Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan & Kecantikan Dari Diabetes Sampai Program Diet

Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan & Kecantikan – Beras merah adalah seluruh biji-bijian beras, yang terbentuk oleh setengah proses penggilingan, jadi warna beras berubah menjadi merah dan kecoklatan, beras merah juga mempunyai Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin D yang sangat berguna untuk kesehatan metabolisme tubuh kita.

manfaat beras merah

Beras merah juga sering dijadikan menu makanan utama oleh para penderita diabetes karena mengandung banyak karbohidrat dan menjadi menu diet sehat, sebab beras merah dapat menurukan berat badan seara signifikan, cara mengkonsumsinya pun sama sepert mengkonsumsi beras putih pada umumnya.

Beras Putih memang memiliki rasa yang lebih enak ketimbang beras merah, namun kandungan gizi beras merah lebih banyak dibandingkan beras putih, maka dari itu masih banyak orang yang mengkonsumsi beras merah 1-2 kali seminggu untuk menyeimbangkan gizi dari mengkonsumsi beras putih biasa.

Sisa kulit dan sekam padi pada beras merah mengandung banyak sekali zat gizi seperti protein, kalsium, tiamin, potasium, serat, dan magnesium. Bagi anda yang menderita diabetes atau ingin menurunkan berat badan, beras merah bisa anda jadkan pilihan untuk menu makan sehat anda, hal ini karena beras merah memiliki kandungan kadar glikemik yang rendah sehingga dapat mengurangi peningkatan insulin.

Kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi beras merah?

  • Saat dalam proses diet
  • Mencegah dan menghindari risiko diabetes
  • Setelah terkena diabetes
  • Mencegah penyakit jantung
  • Saat Memiliki penyakit jantung
  • Mencegah sembelit
  • Penopang sistem saraf yang baik
  • Mengontrol kadar gula darah
  • Mencegah batu empedu
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Ingin menurunkan kolestrol jahat (LDL)
  • Ingin meningkatkan kolestrol Baik (HDL)

Beras merah sangat efektif untuk beberapa keluhan diatas, dalam artikel ini kami akan mengulas manfaat yang terkandung dalam beras merah. Hal ini yang memberikan alasan mengapa anda harus mengganti konsumsi beras putih menjadi beras merah.

Hal ini karena kandungan nutrisi beras merah jauh lebih besar dibandingkan beras putih, selain itu beras berah mengandung banyak nutrisi penting yang diperlukan tubuh, dan bisa menjaga kesehatan anda.

Kandungan gizi pada beras merah
Beras merah merupakan beras yang diolah menyisakan sekam padi yang mengandung banyak sekali nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk beraktivitas. Beras merah merupakan sumber karbohidrat kompleks yang tentu jauh lebih banyak mengandung nutrisi dibandingkan beras putih.

Para produsen beras putih pada umumnya menambahkan nutrisi sintetis untuk menganti nutrisi yang hilang. Namun kandungan gizi beras putih yang telah diperkaya nutrisi tersebut masih belum mencapai batas maksimum kebutuhan gizi harian.

  • Karbohidrat hingga 85 % (  8% berasal dari protein dan 7% lemak )
  • Serat hingga 7% ( jumlah serat yang dibutuhkan untuk diet 2.000 kalori)
  • Kalium untuk menjaga keseimbangan cairan dan fungsi jantung.
  • Kalsium, fosfor, dan magnesium berguna untuk menjaga kesehatan tulang yang kuat.
  • Vitamin B – ( Sejumlah kecil thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat, dan niacin). Manfaat vitamin B ini sebagai penunjang kinerja untuk menarik energi pada makanan, serta dapat meningkatkan proses otak dan pembentukan sel darah.

Informasi Mengenai Beras Merah

Hampir semua lapisan masyarakat mempercayai beras merah mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, anda bisa mencoba menanyakan kepada rekan atau keluarga anda tentang lebih baik beras merah atau beras putih, selain itu ada beberapa manfaat beras merh yang diklaim oleh banyak masyarakat di tanah air ini yaitu

  • Beras merah tidak enak dikonsumsi
  • Beras merah cocok untuk diet
  • Beras merah makanan untuk penderita diabetes
  • Beras merah untuk menjaga kesehatan jantung

Beras merah memang memiliki rasa yang kurang enak, namun jika anda memadukannya dengan salad dan sambal hal ini justru memuat beras merah menjadi cukup enak untuk dikonsumsi.

Perlu anda ketahui lagi beras merah merupukan bebijian utuh dengan kandungan benih dan dedak, ini yang membuat beras merah mengandung serat serta beberapa vitamin dan mineral, berbeda dengan beras putih yang merupakan bebijian yang telah diolah sehingga bagian-bagian yang mengandung nutrisi sudah hilang.

Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

Beras Merah memliki kandungan Vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, Kalsium, Vitamin B12, Vitamin B6, Magnesium, dan Zat Besi, selain itu manfaat beras merah berguna untuk menurukan berat badan, menyehatkan pencernaan, mengontol gula darah, menurukan kadar kolestrol jahat, sumber antoksidan, menjaga kesehatan tulang dan memungkinkan anda terhindar dari kanker

Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan Vitamin D dan kalsium yang terdapat dalam beras merah mampu melindungi dan menjaga kesehatan tulang anda, dari berbagai macam penyakit tulang seperti keropos, osteoporos, nyeri tulang dll

Mencegah Penyakit Kanker

Zat Selenium serta Polifenol yang terdapat dalam beras merah ini memiliki manfaat untuk mencegah berbagai jenis kanker, salah satunya yaitu kanker usus besar, selain itu terdapat kandungan serat dan antioksidan tinggi yang dapat membantu mencegah dan melawan pertumbuhan sel kanker yang umunya disebabkan oleh radikal bebas.

Sumber Antioksidan

Beras merah merupakan salah satu jenis biji-bijian yang mengandung salah satu umber antioksidan yang berperan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Berbagai macam kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam beras merah dapat membantu tubuh menangkal dan mengeluarkan radikal bebas di dalam tubuh.

Mencegah Terjadinya Batu Empedu

Dalam berbagai penelitian menunjukan bahwa, makanan yang kaya akan serat sering dikatikan sebagai pencegahan batu empedu, hal ini karena serat dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh sehingga membantu dalam menyerap dan melarutkan makanan sehingga dapat membentuk empedu yang sehat.

Menurunkan Kadar Glukosa Gula Darah

Pada peneletian yang dilakukan oleh Departemen Ilmu Pangan di National Pingtung Universitas Sains dan Teknologi yang menggunakan tikus sebagai sarana percobaannya, beras merah yang diberikan pada tikus yang memiliki gluksa darah dalam kadar tinggi dan tikus dalam kadar glukosa darah rendah.

Hasilnya peneliti mengklaim pemberian beras merah pada tikus yang memiliki diabetes membuat perubahan penurunan jumlah glukosa darah. sehingga penelitian ini menunjukan bahwa eras merah mampu menurukan kadar gula darah pada tubuh.

Baik Untuk Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang terdapat dalam beras merah 6x lipat lebih tinggi daripada beras putih, serat merupakan zat yang memiliki manfaat untuk menyehatkan pencernaan tubuh,serta dapat mengontrol gula darah mengecilkan resiko kanker dan sembelit.

Cocok Untuk Penderita Diabetes

Jika anda atau ada keluarga yang memiliki penyakit diabetes berilah saran untuk mengkonsumsi beras merah, karena beras merah memiliki kandungan rendah kalori dan tinggi serat yang sangat baik untuk mencegah diabetes.

Konsumsi beras merah untuk mengganti konsumsi beras putih karena didalam beras putih memiliki kandungan gula yang tidak baik untuk penderita diabetes.

Tinggi Serat

Beras merah tinggi serat dan di termasuk kedalam daftar makanan yang dapat membantu mencegah kanker usus besar. Hal ini dapat dikaitkan dengan tingkat tinggi serat alami yang terkandung dalam beras merah.

Serat ini melekat pada zat yang menyebabkan kanker serta racun dalam tubuh, sehingga menghilangkan dan menjaga usus serta melampirkan ke dinding usus.

Menurunkan Kadar Kolestrol Jahat

Terlalu banyak kadar kolestol jahat pada tubuh dapat memicu timbulnya berbagai penyakit mengerikan yang dapat menyebabkan kematian, dengan mengkonsumsi beras merah anda dapat mengecilkan kadar kolestrol jahat dan meningkatkan kadar kolestrol baik dalam tubuh.

Kaya Akan Mangan

Selain karbohidrat dan protei, beras merah pun memiliki kandungan mangan yang sangat tinggi, fungsi mangan ialah untuk membantu produksi energi dari karbohidrat dan protein, serta dapat membantu pembentukan asam lemak yang berguna untuk sistem syaraf, well biara tentang kolestol sebelumnya fungsi mangan ini juga membantu pembuatan kolestrol yang baik untuk tubuh juga lho gengs.

manfaat beras merah untuk kesehatan

Manfaat Beras Merah Untuk Kecantikan

Memang tidak banyak manfaat beras merah untuk kecantikan, tapi beras merah sangat berguna untuk program diet yang mampu membuat tubuh anda langsing dan terlihat lebih cantik

Membuat Kulit Halus

Mengkonsumsi beras merah dapat membantu membuat kulit anda menjadi halus serta mengatasi alergi pada kulit anda, selain itu beras merah juga dapat mencegah dan mengatasi berbagai macam penyakit lainnya.

Beras merah juga memiliki vitamin B yang berguna untuk mencegah tubuh anda terserang berbagai macam penyakit seperti beri-beri, reumatik, sakit pinggang, ataupun kesemutan, banyak sekali manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh.

Membuat Kulit Menjadi Awet Muda

Beras merah mengandung antioksidan yang mendukung kinerja tubuh untuk menangkal radikal bebas. Selain itu antioksidan pada beras merah berkontribusi untuk mencegah munculnya kerutan dan garis halus pada permukaan kulit. Saat ini sudah banak industri kosmetik menggunakan bahan dasar yang terbuat dari beras merah. Disamping itu anda bisa juga membuat sendiri air tajin beras merah untuk perawatan kulit caranya, usapkan merata pada permukaan kulit, lakukan perawatan dengan air tajin beras merah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Baca juga: manfaat jambu air

Manfaat Beras Merah Untuk Program Diet

Manfaat beras merah difungsikan untuk mengganti konsumsi dari beras putih, sehingga dapat dengan cepat membantu menurunkan berat badan. Beras merah mengandung 110 kalori dalam satu porsi dan masing-masing sebesar 2 gram untuk serat dan protein. Beras merah adalah sumber yang baik dari fosfor, niacin, vitamin B-6, dan magnesium. Serta menyediakan seng dan zat besi.

Beras merah memiliki karakteristik yang membuatnya bermanfaat untuk menurunkan berat badan. dikutip dari (healthyeating.sfgate.com).

Bukti Dari Penelitian

Sebuah studi selama enam minggu penuh yang dipublikasikan dalam “Nutrition Research” pada bulan februari 2008 mengatakan bahwa, dibandingkan manfaat penurunan berat badan dari makanan pengganti seperti nasi putih dan dengan campuran beras merah dan hitam.

Para peserta penelitian yang hanya mengonsumsi campuran beras merah sebagai makanan pengganti mengalami penurunan berat badan dan lemak tubuh yang lebih signifikan dibandingan para peserta yang hanya mengkonsumsi beras ptih sebagai makanan pengganti.

Kepadatan Energi

Beras merah relatif memiliki kepadatan energi yang rendah karena kandungan air dan serat. Makanan yang rendah energi memberi anda lebih sedikit asupan kalori dibandingkan makanan dengan kepadatan energi yang tinggi, sehingga akan mempermudah membantu menurunkan berat badan. Makanlah beras merah sebagai menu pembuka saat makan untuk menekan konsumsi makanan yang tinggi lemak, gula dan kalori saat anda ingin makan lagi.

Merupakan Biji-bijian Utuh

Beras merah merupakan biji-bijian yang apat membantu menurunkan lemak tubuh. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam “American Journal of Clinical Nutrition” pada tahun 2008 menunjukan bahwa orang yang mengkonsumsi menu makan rendah kalori saat diet termasuk biji-bijian dapat menurunkan lemak lebih banyak.

Sekitar setengah dari mereka yang mengkonsumsi makanan rendah kalori dalam diet yang hanya berupa biji-bijian olahan. Biji-bijian lebih banyak mengandung serat, hal ini dapat membantu memberi rasa kenyang lebih lama sehingga anda makan lebih sedikit kandungan kalori dalam sehari. Pilihlah makanan yang sebagian besar berupa biji-bijian seerti beras merah dan gandum.

Hal Yang Perlu Pertimbangkan

Jika anda hanya menambahkan satu porsi beras merah dalam menu diet anda setiap hari tidak akan membantu anda menurunkan berat badan. Ketika bicara soal berat badan, hal yang paling ditekankan adalah untuk mengurangi asupan kalori harian yang biasa anda makan. Makanan berupa biji-bijian seperti beras merah yang rendah energi dapat membantu anda kenyang lebih lama sehingga mengurangi konsumsi makanan yang tinggi kalori yang dapat menaikkan berat badan.

Sudah banyak orang yang mengkonsumsi beras merah untuk untuk menunjang program diet karena beras merah rendah kalori serta dapat meningkatkan kadar kolestrol baik dan menurukankan kadar kolestrol jahat.

Selain itu untuk mendapatkan beras merah anda bisa membelinya di supermarket, mall, alfa mart, indo mart, atau pasar. Beras merah masih menjadi pilihan sebagai selingan dari konsumsi beras putih, hal ini karena banyak nutrisi yang tidak dimiliki beras putih.