Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

manfaat bayam

Manfaat Bayam  – Bayam adalah sayuran yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Bayam dikenal sebagai salah satu sayuran yang menjadi sumber zat besi yang penting bagi tubuh. Bayam cenderung tahan terhadap pencahayaan langsung karena bayam merupakan tumbuhan C4 yang berfotosintesis.

Di pasaran, ada dua macam jenis bayam sayur yaitu bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik memiliki daun lebar dan tumbuh tinggi hingga dua meter dan daunnya yang muda dimakan, terutama sebagai lalapan atau makanan seperti pecel, gado-gado, dan urap atau dibalurkan dengan tepung lalu digoreng untuk camilan. Sedangkan bayam cabut memiliki ukuran yang lebih kecil dan biasa dibuat sup seperti sayur bayamdan sayur bobor.

Anak-anak tahun 90an pasti mengenal sosok popeye, tokoh kartun yang sangat gemar mengonsumsi bayam. Kartun ini mengajarkan untuk rajin mengonsumsi bayam agar tubuh menjadi kuat. Hal ini terlihat saat Popeye melawan Bruto, Popeye menjadi lebih kuat setelah mengonsumsi bayam. Kartun ini tidak main-main, faktanya bayam memang dapat meningkatkan efesiensi otot, efek yang didapat setelah mengonsums bayam dan latihan pun terlihat setelah tiga hari mengonsumsi bayam.

Bayam merupakan sayuran dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan sangat terkenal akan kandungan zat besinya. Kandungan zat besi inilah yang berguna bagi tubuh untuk membentuk sel darah merah, jika tubuh kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan penyakit anemia (kurang darah). jadi mengonsumsi bayam secara rutin dapat mencegah terhadap penyakit anemia yang dapat membuat tubuh menjadi pusing dan lemas.

Kandungan Vitamin dan Mineral Bayam

  • Vit A (6.1mg)
  • Vit B1 (0.1mg)
  • Vit c (10.0mg )
  • Energi (36.0 kalori)
  • Protein (3.5gr)
  • Lemak (8.5gr)
  • Karbohidrat (6.5mg)
  • Kalsium (159mg)
  • fosfor (mg)
  • Besi (3.9mg)

Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan besi pada bayam cenderung lebih tinggi daripada sayuran daun lainnya (besi merupakan penyusun protein, sitokrom yang terlibat dalam fotosintesis) sehingga sangat baik dikonsumsi bagi penderita anemia.

Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung umumnya disebabkan oleh banyak alasan, terutama plak kolestrol yang menumpuk di arteri. Bayam mengandung antioksidan alami yang dapat mencegah penumpukan kolestrol dan juga dapat mengontrol tekanan darah yang dapat menurunkan risiko terhadap penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi).

Mencegah Kanker

Bayam mengandung flavonoid yang berperan sebagai antioksidan alami, yang dapat menahan infeksi pada tubuh yang dapat menyebabkan kanker. Antioksidan pada bayam mampu melindungi terhadapt kanker paru-pru, ovarium, dan kanker kolon. Selain itu, Pada beberapa penelitian juga menunjukan bahwa bayam dipercaya dapat menurunkan risiko terhadap kanker kulit. Hal ini karena bayam mengandung vitamin A yang dapat memuat kulit menjadi lembab dan tidak kering sehingga kulit menjadi lebih sehat.

Menjaga Kesehatan Mata

Bayam sangat kaya akan zat besi dan kalium yang akan sangat baik untuk menunjang kesehatan mata anda. Vitamin A dan zat besi dapat membantu membuat penglihatan lebih jernih dan juga lebih sehat. Kita ketahui manfaat vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, seperti yang terdapat pada wortel dan kangkung. Well mengonsumsi bayam setiap hari juga besar manfaatnya untuk melindungi mata agar terhindar dari rabun dan katarak.

Menurunkan Berat Badan

Bayam juga mengandung serat lebih dari 20% dan serat telah terbukti sangat baik untuk membantu mencegah tubuh dari kegemukan. Mengonsumsi bayam untuk diet dapat memenuhi kebutuhan serat pada tubuh dan dapat mengurangi nafsu makan, serta membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Kandungan serat pada bayam juga dapat memperlancar metabolisme tubuh sehingga pencernaan jadi lebih lancar. Anda bisa membuat bayam menjadi sayur bening atau membuat minuman jus bayam dengan campuran susu atau madu.

Menjaga Kesehatan Otak dan Meningkatkan Memori

Bayam mengandung vitamin K yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan fungsi otak. Selain tu vitamin k juga sangat baik untuk membantu produksi sintesis sphingolipids yaitu lemak penting yang membentuk selubung mielin pada saraf tepi.

Mencegah dan Mengatasi Anemia

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau dengan kandungan zat besi yang sangat tinggi, ini diperkuat dengan banyaknya bukti penelitian tentang manfaat bayam untuk mencegah dan mengatasi anemia (kekurangan sel darah merah). Hal ini berkat peranan zat besi ada bayam yang membantu proses pembentukan sel darah merah yang berfungsi untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Bagi anda penderita anemia, sangat baik mengonsumsi bayam setiap hari sebagai sarapan, selain menyehatkan kulit bayam juga dapat mengatas anemia.

Meningkatkan Kemampuan Otot

Anak yang lahir tahun 90an pasti mengenal tokoh popeye, dalam seri kartun popeyes ini menceritakan tokoh popeye menjadi lebih kuat setelah mengonsumsi bayam. Faktanya bayam memang dapat meningkatkan massa otot. Hal ini dibuktikan oleh para peneliti dari Karolinska Institute di Swedia yang mengatakan bahwa, partisipan yang sedang berolahraga diberi asupan makanan berupa 300 gram bayam sehari sekali dapat meningkatkan jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk kapabilitas otot mereka saat berolahraga sebesar 5%. Setelah tiga hari mengonsumsi bayam efeknya pun sudah terlihat. Jadi bayam sangat baik untuk anda yang rutin melakukan olahraga untuk membentuk otot tubuh.

Memperlancar Sistem Pencernaan

Kandungan serat pada bayam cukup tinggi, serat sangat berguna untuk memperlancar sistem pencernaan sehingga dapat terhindar dari sembelit (sulit buang air besar hingga berhari-hari). Bagi anda yang mengalami masalah pencernaan atau sulit buang air besar, konsumsilah bayam secara rutin dan teratur. Selain dapat memperlancar pencernaan tubuh, bayam juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lainnya.

Menjaga Kesehaan Tulang

Kandungan vitamin K pada bayam dapat membantu penyerapan kalsium yang sangat berguna untuk menjaga kesahata tulang. Kandungan vitamin K pada bayam cukup tinggi. Bahkan, mengonsumsi setengah cangkir ayam sudah dapat memenuhi kebutuhan gizi vitamin K harian yang dianjurkan. Vitamin K sangat penting untuk mencegah pengeroposan pada tulang. Selain itu, bayam juga memiliki mineral yang penting seperti seng, tembaga, fosfor, dan magnesium yang dapat membantu memperkuat tulang. Bagi anda ang memiliki buah hati yang sedang dalam masa pertumbuhan, sangat baik untuk mengonsumsi bayam, karena dapat menngkatkan memori otak dan membentuk tulang yang sehat dan kuat.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bayam merupakan sayuran yang kaya akan kalium namun rendah kandungan sodiumnya. Kedua mineral berimbang ini sangat baik untuk membantu penderita darah tinggi, menurunkan tekanan darahnya. Selain itu bayam mengandung asam folat yang berperan dalam membentuk elastisitas pembuluh darah, sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar.

Menurunkan Risiko Diabetes

Bagi anda yang memiliki keluarga atau orang tua yang memiliki riwayat penyakit diabetes, persentasi menurunnya penyakit ini cukuplah tinggi. Namun anda dapat menurunkan risiko diabetes dengan mengonsumsi makanan sehat. Sepert halnya bayam, jika anda mengonsumsinya secara rutin, bayam dapt membuat gula darah menjadi tetap stabil. Selain itu kandungan magnesium pada bayam juga sangat diperlukan oleh penderita diabetes untuk mencegah terjadinya kompilkasi.

Sumber Antioksidan

Bayam mengandung vitamin C, vitamin 3, mangan, seng, beta-karoten dan selenium yang berperan sebagai antioksidan, yang dapat mencegah terhadap penyakit seperti osteoporosis, aterosklerosis, dan tekanan darah tinggi. Serta dapat menangkal radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit sepeti kanker.

Baik Untuk Masa Pertumbuhan Anak

Zat besi dan kandungan mineral pada bayam sangat baik untuk membantu masa pertumbuhan anak-anak hingga remaja. Selain itu bayam juga dapat membantu meningkabaan memori berpikir. Selain itu bayam mengandung banyak kalori, rendah lemak dan bebas kolestrol dibandingkan daging merah.

Meningkatkan Sistem Imun

Secangkir bayam mengandung lebih dari 337% AKG (Angka Kecukupan Gizi) sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi harian anda. Selain itu vitamin A pada bayam dapat memperkuat saluran pernapasan, memberan mukosa, saluran kemih dan usus. Serta bagian penting dari sel darah putih yang dapat membantu melawan infeksi.

Mengobati Pendarahan Gusi

Pendarahan pada gusi umumnya disebabkan karena kekurangan vitamin C atau terlalu banyak asupan gula halus pada tubuh. Selain buah jambu dan jeruk ang kaya akan vitamin C, anda isa mengonsumsi jus bayam dicampur dengan wortel untuk mengobati gusi yang berdarah, minumlah jus tersebut secara rutin. Selain dapat mengobati gusi, kandungan vitamin A pada wortel akan mempertajam penglihatan mata anda.

Menutrisi Tulang Dan Sendi

Bayam mengandung kalsium dan sejumlah mineral penting lainnya sepert seng, tembaga, magnesium, dan fosfor yang dapat membantu membentuk dan memperkuat tulang anda, sehingga dapat mencegah pengeroposan pada tulang atau penyakit osteoporosis.

Mengikat Kalsium

Kalsium sangat diperlukan oleh tubuh untuk memperkuat tulang dan gigi. Dengan bantuan vitamin C pada bayam dapat membantu mengikat kalsium sehingga penyerapan kalsium menjadi lebih maksimal. Bayam mengandung kalsium yang sangat kecil jadi diperlukan vitamin C nya untuk mengikat kalsium dalam tubuh. Agar hal ini dapat terpenuhi anda bisa mengkombinasikannya dengan mengonsumsi kacang ataupun susu untuk membantu menambah asupan kalsium yang berguna bagi tubuh.

Mencegah Pengerasan Pembuluh Darah

Pembuluh darah adalah bagian penting yang berfungsi untuk mengangkut darah ke seluruh tubuh. Pengerasan pembuluh darah akan sangat berbahaya bagi kesehatan jantung dan anggota tubuh lainnya. Jika pengerasan pembuluh darah sudah parah, harus dilakukan operasi untuk menyembuhkannya. Akan tetapi anda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi bayam. Hal ini karena kandungan choline dan inositol pada bayam bisa mencegah terjadinya pengeran pada pembuluh darah.

Anti-Inflamasi

Sifat alkalinitas pada bayam sangatlah tinggi. Bagi anda penderita penyakit inflamasi seperti, osteoarhritis dan rheumatoid arthritis, sangat baik untuk menjadikan bayam sebagai menu makanan sehat.

Mencegah Pengapuran

Selain bermanfaat bagi otak, kandugan vitamin K pada bayam memiliki peran penting bagi proses karboksilasi, yaitu proses yang secara langsung dapat mencegah kalsium dari pembentukan kapur dalam jaringan tubuh. Mengonsumsi satu porsi bayam dengan rutin setiap hari dapat mencegah penyakit jantung, stroke, dan aterosklerosis.

manfaat bayam

Manfaat Bayam Untuk Kecantikan Kulit

Kandungan vitamin A pada bayam tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mata saja. Tapi, bermanfaat juga untuk menjaga kelembaban kulit. Selain itu mengonsumsi bayam secara rutin dapat membantu mengatasi masalah jerawat, penuaan dini, dan sebagai agen anti-keriput. Anda bisa mendapatkan semua manfaatnya dengan dua cara yaitu hanya dengan mengonsumsi bayam dalam bentuk sayur atau dijadikan sebagai masker atau lulur.

Melindungi Kulit dari Polusi

Polusi udara mengandung unsur berbahaya yang bisa masuk melalui kulit kapan saja. Polusi yang sangat berbahaya bagi tubuh seperti karbon dioksida dan karbon monoksida yang umumnya berasal dari asap knalpot kendaraan. Well bayam mengandung vitamin C yang dapat melindungi kulit dari polusi, sehingga bahan berbahaya tersebut tidak ikut diserap oleh kulit. Selan itu kandungan antioksidannya dapat membantu radikal bebas.

Melindungi Terhadap Sinar UV

Sinar ultraviolet yang berasal dari matahari dapat merusak pigmen kulit dan sangat berbahaya bagi kulit. Kandungan vitamin B pada bayam dapat membantu melindungi kulit terhadap sinar UV. Walaupun manfaat pelindungnya tidak sebaik buah jambu dan jeruk, akan tetapi bayam bisa menjadi alternatif sebagai makanan yang dapat melindungi kulit terhadap sinar matahari.

Menghilangkan Jerawat

Mengonsumsi bayam secara rutin dan teratur dapat membantu mengatasi masalah wajah berjerawat. Hal ini karena kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu anda bisa membuat masker dari bayam yaitu dengan cara menghaluskan bayam lalu mengoleskannya pada wajah, diamkan selama 20 menit lalu bilas. Selain itu untuk menambah khasiatnya konsumsilah bayam. Nutrisi ganda dari luar dan dalam sangat baik untuk mempercepat mengatasi masalah jerawat anda.

Memperbaiki Kondisi Kulit

Bayam mengandung vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin A pada bayam berguna untuk membantu mencerahkan permukaan kulit dan vitamin C berfungsi untuk memperbaiki sel-sel kulit. Konsumsilah bayam secara rutin setiap hari untuk mebuat kulit tampak sehat dan berseri-seri.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Kombinasi dari vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalsium, kalium, asam lemak omega-3, magnesium, dan zat besi pada bayam sangat diperlukan bagi pertumbuhan rambut. Zat besi pada bayamberfungsi untuk mengikat oksigen dalam sel darah merah yang selanjutkan akan diangkut ke folikel rambut. Hal ini sangat penting untuk menutrisi rambut dari dalam agar menjadiikannya lebih kuat dan sehat.

Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan dan Kandungan vitamin A pada bayam dapat mengatasi dan mencegah penuaan dini yang umumnya disebabkan radikal bebas. Bagi anda yang beraktivitas diluar ruangan, cenderung lebih rentang terhadap radikal bebas, well konsumsi bayam setiap hari untuk melindungi tubuh agar terhindar dari radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit hingga kanker.

Baca juga: manfaat buah delima

Manfaat Bayam Untuk Diet

Bagi anda yang sedang dalam proses diet dan ingin cepat menurunkan berat badan tanpa obat, anda bisa mencoba mengonsumsi bayam. Dalam satu gelas bayam mengandung setidaknya 20 % dari RDA serat makanan yang sangat baik untuk memperlancar sistem pencernaan agar terhindar dari sembelit dan memubuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Konsumsilah bayam setiap hari untuk membantu proses diet sehat anda.

Efek Negatif Bayam

Dalam mengolah sayur bayam, sebaiknya tidak perlu dipanaskan ulang, karena jika dipanaskan ulang kandungan fe2+ pada bayam dapat menjadi racun yang berbahaya jika teroksidasi dengan fe3+. Hindari memasak bayam menggunakan panci alumunium, hal ini karena zat besi pada bayam dapat bereaksi pada alat memasak berbahan alumunium yang akan menyebabkan bayam menjadi beracun.

Ada baiknya untuk memilih bayam yang sehat dan segar, serta bayam yang baru dipetik. Bayam yang sudah dipetik lebih dari lima jam tidak baik untuk dimasak, hal ini karena kandungan nitrat pada bayam dapat menjadi racun yang membuat sel darah di dalam tubuh tidak mampu mengikat oksigen. sehingga tubuh akan kekurangan oksigen.

Sebagian besar masyarakat, menggunakan akar ayam untuk dimanfaatkan sebagai obat dan salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhkan hidup. Selain itu di Amerika tropik, biji bayam dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat. Biji-bijian seperti ini saat ini menjadi sangat populer sebagai makanan diet karna tidak menyebabkan berat badan meningkat.