Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

3 Cara Mengolah Kulit Manggis dengan Benar Untuk Mendapatkan Manfaat Kesehatannya

Cara Mengolah Kulit Manggis dengan Benar
Buah manggis adalah buah yang cocok untuk dikonsumsi saat cuaca panas. Buah ini mengandung banyak air, dan rasanya yang manis segar dapat melegakan tenggorokan kering. Tidak hanya sempurna sebagai penyegar tenggorokan, buah manggis juga mengandung banyak zat yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. Zat besi, Vitamin A, B1, dan C, Protein, Lemak buah dan banyak lagi, terbukti dapat membantu untuk meningkatkan kondisi kesehatan tubuh Anda.

Yang lebih mengagumkan lagi, bukan hanya daging buahnya saja yang bisa kita manfaatkan. Kulit manggis juga ternyata dapat memberikan manfaat lebih. Tapi, untuk bisa mendapatkan manfaat ini, Anda harus tahu cara mengolah kulit manggis dengan benar. Berikut ini beberapa cara untuk memanfaatkan kulit buah manggis.

Obat Herbal

Hal pertama yang bisa kita buat dari kulit buah manggis adalah mengolahnya menjadi obat herbal. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuatnya.

  • Ambil kulit buah manggis dari 2 buah manggis, dan iris tipis,
  • Keringkan buah manggis,
  • Setelah kering, sisihkan.
  • Didihkan air sebanyak 2 gelas atau sebanyak yang Anda perlukan.
  • Masukkan irisan kulit buah manggis kering ke dalam air yang mendidih tersebut,
  • Rebus hingga air tersisa hanya 1 gelas.
  • Saring air rebusan dan obat herbal dari kulit buah manggis siap digunakan.

Anda dapat meminumnya langsung. Atau, untuk menambah rasa, Anda dapat menggunakan madu atau beberapa tetes jus lemon ke dalamnya.

Untuk proses pengeringan, akan lebih baik bila Anda tidak menggunakan cara pengeringan dengan menjemurnya dibawah terik matahari. Hal ini akan meningkatkan resiko tercemarnya kulit buah manggis yang Anda jemur dengan bakteri dan jamur. Akan lebih baik bila Anda mengeringkannya dengan menggunakan oven, itupun harus Anda pastikan oven sudah bersih dari sisa makanan yang dapat menjadi tempat bakteri tumbuh.

Setelah kering, simpan kulit buah manggis dalam wadah kedap udara. Dari sini, Anda sudah bisa menggunakannya untuk berbagai macam kebutuhan. Selain itu, dengan menyimpannya dalam bentuk kering dan dalam wadah kedap udara, kulit buah manggis dapat bertahan lebih lama.

Baca juga : Manfaat jus jambu merah

Ekstrak Kulit Buah Manggis

Cara yang satu ini akan memberikan ekstrak kental kulit buah manggis yang mengandung manfaat lebih. Caranya cukup mudah.

  • Ambil kulit manggis dari buah manggis yang sudah memasuki masa petik selama 3 hingga 7 hari,
  • Cuci kulit manggis hingga bersih dari kotoran,
  • Rebus kulit buah manggis dalam air mendidih. Lama perebusan setidaknya 10 menit.
  • Buang air rebusan dan ambil kulit buah manggis yang sudah direbus, lalu masukkan ke dalam air es. Hal ini untuk mengurangi zat-zat kotor yang muncul akibat proses perebusan. Lakukan proses pendinginan ini selama 10 menit.
  • Setelah proses pendinginan selesai, ambil kulit buah manggis dan blender hingga halus.
  • Ambil hasil blender kulit buah mangis lalu saring dan peras untuk mengambil airnya.
  • Air hasil perasan ini yang menjadi ekstrak kulit buah manggis yang bisa Anda konsumsi. Konsumsi sebanyak 2 hingga 3 kali sehari, dengan dosis 2 sendok setiap mengkonsumsinya.

Rasa ekstrak kulit buah manggis ini mungkin akan sedikit tidak cocok untuk lidah Anda. Sama seperti ramuan obat herbal diatas, Anda dapat menambahkan madu untuk membuat rasanya terasa lebih enak. Pastikan penambahan madu adalah pada saat Anda mengkonsumsinya. Akan lebih baik bila dalam proses pengolahan menjadi ekstrak, Anda tidak menambahkan bahan lainnya. Hal ini untuk mempertahankan kandungan zat bermanfaat didalamnya.

Baca juga: manfaat buah alpukat

Teh Kulit Buah Manggis

Anda juga dapat membuat teh dari kulit buah manggis. Caranya cukup mudah.

  • Ambil kulit buah manggis kering yang sudah Anda buat pada resep pertama diatas.
  • Letakkan pada saringan.
  • Seduh dengan air mendidih.
  • Tambahkan gula atau madu untuk memperkaya rasa.
  • Teh kulit buah manggis siap dinikmati.

Kulit buah manggis yang sudah Anda gunakan sebaiknya Anda buang dan tidak digunakan lagi. Jangan menggunakannya sebanyak dua kali, karena khasiat dan zat bermanfaat didalamnya sudah hilang atau berkurang banyak.

Manfaat Kulit Buah Manggis

Kulit manggis mengandung zat yang dinamakan Xanthon. Zat ini berfungsi untuk untuk menstimulasi aktivitas enzim liproprotein lipase. Dan, enzim ini akan mengaktifkan proses hirolisis pada kolesterol jahat atau LDL. Kolesterol jahat ini akan diubah menjadi asam lemak dan gliserol. Dengan demikian, kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah akan menurun. Sedangkan, kadar kolesterol baik (HDL) akan meningkat. Inilah manfaat utama dari kulit buah manggis, yaitu untuk mengatur kadar kolesterol Anda.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda harus mengkonsumsi jus kulit buah manggis secara rutin. Dan juga, jalani pemeriksaan rutin untuk mengetahui kadar kolesterol Anda. Apabila sudah membaik, Anda dapat membatasi konsumsi jus sebanyak sekali setiap sepuluh hari. Satu hal penting lagi adalah pastikan Anda menggunakan cara mengolah kulit manggis yang benar. Bila tidak, ramuan kulit buah manggis yang Anda konsumsi tidak akan membawa manfaat. Bahkan, ramuan tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan. Selamat mencoba!