Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Masak Sayur Bayam Yang Benar Agar Tidak Kehilangan Nutrisinya

Cara Masak Sayur Bayam – Untuk Anda yang suka dengan sayuran hijau terutama sayur bayam, maka Anda pun bisa berbangga dengan hal tersebut. Sayur bayam memang sering dianggap sebagai sayuran yang hanya ecek-ecek, sangat murah, dan kemungkinan Anda pun juga bisa mendapat tiga ikat bayam dengan harga yang sangat minim. Namun ternyata di balik daunnya, ternyata sayur bayam juga memiliki segudang manfaat yang tentunya akan membuat Anda agar terhindar dari segala macam penyakit. Bahkan sayur bayam pun juga mampu mengurangi resiko penyakit dengan level yang tinggi.

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang berbagai macam manfaat dari sayur bayam, tips memperoleh manfaat bayam secara maksimal dan cara masak sayur bayam dengan tepat.

cara masak sayur bayam

Manfaat Bayam

Ada beberapa manfaat bayam yang sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah manfaat bayam bagi kesehatan tubuh.

  • Mencegah Anemia

Sayur bayam merupakan sayur yang menjadi salah satu sumber dari asupan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan sayur bayam pun sangat direkomendasikan untuk Anda yang sering terkena anemia dalam kegiatan sehari-hari Anda. Kandungan zat besi dari sayur bayam terbukti sangat ampuh untuk mencegah anemia Anda.

  • Mencegah Penyakit Jantung

Di dalam sayur bayam terkandung antioksidan yang bisa mencegah penumpukan kolesterol yang ada di pembuluh darah serta juga bisa menurunkan tensi tekanan dalam darah. Dan tentunya hal ini akan membuat jantung Anda lebih sehat. Bahkan sayur bayam juga mengandung zat folid acid, dimana zat ini memiliki fungsi untuk melindungi otot jantung dari masalah meningkatnya kadar di dalam glukosa. Dimana glukosa tersebut menjadi penyebab dari akut seperti penyakit diabetes.

  • Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Kanker

Memiliki kandungan tinggi akan zat-zat yang bermanfaat, seperti karotenoid, lutein, dan zeaxanthin yang sangat tinggi, sayur bayam pun terbukti mampu dalam menghilangkan masalah radikal bebas yang berasal dari tubuh. Dengan begitu, sering-seringlah mengonsumsi sayur bayam agar Anda bisa memperkecil resiko akan timbulnya macam-macam jenis kanker yang mematikan dan berbahaya.

Tips Untuk Memperoleh Manfaat Sayur Bayam Secara Maksimal

Untuk Anda yang menginginkan manfaat sayur bayam secara maksimal, maka Anda harus memproses sayur bayam dengan cara tepat dan benar. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda jadikan referensi dalam memproses sayur ini.

  • Selalu beli sayur bayam yang masih segar dengan tujuan agar mendapatkan nutrisi dan vitamin yang sangat optimal,
  • Alangkah baiknya Anda mencuci sayur bayam terlebih dahulu sebelum memasaknya. Cucilah sayur tersebut dengan benar dan bersih. Proses pencucian ini memiliki tujuan untuk menghanyutkan kuman serta kotoran yang ada pada batang dan daun pada sayur bayam.
  • Jika Anda tidak ingin segera memprosesnya untuk dimasak, maka Anda pun bisa menyimpan sayur bayam tersebut di dalam wadah yang kedap udara serta bersih, dan kemudian simpan didalam lemari pendingin agar terjaga kesegarannya.
  • Untuk sayur bayam yang tidak sempat dicuci, maka Anda pun bisa memasukkannya ke dalam plastik dan kemudian menyimpannya didalam lemari pendingin.

Selain itu Anda pun juga perlu memperhatikan tentang cara menyimpan dan mencuci bayam, dan pastikan bahwa peralatan-peralatan yang ada di dapur Anda telah terbebas dan bersih dari adanya bakteri dan jamur. Dan jangan lupa untuk senantiasa mencuci seluruh peralatan dapur dengan bersih dan menggunakan sabun.

Tips Dalam Cara Masak Sayur Bayam

Sayur bayam merupakan sayur yang memiliki kandungan akan banyaknya mineral dan vitamin yang sangat penting sekali bagi kesehatan tubuh. Dan cara masak sayur bayam yang tidak benar atau tidak tepat terkadang bisa menghilangkan kandungan mineral serta vitamin yang terkandung di dalam sayur bayam. Dimana hal tersebut juga bisa mengakibatkan kurang optimalnya manfaat bayam yang akan Anda peroleh.

Tentunya ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat memasak sayur ini. Untuk hal pertama yang tentunya Anda harus ingat adalah jangan terlalu lama memasak bayam, supaya warna sayur bayam pun tetap terjaga kecerahannya serta tekstur sayurnya tidak layu. Dalam hal ini Anda pun bisa mengakalinya dengan cara mendidihkan terlebih dahulu air rebusannya, dan kemudian masukkan bayam ke dalam air rebusan hanya selama hitungan menit saja.

Dan Anda pun harus ingat bahwa sayur bayam tidak boleh dikonsumsi lebih dari 3-5 jam. Dan Anda pun juga dilarang untuk memanaskan kembali sayur bayam tersebut. Hal tersebut tidak diperbolehkan karena ferro yang terkandung di dalam sayur bayam yang terlalu lama ada di udara ataupun dimasak kembali maka akan memungkinkan terjadinya proses oksidasi serta hal tersebut tentunya malah membuatnya menjadi racun yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Baca juga : Cara mengolah kulit manggis

Nah, setelah membaca artikel ini Anda pun bisa memperoleh berbagai informasi mengenai manfaat sayur bayam, tips dalam mendapatkan manfaat sayur bayam secara maksimal serta cara masak sayur bayam yang benar. Untuk Anda yang ingin memasak sayur bayam, maka Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam olahan, seperti tumisan, sayur bening dengan jagung manis, dsb. Jika Anda tidak ingin memasaknya, maka Anda pun juga bisa membuatnya menjadi jus bayam yang segar dan kaya manfaat untuk kesehatan tubuh.