Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Mengolah Buah Mengkudu dan Beragam Manfaatnya

cara mengolah buah mengkudu dengan banyak manfaatnya

Anda pasti sudah tahu bahwa buah memang memiliki berbagai manfaat hebat yang bisa membantu tubuh selalu sehat. Bahkan, konsumsi buah secara teratur mampu mengatasi dan mencegah berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit kronis seperti tumor dan kanker sekalipun. Apalagi, buah memiliki rasa yang lezat sehingga makin nikmat untuk disantap.

Hanya saja, rupanya tak semua buah punya rasa yang dianggap lezat oleh masyarakat. Karena itu, buah-buah yang seperti ini cenderung dihindari, padahal bisa jadi manfaatnya justru yang paling luar biasa dibandingkan beragam jenis buah populer lainnya. Contohnya buah mengkudu.

Apabila Anda adalah salah satu orang yang menghindari buah mengkudu, Anda barangkali tahu apa alasannya. Ya, buah yang satu ini dianggap memiliki rasa yang jauh dari kata enak. Belum lagi, buah mengkudu juga memiliki aroma khas yang terasa begitu kuat atau menyengat.

Khasiat Mengkudu

Padahal, jenis buah yang satu ini punya khasiat yang tak kalah ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh, lho! Salah satu manfaat buah mengkudu adalah untuk menjaga agar tekanan darah tetap stabil. Karena itu, mereka yang menderita tekanan darah tinggi maupun rendah sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah mengkudu.

Di samping itu, buah mengkudu juga sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh, punya sifat anti radang (anti inflamasi), mengatasi darah tinggi, dan sebagainya. Karena itu, tak ada salahnya bagi Anda untuk segera mulai mengonsumsi buah mengkudu secara teratur demi menjaga kesehatan tubuh.

Apalagi, berbagai penyakit yang disebutkan di atas tak jarang merupakan penyakit yang diakibatkan oleh gaya hidup, seperti pola makan yang tidak sehat dan tinggi lemak trans, serta tubuh yang kurang aktif karena gaya hidup sedentari (sedentary lifestyle).

Berbicara soal tekanan darah tinggi, Anda barangkali sudah tahu bahwa kondisi ini bisa mengakibatkan penyakit yang lebih serius, yaitu stroke. Stroke yang diakibatkan oleh hipertensi merupakan jenis stroke hemoragik, alias stroke pendarahan. Penyebabnya adalah tekanan darah yang meningkat secara drastis dan tiba-tiba. Akibatnya, aliran darah kesulitan untuk mencapai ke otak dan pembuluh darah koroner.

Karena itu, konsumsi buah mengkudu dapat dijadikan solusi untuk membantu mencegah stroke dengan mengatasi salah satu penyebab utamanya, yaitu tekanan darah tinggi.

Baca juga : Terapi Dokter Laser Untuk stroke

Kalau begitu, bagaimana ya cara mengolah buah mengkudu untuk membantu Anda mencegah hipertensi, sehingga menurunkan gejala stroke?

Cara Mengolah Buah Mengkudu

Anda barangkali beranggapan untuk apa repot-repot memikirkan cara mengolah buah mengkudu kalau sudah ada banyak produk dengan kandungan ekstrak buah mengkudu yang beredar di pasaran. Memang benar bahwa produk-produk tersebut, seperti suplemen, jauh lebih mudah dan praktis untuk dikonsumsi. Akan tetapi, mengolah sendiri buah mengkudu jauh lebih hemat dan bahkan Anda bisa menjamin sendiri tingkat kebersihan selama proses pengolahannya. Terlebih, Anda juga bisa mencampur hasil olahan buah mengkudu dengan bahan herbal lainnya.

Salah satu cara mengolah buah mengkudu yang dapat Anda lakukan sendiri dirumah adalah dengan membuat jus mengkudu. Bagaimana caranya?

  1. Jus buah mengkudu.

Sebenarnya, Anda bisa membuat jus mengkudu hanya dengan menggunakan satu bahan, yaitu buah mengkudu. Hanya saja, karena aroma buahnya yang tajam dan menusuk, Anda bisa mengatasinya dengan menambahkan bahan lainnya. Misalnya dengan menambahkan buah apel. Dan untuk memberikan rasa manis yang rendah kalori dan tidak menimbulkan rasa mual, Anda Bisa tambahkan madu murni.

Langkah-langkah untuk membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Kupas dulu buah mengkudu segar dan sudah matang. Cara ini juga untuk membantu mengurangi baunya.
  2. Buang biji-biji buah mengkudu dan potong-potong.
  3. Kupas dan potong buah apel segar dan matang.
  4. Masukkan potongan buah mengkudu dan apel ke dalam blender. Tambahkan 1 sendok makan madu murni, dan blender sampai halus.
  5. Setelah jus sudah sepenuhnya halus, matikan blender dan tuangkan ke dalam gelas. Segera minum.

Berbeda dengan kebanyakan jenis jus buah lainnya, jus buah mengkudu ini harus segera dikonsumsi. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan porsinya karena jus buah mengkudu tidak dianjurkan untuk disimpan, bahkan di dalam lemari es sekalipun.

Pasalnya, jus buah mengkudu yang sudah tak lagi segar justru punya khasiat yang lebih sedikit dibandingkan jus yang baru saja dibuat. Karena itu, Anda perlu membuat jus buah mengkudu dalam takaran yang pas dan sesuai dengan jumlah orang yang akan mengonsumsinya.

Baca juga : Manfaat mengkonsumsi mahkota dewa

  1. Air perasan buah mengkudu.

Cara mengolah buah mengkudu lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminum air perasan buah mengkudu. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Siapkan 1 buah mengkudu yang sudah matang, dengan tekstur agak lembek dan berair.
  2. Kupas kulit buah untuk mengurangi bau tajam khas mengkudu.
  3. Tusuk-tusuk daging buah menggunakan lidi, jumlah lidi secukupnya.
  4. Rendam buah mengkudu yang telah dikupas dan ditusuk-tusuk di dalam air yang sudah diberi sedikit garam. Diamkan selama kira-kira 1 jam.
  5. Angkat buah mengkudu yang sudah direndam, lalu cuci sampai bersih dan lumatkan/haluskan. Peras buah mengkudu yang telah dilumat di dalam kain bersih.
  6. Tampung air perasannya untuk diminum.

Idealnya, Anda perlu mengonsumsi air perasan buah mengkudu sehari sekali dengan takaran 1/3 gelas di malam hari, sebelum Anda tidur. Lakukan cara ini sampai tekanan darah Anda kembali normal, yang berarti risiko stroke juga jadi jauh lebih kecil.