 3 iris dari serimpag kunyit segar (cuci bersih kedua bahan ini), gula aren, dan garam secukupnya.

Campurkan semua bahan dan rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas air saja. Setelah mendingin, saring airnya dan minum 2 kali sehari saat pagi dan sore hari.

Mengobati Gatal Pada Bekas Luka Yang Sudah Kering

Pada sebagian orang ekas luka yang sudah kering masih menimbulkan rasa gatal, ada juga mitos yang beredar jika luka terasa gatal berarti menandakan luka akan segera sembuh, namun rasa gatal tersebut membuat kita ingin menggaruk luka atau bekas luka tersebut. Namun anda bisa mengatasinya dengan meggunakan ramuan tradisional.

Ambil segenggam daun asam dan kunyit secukupnya lalu tumbuk halus dan tempelkan pada bekas luka yang terasa gatal atau merendam asam kawak secukupnya dengan air matang sampai mengembang lalu balurkan pada bekas luka yang terasa gatal.

Mengobati Borok

Penyakit borok dapat timbul akibat keadaaan udara yang lembab dan panas, gejala penyakit borok pun beragam, mulai dari badan terasa nyeri dan demam, selain itu borok juga menyebabkan luka menjadi parah terasa gatal, perih, berair, dan mengandung nanah.

Untuk mengobati borok anda bisa mencoba menggunakan ramuan herbal berbahan dasar asam jawa dengan cara, ambil 3-4 biji asam jawa lalu tumbuk halus. tempelkan pada borok lalu perban atau ikat menggunakan kain, ganti sehari sekali atau du kali agar mempercepat mengobati borok pada luka tersebut.

Pertolongan Pertama Pada Luka Baru

Jika kulit kita terkena sayatan senjata tajam ataupun terluka karena terjatuh, segera obati dengan daun asam jawa, karena daun asam jawa dapat membantu menghentikan pendarahan sekaligus mempercepat pengeringan terhadap luka. Cara mengobati luka dengan asam jawa yaitu, ambil daun asam jawa secukupnya tumbuk atau kunyah lalu tempelkan pada bagian tubuh yang terluka.

Mengobati Rematik

Rematik umumnya menyerang orang yang sudah berusia lanjut atau para pekerja keras. Pegal linu atau rematik biasanya menyerang bagian tubuh seperti di bagian pingang, tentu ini sangat mengganggu dan memberikan rasa tidak nyaman.

Untuk mengobatinya, ambil segenggam daun asam jawa dan 2-3 biji asam jawa. haluskan kedua bahan tersebut lalu temelkan pada pinggang sembari memberi pijatan halus pada pinggang, anda bisa meminta bantuan orang disekitar anda.

Mengatasi Gigitan Ular

Jika anda tak sengaja terkena gigitan ular, segera ambil beberapa biji asam jawa lalu belah biji asam jawa menjadi dua bagian, kemudian tempelkan bagian belahan biji asam jawa tersebut pada luka bekas gigitan ular tersebut.

Mengobati Keputihan

Keputihan merupakan penyakit yang umumnya menyerang daerah kewanitaan, keputihan terkadang memberikan rasa tidak nyaman seperti rasa gatal dan berbau tidak sedap. Keputihan seperti in tentunya sangat mengganggu dan harus segera diobati.

Anda bisa menggunakan ramuan dari asam jawa yang telah digunakan turun temurun oleh nenek moyang untuk mengobati keputihan pada daerah kewanitaan caranya.

Ambil asam kawak sebesar kelereng, 5 cm rimpang kunyit (dicuci, dikupas), 25 helai daun beluntas dicuci bersih, dan gula aren secukupnya, lalu rebus dengan setengah gelas air.

Tambahkan asam dan gula aren, aduk merata, saring airnya. Lalu minum saat menjelang tidur malam hari. Lakukan pengobatan ini setiap malam sampai keputihan terobati.

Mengobati Batuk Kering

Batuk kering sangat menganggu karena menimbulkan rasa perih dan gatal di tenggorokan. Namun bisa diatasi dengan mengobatinya menggunakan ramuan tradisional berbahan asam jawa dan campuran tertentu.

Ambil 3 buah polong asam jawa dan segenggam daun saga. Rebus buah asam jawa dan daun saga dengan 4 gelas air sehingga menyisakan 2 elas air saja. Saring airnya dan minum 2 kali sehari, saat pagi dan sore hari. Lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur.

Cara kedua, siapkan 2 gelas daun asam jawa, 2 gelas daun saga, dan 5 cm kayu manis cina, lalu cuci bersih semua bahan tersebut kemudian rebus dengan 3 gelas air sehingga menyisakan dua gelas air saja. Saring airnya lalu minum pada siang hari, lakukan pengobatan ini secara rutin.

Mengobati Nyeri Haid

Cara pertama, Ambil segenggam daun asam jawa yang masih muda dan 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari. Tumbuk halus keua bahan tersebut lalu tambahkan segelas air matang, saring airnya dan minum sampai habis.

Cara Kedua, Ambil asam kawak setengah ibu jari, 10 potong temulawak, dan gula aren secukupnya. Tambahkan segelas air dan rebus semua bahan tersebut sampai tersisa setengah gelas. Saring airnya dan minum sampai habis. Lakukan pengobatan dengan ramuan ini saat masa-masa haid.

Mengatasi Alergi

Alergi terhadap makanan dan cuaca atau masalah lainnya bisa diatasi dengan ramuan asam jawa caranya, ambil 3 buah asam jawa yang sudah masak, sedikit kapur sirih, dan garam secukupnya, lalu rebus semua bahan tersebut dengan 3 gelas air. Lalu minum air rebusan tersebut 2 kali sehari.
manfaat asam jawa

Manfaat Buah Asam Bagi Kecantikan

Buah asam banyak memiliki manfaat untuk kecantikan wajah dan kulit seperti masalah kulit seperti jerawat pun bisa diatasi dengan buah asam, selain murah meria dan mudah didapatkan mengobati jerawat dengan asam dan campuran bahan lainnya, selain itu buah asam dapat mencerahkan kulit juga lho gengs berikut penjelasannya:

Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan masalah umum yang diderita banyak orang, sehingga membuat tidak pede selalu datang lagi, lagi dan lagi nah untuk menghilangkan jerawat membandel kamu bisa membuat ramuannya, berikut bahan-bahan yang harus disiapkan dan cara menggunakannya:

  • 12 lembar daun sambiloto
  • 10 iris temulawak
  • 5 cm kencur
  • 1 sendok teh adas
  • 10 lembar daun jintan
  • Asam kawak sebesar ibu jari
  • semua bahan dicuci. .

Cara mengobatinya: Semua bahan diblender hingga halus, lalu tambahkan asam kawak. lalu seduh dengan 2 gelas air panas, lalu biarkan hingga dingin dan saring airnya, minum 3 kali sehari.

Cara mengobati dari luar: ambil 3 buah asam jawa lalu seduh dengan air panas lalu saring dan saat masih hangat gunakan untuk mencuci wajah, setelah itu bilas dengan air dingin untuk menutup pori pori kulit.

Menghilangkan Mata Panda

Lingkaran hitam pada mat dapat membuat anda telihat tampak kusam dan kuyu, untuk mengatasinya gunakanlah asam jawa caranya, oleskan masker asam jawa ke bagian lingkaran mata yang hitam dan biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air susu dingin. Lakukan perawatan mata panda ini setiap hari agar segera hilang.

Memutihkan Kulit Secara Alami

Manfaat lainnya dari asam jawa yaitu sebagai pemutih kulit wajah caranya, lumatkan sepotong asam jawa dan tambahkan sedikit susu lalu aduh hingga merata, oleskan pasta asam jawa dan susu tersebut pada wajah dan biarkan hingga mengering, setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini dua kali dalam satu minggu untuk mendapatkan kulit putih yang maksimal.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Buah asam jawa mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit wajah yang menyebabkan wajah terlihat kusam.

caranya: campurkan daging buah asam jawa dengan garam & yogurt secukupnya sampai menjadi adonan seperti pasta. lalu balurkan pada wajah, dan jauhkan dari lingkar mata, diamkan selama 15-20 menit sambil dipijat² bagian wajah anda untuk membersihkan kotoran dan sel kulit mati, setelah itu bilas dengan air.

Mencerahkan Kulit

Mencampurkan daging asam jawa dan bubuk kunyit lalu menjadikannya lulur untuk kult dapat memberi perawatan pada kulit sehingga terlihat lebih segar dan cerah, caranya: campurkan daging asam jawadan bubuk kunyit lalu aduk merata, lalu balurkan pada kulit anda diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Menghilangkan Selulit

Selulit merupakan gumpalan² kulit kecil akibat lemak menumpuk didaerah tertentu seperti lengan atas, paha, punggung dan bokong, selulit umumnya terlihat seperti kulit jerut sunkist dan sangat menganggu penampilan.

cara mengatasi selulit dengan asam jawa: Campurkan asam jawa, gula pasir, air perasan jeruk lemon, baking soda, aduk merata dan oleskan pada daerah yang terdapat selulit lalu pijat-pijat halus selama 10-15 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.

Baca juga: manfaat buah jeruk nipis

Mencegah Rambut Rontok

Jika anda mengalami masalah kerontokan pada rambut, anda bisa mengatasinya dengan asam jawa cara menggunakannya, dengan memijat kepala anda dengan biji asam jawa dan campur sedikit air saat proses pemijatan saat sebelum keramas. Lakukan perawatan rambut rontok dengan asam jawa ini 2-3 kali semnggu.

Bedak Bagi Penderita Campak

Untuk anda penderita campak bisa membuat obat gosok dari bahan asam jawa dan campuran bahan lainnya caranya, ambil 2 potong asam jawa dan 2 rimpang kunit. Parut kunyit dan campur bahan-bahan tersebut lalu aduk sampai merata, campuran kedua bahan ini bisa anda gunakan sebagai bedan untuk mengobati campak.

Tips kecantikan menggunakan buah asam ini bisa anda lakukan secara rutin namun untuk masalah menghilangkan jerawat dengan cara membuat ramuan untuk diminum, harap melakukanya 4-5 hari sekali karena mengkonsumsi buah asam terlalu banyak tidak baik untuk lambung dan pencernaan, semoga bermanfaat