Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat & Khasiat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan

manfaat bengkoang

Manfaat & Khasiat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan – Bengkuang atau Bengkoang adalah tanaman yang termasuk kedalam suku polong-polongan, tanaman yang berasal dari amerika tropis ini kini telaha banyak ditemukan di negara tropis lainnya, Bengkoang memiliki rasa yang manis dan segar dan sering digunakan sebagai bahan membuat acar, salad, dan manisan, serta sebagai masker untuk kecantikan kulit.

Bengkoang mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Kadar air pada bengkoang mencapai 86-90%, bengkoang juga mengandung gula dan pati serta fosfor dan kalsium. Rasa manis berasal dari oligosakarida ubi disebut inulin. Oleh karena itu, bengkoang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes atau orang-orang yang ingin proses diet rendah kalori. selain itu, ubi juga kaya akan vitamin C dan zat besi.

Bengkoang mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga cukup baik untuk membantu suplai cairan bagi tubuh. Bengkoang juga memiliki nama ilmiah yaitu pachyrhizus erosus yang memiliki rasa manis dan juga segar yang khas. Rasa manis pada bengkoang ini berasal dari oligoasarida yang dikenal dengan insulin.

Kandungan Zat Dalam Bengkoang

  • Bengkoang tergolong menjadi salah satu jenis sayuran dengan kandungan kalori yang sangat rendah, kandungan kalori dalam bengkoang hanya sekitar 35 kalori per 100g. Akan tetapi, bengkoang merupakan phyto nutrisi yang berkualitas tinggi, karena terdiri dari antioksidan , serat makanan, vitamin, dan sejumlah mineral.
  • Bengkoang adalah salah satu umbi dengan serat terbaik, khususnya sumber serat baik dari insulin oligoasarida, serat makanan larut. Bengkoang mengandung setidaknya 4,9 mg serat atau sekitar 13%. Insulin merupakan karbohidrat lembam manin namun 0 kalori. Insulin ini juga yang memberi rasa manis dan segara pada bengkoang.
  • Bengkoang juga kaya akan vitamin C sekitar 20,2 mg atau 34% dari jumlah asupan gizi vitamin C per 100mg yang disarankan. Vitamin C dalam bengkoang larut dalam kandungan air sehingga menjadi antioksidan yang cukup kuat untuk mencegah radikal bebas, sehingga memberi perlindungan dari kanker, virus batuk, peradangan, dan dingin.
  • Selain vitamin C, bengkoang juga mengandung beberapa kelompok vitamin seperti vitamin B kompleks yang berguna bagi tubuh seperti folat, thiamin, riboflavin, piridoksin, dan asam pantotenat.
  • Bukan sekedar vitamin, umbi ini juga mengandung sejumlah mineral sehat yang penting bagi tubuh seperti mangan, zat besi, tembaga, dan magnesium.
  • Bengkoang juga menyediakan setidaknya 16 %  dari kebutuhan asam folat harian. Secangkir bengkoang dapat menjadi sumber yang baik dari kalium sebesar 195 miligram dari jumlah yang hampr sama seperti buah persik. Kalium merupakan zat yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan dan mengontrol tekanan darah.

Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan

Bengkoang sangat bermanfaat untuk kesehatan karna buah bengkoang dapat menurunkan demam, mengobati wasir, mengurangi produksi asam perut, mengobati sariawan, menyehatkan tulang dan gigi dan masih banyak lagi berikut ulasan menarik tentang buah bengkoang.

Mengobati Sariawan dan Sebagai Antioksidan

Kandungan vitamin C dalam buah bengkoang dapat digunakan untuk mengobati sariawan serta dapat digunakan sebagai obat luka kanker, bengkoang juga memiliki antioksidan yang dapat membantu menjaga stabilitas tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit yang umumnya disebabkan radikal bebas.

Menyehatkan Gigi Dan Tulang

Tulang dan gigi membutuhkan kalsium agar terus sehat, banyak mengkonsumsi buah bengkoang dapat membantu menyehatkan tulang dan gigi agar tidak keropos.

Mengurangi Produksi Asam Lambung

Ahli Naturophatic menyarankan mengkonsumsi buah bengkoang saat masih segar atau mentah, itu karena sifat umbi (bengkoang) yang alkali dan dingin sehingga dapat menekan dan menyerap asam lambung yang tinggi sehingga menjadi stabil.

Menurunkan Kadar Kolestrol Darah

Kandungan zat-zat kimia yang terdapat dalam buah bengkoang berkhasiat untuk mengontrol kadar kolestrol pada darah, Makin besar rasio kolesterol total dengan HDL, maka semakin besar juga peningkatkan risiko penyakit jantung koroner

Baca juga: manfaat buah alpukat

Baik Untuk Penderita Diabetes

Kandungan serat pada buah bengkuang yang tinggi dapat berfungsi untuk menurunkan gula darah, karena tidak semua zat yang diserap pencernaan menjadi glukosa, supaya gula darah tetap normal, anda bisa mengkonsumsi buah bengkoang dengan cara membuatnya menjadi jus atau diparut lalu saring dan pilih sarinya saja untuk diminum.

Kandungan potasium dan fosfor dalam buah bengkoang merupakan zat yang sangat berguna bagi tubuh khususnya untuk ginjal dan empedu, Jadi jika anda mengamali masalah pada ginjal dan empedu, anda bisa mengonsumsi bengkoang untuk menjadi alternatif mengobati masalah tersebut, namun sebelum lebih jau lagi, lebih baik konsultasi kepada dokter terlebih dahulu agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Mengobati Sariawan

Selain buah jeruk, ternyata bengkoang juga berkhasiat untuk menyembuhkan sariawan. Itu karena bengkoang menganung vitamin C yang cukup tinggi dan bisa menyembuhkan sariawan. Cara mengobatinya dengan bengkoang anda bisa membuat jus bengkoang usahakan minum dengan gelas bukan sedotan agar sari buah bengkoang yang mengandung vitamin C dapat terkena bibir, sehingga sariawan dapat segera sembuh.

Meredakan Sakit Maag

Maag timbul karena tingginya asam lambung. Jika sudah begini anda bisa mengonsumsi bengkoang yang memiliki sifat yang dingin dan alkali, yang dapat membantu menurunkan produksi asam lambung  dan juga asam lambung sehingga dapat mereakan maag.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bengkoang mengandung fitonutrien yang ternyata sangat berguna bagi tubuh. Fitonutrien dapat memberika nutrisi untuk tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika imun tubuh kuat tubuh akan terhindar dari bakteri dan virus yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Mengobati Batu Ginjal

Bengkoang termasuk umbi yang memiliki kandungan senyawa seperti fosfor yang berfungsi untuk merawat organ tubuh khususnya ginjal dan empedu. Sehingga makan bengkoang akan sangat baik untuk orang yang mengalami masalah batu ginjal atau empedu.

Mengobati Penyakit Beri-Beri

Beri-beri atau disebut juga biri-biri merupaan penyakit yang menyebabkan bintik-bintik pada kulit. Beri-beri adalah penyakit yang disebabkan karena tubuh kekurangan asupan vitamin B1. Apa kaitannya dengan bengkoang? karena bengkoang mangandung vitamin B1 yang cukup tinggi, sehingga dapat memberi asupan vitamin yang dapat mencegah sekaligus mengobati penyakit beri-beri.

Cocok Untuk Diet

Sumber serat yang cukup tinggi dan rendah gula membuat bengkoang sangat cocok menemani diet sehat anda. Selain itu, bengkoang mengandung karbohidrat yang tidak cukup banyak, akan tetapi tidak menghilangkan senyawa hidrat arang pada umbi ini. anda bisa mengonsumsi bengkoang dalam bentuk jus atau makan secara langsung untuk menemani diet sehat anda.

Mencegah Asma

Bengkoang mengandung magnesium sekitar 3% per buahnya. Faktanya, magnesium dapat meringankan penyakit asma. Pasien dengan asma kronis mungkin dapat menormalkan pernapasan mereka dengan bantuan suplemen magnesium.

Magnesium berfungsi untuk relaksasi otot-otot bronkus dan menstabilkan pernapasan. Bagi anda yang merasa sesak atau memiliki asma, makan bengkoang dapat membantu meringankan sesak tersebut.

Mengoptimalkan Tinggi Badan

Tubuh yang tinggi tidak hanya didapatkan dari mengonsumsi susu berkalsium atau iklan salmon yang beromega tinggi. Namun, bengkoang yang mengandung phyto-nutrisi ini, juga bisa menutrisi tubuh sehingga membantu mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan, dengan menongsumsi bengkoang secara teratur dan diiringi olahraga yang dapat membantu menambah tinggi badan seperti berenang atau basket.

Menurunkan Resiko Stroke

Seseorang yang mengonsumsi makanan dengan asupan kalium yang cukup, dapat menurunkan risiko terkena penyakit stroke. Bengkoang mengandung sebanyak 3% kalium pada setiap buahnya. Terutama bagi anda, jika memiliki hipertensi atau memiliki riwayat keturunan stroke, ada baiknya anda memulai hidup sehat dengan mengonsumsi bengkoang secara teratur untuk menurunkan risiko stroke.

Meningkatkan Daya Ingat

Kemampuan daya ingat sangat penting sekali dalam proses belajar dan masa perkembangan anak. Phyto-nutrisi dapat menutrisi otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat. Jika anda memiliki anak atau seorang remaja, anda bisa mengonsumsi bengkoang selain dapat menjaga kecantikan tubuh anda bisa meningkatkan daya ingat dari nutrisi phyto-nutrisi pada bengkoang.

Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Anemia merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena kekurangan sel darah merah. Selain itu, kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan penyakit kronis yang mematikan. Dengan hal ini anda tidak oleh kekurangan riboflavin dari vitamin B kompleks.

Konsumsilah bengkoang secara teratur dan tidak berlebihan, karena kelebihan sel darah merah juga tidak baik bagi tubuh karena dapat menggerogoti sel darah putih yang dapat menyebabkan penyakit yang serius.

Mencegah Katarak

Sama halnya dengan wortel, bengkoang juga dapat mencegah katarak, hal ini tak ubahnya karena kandungan beta karoten, walau kandungannya tak sebesar wortel bengkoang juga mampu mencegah perkembangan katarak.

Katarak dapat disembuhkan dengan operasi, tap memakan biaya yang tidak sedikit, jadi lebih baik mencegah dengan mengonsumsi bengkoang, selain memiliki rasa manis bengkoang juga dapat menyegarkan tubuh.

Membantu Respirasi Tubuh

Respirasi merupakan pertukarn gas yang dilakukan oleh tubuh. Riboflavin adalah senyawa yang berperan untuk membantu respirasi tersebut. Respirasi ini berguna agar tubuh tidak keracunan dioksida atau kekurangan oksigen. Bengkoang setidaknya mengandung riboflavin sebesar 2-3%, yang dapat membantu merespirasi tubuh menjadi lebih baik.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme adalah proses pertukarang zat dalam tubuh untuk diolah menjadi energi untuk bertahan hidup. Asam pantotenat merupakan golongan vitamin B yang mudah larut dalam air dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Kandungan asam pantotenat pada bengkoang sebesar 3%. Hal ini menunjukkan bahwa mengonsumsi bengkoang cukup baik untuk diet karena dapat membakar lemak dan mengubahnya menjadi energi, inilah yang dinamakan metabolisme tubuh.

Membantu Pembentukan Enzim

Bengkoang mengandung zat besi sekitar 7% dalam keseluruhan buahnya. Jumlah ini cukup tinggi dibandingkan dengan kalium dan mangan pada buah tersebut. Zat besi sangat berguna untuk pembentukan enzim.

Selain itu, zat besi merupakan komponen penting penyusun beberapa jenis enzim dan bahan penting lainnya dalam tubuh seperti katalase, myoglobin, dan cytochrome.

Enzim juga berfungsi untuk membantu organ tubuh dalam memproduksi senyawa pembantu. Agar organ bekerja dengan lancar dan sesuai komposisi.

Membantu Menyerap Mineral

Magnesium dapat membantu menyerap vitamin dan mineral penting seperti kalsium, kalium, natrium dan fosfor. Penyerapan mineral umumnya terjadi di dalam usus halus. Selain itu manfaat lainnya dari magnesium berguna untuk men-dektoksifikasi racun yang menumpuk dalam tubuh. bengkoang setidaknya 1% magnesium.

Membantu Kerja Fungsi Otot

Bengkoang dapat membantu dalam meningkatkan kerja fungsi otot menjadi lebih baik. Faktna, kandungan zat besi dalam bengkoang benar-benar mampu meredakan cidera atau nyeri pada otot. Zat besi merupakan unsur yang penting bagi otot untuk bergerak dan bekerja. Hal ini yang menjadikan bengkoang baik dikonsumsi anda yang rutin berolahraga agar terhindar dari cidera.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Sama seperti buah Apel, buah bengkoang juga tinggi akan serat yang baik untuk memperlancar pencernaan dan mencegah terjadinya konstipasi, jika tubuh anda kekurangan serat maka yang terjadi akan sembelit atau sulit buang air besar, jadi konsumsilah makanan seimbang dan konsumsi buah kaya serat seperti bengkoang.

Baca juga: manfaat rebusan daun sirsak

Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kecantikan

Buah Bengkoang sudah banyak digunakan kaum hawa sebagai bahan untuk perawatan kecantikan kulit tubuhnya. Tidak diragukan lagi khasiat buah bengkoang yang umumnya diparut dan dijadikan lulur ataupun masker wajah yang berguna untuk membuat kulit menjadi putih cerah.

Bengkoang mengandung tembaga yang ternyata sangat penting untuk menutrisi tubuh. Sehinga rambut tidak cepat beruban, rontok dan dapat menjaga pigmentasi kulit (baik tekstur kulit maupun warna kulit). Selain itu kandungan vitamin C dan E yang cukup tinggi pada buah bengkoang dapat membantu mencerahkan kulit.

Menjaga Kesehatan Kulit

Membuat masker dari bengkoang untuk kulit berguna untuk mendinginkan kulit serta mengangkat kotoran dan minyak berlebih yang menempel pada permukaan kulit. caranya buah bengkoang di kupas lalu diparut  kemudian dijadikan masker untuk kulit dan wajah lalu dipiijat pelan-pelan, sehingga membuat kulit terhindar dari penuaan dini.

Mencegah Penuaan Dini

Kandungan Vitamin C yang terdapat dalam buah bengkoang dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat mempercepat penuaan dini, dengan mengkonsumsi buah bengkoang secara rutin anda dapat menjaga kulit anda dari penuaan dini yang menyebabkan kulit terlihat kusam dan keriput.

Mencerahkan Kulit

Buah bengkoang mengandung banyak vitamin C dan vitamin B1 yang berperan bersama untuk menyehatkan dan membuat kulit menjadi lebih cerah berseri, cara mencerahkan kulit menggunakan bengkoang sangat mudah.

Silahkan ambil buah bengkoang, kupas lalu parut lalu gunakan parutan buah bengkoang sebagai masker diwajah anda, silahkan dipijat pelan atau diamkan beberapa menit lalu bllas, lihat bedanya.

Memutihkan Kulit

Bengkoang sangat berkhasiat untuk perawatan kecantikan seperti membantu memutihkan kulit. Selain itu manfaat lainnya yaitu dapat menutrisi kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat dan cerah. Cara nya cukup mudah anda bisa meggunakan masker alami dari bengkoang.

Karena membuat masker dari bengkoang terkesan cukup mudah, anda bisa menggunakan masker buah bengkoang secara rutin, karena penggunaan masker secara rutin dapat menjaga kelembaban dan kesegaran kulit serta dapat mengilangkan noda dan bintik-bintik hitam pada wajah selain itu khasiat utama bengkoang yaitu dapat memutikan kulit, berikut tipsnya.

Cara Membuat Masker Bengkoang

1. Ambil 1-2 Bengkoang, kupas dan cuci bersih.
2. Parut buah bengkoang tersebut
3. Peras air bengkoang yang sudah diparut
4. diamkan air yang diperas tersebut sampai mengendap
5. pisahkan air perasann dengan gumpalan tepung yang ada didasar
6. gumpalan tepung tersebut yang akan jadi maskernya

Cara Pemakaian Masker Bengkoang
1. Oleskan gumpalan tepung ke bagian wajah anda hingga rata.
2. Diamkan 10-15 menit atau sampai kering
3. Bilas dengan air hangat lalu bilas lagi dengan air dingin
4. rasakan bedanya

Banyak sekali manfaat yang anda dapat jika anda rutin menggunakan masker dari bengkoang, selain itu tidak menimbulkan efek samping yang buruk dan akan membuat wajah anda menjadi putih, lembab cerah dan bersinar, mungkin anda sering mendengar buah bengkoang menjadi bahan utama dari produk kecantikan seperti lotion body dan wajah, disini kita membuatnya alami tanpa campuran bahan-bahan pengawet yang dapat merusak kulit dan untuk membuat kulit menjadi lebih sehat tentunya.

Fosfor dan potasium yang terkandung dalam buah bengkoang merupakan zat yang sangat baik untuk tubuh, terutama ginjal dan empedu, jika anda memiliki penyakit batu ginjal atau empedu anda dapat mengobatinya dengan mengkonsumsi buah bengkoang secara rutin, an jangan lupa konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu untuk mengetahui informasi gizi yang dibutuhkan.