Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

manfaat cokelat

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Coklat adalah olahan makanan atau minuman dari biji kakao, coklat memiliki rasa manis serta enak dan paling banyak digemari oleh anak kecil hingga orang dewasa, semuanya suka coklat, namun mengkonsumsi coklat juga harus memperhatikan kebersihan mulut, jika tidak rajin dibersihkan, sisa makanan coklat yang menempel pada gigi dapat menyebabkan gigi anda berlubang.

Mengkonsumsi coklat dipercaya dapat memperbaiki mood dan suasana hati anda, jika anda mengerjakan sesuatu dan ingin menambah mood booster konsumsilah coklat untuk memperbaiki mood anda, cara lainnya anda bisa meminum secangkir coklat panas untuk menjaga mood dan suasana hati anda agar selalu baik.

Kokoa adalah kandungan utama cokelat. Dalam kokoa terdapat zat flavanol yang dikenal sebagai antioksidan yang mampu mengurangi kerusakan sel yang dapat menyababkan risiko terkena sakit jantung. Cokelat hitam (dark chocolate) memiliki kandungan zat flavanol yang leih tnggi dibandingkan cokelat susu. Hal ini dapat menjadi pertimbangan anda untuk memilih cokelat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Dalam Cokelat atau kakao

  • Vitamin – Biji kakao mengandung cukup banyak vitamin yaitu, vitamin A, B1, B2 , B3, C, E, dan asam patotenat.
  • Mineral esensial – Kakao Mengandung cukup banyak mineral yaitu, kalsium, zat besi, tembaga, mangan, potasium, dan magnesium.
  • Antioksidan – Kakao memiliki kandungan polifenol serupa buah anggur yang berguna sebagai antioksidan yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.
  • Kafein – Kandungan Kafein dalam biji kakao sangatlah rendah dibawah jumlah kafein teh dan kopi.
  • Lemak – Setidaknya 50 lemak terkandung dalam biji kakao.  Ada 2 macam jenis asam lemak yaitu asam lemak tak jenuh dan asam lemak tak jenuh tunggal.
  • Gula – Biji kakao mengandung karbohidrat yang cukup tinggi yang berupa, pati, serat larut, dan tak larut. juga sangat rendah gula. Kadar gula yang tinggi pada sebagian cokelat umumnya ditambahkan saat pengolahan biji kakao di pabrik.
  • Feniletilamin – Zat yang berperan sebagai antidepresan yang ringan dan stimulan dengan kekuatan yang hampir sebanding dengan dopamin dan adrenalin ang diroduksi oleh tubuh.

Cokelat memiliki beragam varian rasa yang disukai oleh para penggemarnya diseluruh dunia. Cokelat pun sangat mudah ditemukan di pusat perbelanjaan atau di warung-warung disekitar kita. Selain itu cokelat juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Apa saja manfaatnya? berikut ulasan lengkapnya.

Berikut ini manfaat cokelat bagi kesehatan tubuh.

  1. Anti depresi
  2. Anti depresan
  3. Rendah Lemak
  4. Memperlambat Penuaan
  5. Mencegah penyakit jantung
  6. Menurunkan tekanan darah
  7. Menurunkan kolesterol jahat
  8. Meningkatkan Kolestrol baik
  9. Meningkatkan sirkulasi darah
  10. Mennghindari kelelahan kronis
  11. Meningkatkan kesehatan mata.
  12. Mengurangi risiko kanker.
  13. Coklat dapat menghaluskan kulit.
  14. Membantu menurunkan berat Badan
  15. Coklat sangat baik untuk Kesehatan Otak

manfaat cokelat

Manfaat Coklat Bagi Kesehatan

Makan cokelat yang dianjurkan hanya secuil saja yaitu dengan berat 20 gram per 3 hari sekali. Menurut ilmuan di Italia, mengonsumsi 20 gram cokelat hitam (dark chocolate) setiap 3 hari sekali dapat berdampak baik untuk sistem kebaikan kardiovaskular.

Akan tetapi jika mengonsumsi cokelat berlebihan, tidak akan memberikan manfaat yang lebih baik. coklat sangat baik untuk kesehatan otak anda.

Membuat Otak Menjadi Sehat

Anda sudah mengerti, jika kita mengkonsumsi coklat dapat menimbulkan perasaan senang dan dapat membuat saraf-saraf menjadi rileks sehingga membantu system kerja otak yang bekerja untuk mengontrol semua organ tubuh kita.

Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan bahan kimia tertentu didalam coklat dapat membuat sistem kardiovaskular berjalan lancar, jika mengkonsumsi dark chocolate dipercaya dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung sampai 50% dan penyakit koroner sampai 10, jadi tidak masalah mengkonsumsi sebuah atau sepotong coklat sehari-hari agar jantung menjadi sehat.

Menurunkan Kolestrol

Mengkonsumsi coklat juga dapat membantu anda menekan dan menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) pada tubuh, selain menurunkan kadar kolestrol jahat, mengkonsumsi coklat juga dapat meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL), yaitu kadar kolestrol yang tidak merusak tubuh.

Mengatasi Diare

Selain daun jambu biji yang dipercaya dapat mengatasi diare ternyata coklat juga dipercaya mampu mengatasi diare, pada sejarah awal Eropa dan Amerika Selatan pada abad ke-16 melakukan pengobatan diare dengan kakao.

Hal ini diperkuat oleh Ilmu Pengetahuan Modern, Para ilmuwan di Rumah Sakit Anak Oakland Research Institute mengatakan bahwa, kandungan flavonoid didalam kakao dapat mengikat protein yang berfungsi mengatur sekresi cairan didalam usus kecil dan memiliki potensi mengatasi diare.

Menghindari Kelelahan Kronis

Bagi sebagian orang kelelahan kronis dapat menjadi ancaman bagi kesehatan seseorang, penyakit kelelahan kronis ini menimbulkan sakit jantung, kepala, tubuh nyeri dan masalah gangguan pernapasan.

Tapi jika anda mengkonsumsi setidaknya 50gram coklat sehari-hari membantu anda mengurangi risiko sindrom kelelahan kronis, namun jika ada telah mengidap sindrom ini anda masih dapat mengkonsumsi coklat untuk membantu tubuh anda melawan sindrom kelelahan tersebut.

Mengurangi Risiko Kanker

Antioksidan pada coklat (kakao) dapat menghambat pertumbuhan kanker pada tubuh, ada sebuah protein tertentu yang terdapat dalam coklat yang dapat menonaktifkan bagian-bagian yang menghasilkan sel-sel tumor dan kanker.

Meningkatkan Gairah Seksual

Bagi anda yang cenderung mengalami penurunan gairah seksual anda bisa mengonsumsi cokelat untuk mengatasinya. Penelitia terhadap zat biologis seperti methylxanthine dalam cokelat menunjukan kemampuannya untuk memicu gairah seksual.

Anda bisa mengajak pasangan anda untuk mengonsumsi cokelat bersama-sama untuk meningkatkan gairah seksual sehingga mempererat hubungan antara kedua pasangan. Eitss tapi pasangan yang sudah menikah ya.

Meningkatkan HDL dan Menurunkan LDL

Cokelat dapat membantu meningkatkan HDL (high-density lipoprotein) yang dikenal sebagai kolestrol baik. Serta, Cokelat juga dapat menurunkan LDL(low-density lipoprotein) atau dikenal sebagai kolesterol jahat.

Menurunkan Tekanan Darah

Mengkonsumsi cokelat dengan saran yang dianjurkan dapat membantu menekan tekanan darah sistolik hingga dua poin. Selain cokelat beberapa buah-buahan mampu menurukan tekanan darah seperti Apel, Alpukat, Blewah dan masih banyak lagi.

Meningkatkan Peredaran Darah

Cokelat mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan sirkulasi darah selama 2-3 jam setelah anda mengonsumsinya. Peredaran darah yang lancar dan jantung yang sehat dapat memompa darah untuk disebarkan keseluruh tubuh, sehingga tubuh terasa lebih segar dan bersemangat.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Cokelat juga dapat menyehatkan mata, walau tidak sebanyak manfaat wortel. Karena aliran darah menuju retina meningkat setelah mengonsumsi cokelat sehingga membantu meningkatkan penglihatan dengan kekuatan mata. Hal ini erat kaitanya seperti ulasan sebelumnya tentang sirkulasi darah,

Meningkatkan Produksi Insulin

Para Peneliti di Italia melakukan penelitian kepada 15 orang untuk memakan 3 ons coklat hitam atau coklat putih pada jumlah yag sama, tidak mengandung phytocemial flavonoid selama 15 hari, kemudian hasil penelitian ini menunjukan bahwa risiko untuk diabetes (resistensi insulin) menurun secara signifikan pada mereka yang mengkonsumsi coklat hitam (dark chocolate).

Manfaat Coklat Untuk Kecantikan

Mungkin anda pernah mendengar coklat sebagai bahan dari alat kecantikan yang pernah ngehits, well manfaat coklat untuk kecantikan wajah itu yaitu dapat menyehatkan kulit wajah, mencerahkan kulit wajah, melembabkan kulit wajah, dan Menutrisi wajah

Membuat Kulit Anda Awet Muda

Garis halus pada kulit wajah dapat kita atasi dengan masker coklat, selain itu coklat juga bermanfaat untuk melawan penuaan pada kulit, itu karena coklat memiliki kandungan flavonoid yang mengingkatkan elastisitas kulit sehingga mencegah penuaan pada kulit.

Cara membuat maskernya: lelehkan coklat dalam susu lalu pijat santai pada wajah anda, lakukan ini secara rutin 2-3x seminggu untuk mencegah muncul garis-garis halus pada wajah anda.

Melindungi Kulit dari Racun dan Kuman

Coklat memiliki kandungan antioksidan yang mampu melindungi dan menjaga kulit dari kuman dan racun yang umumnya akibat polusi dan radikal bebas, para ahli dari American Health Foundation menuturkan, antioksidan utama pada coklat hitam mampu melindungi tubuh 100x lebih baik daripada vitamin C dan 25x lebih baik dari vitamin E, jadi kandungan antioksidan pada coklat perannya lebih baik daripada vitamin tersebut.

Menyehatkan Kulit Wajah

kulit wajah yang sehat segar dapat anda dapatkan jika anda melakukan perawatan menggunakan masker coklat secara rutin, nutrisi yang dimiliki coklat mampu menjaga kesehatan kulit anda sehingga kulit anda akan menjadi sehat dan segar.

Baca juga: manfaat beras merah

Mencerahkan Kulit Wajah

Menggunakan masker coklat dipercaya mampu mencerahkan permukaan kulit wajah anda secara alami tanpa bahan kimia dan tanpa efek samping tentunya karena ini bahan alami, dan untuk memaksimalkannya anda bisa memadukan masker coklat dengan susu murni secukupnya untuk hasil yang lebih memuaskan lagi.

Melembabkan Kulit Wajah

cara membuat kulit anda selalu lembab dan segar yaitu dengan cara memanfaatkan masker coklat, agar hasilnya lebih memuaskan anda bisa mencampurkan masker coklat dengan madu dan susu secukupnya lalu gunakan untuk masker pada wajah, lakukan perawatan wajah dengan masker campuran ini 2-3 kali seminggu untuk hasil yang memuaskan.

Mencegah Keriput dan Garis Halus

Mengonsumsi cokelat yang memiliki rasa manis dan enak ketika menyentuh lidah tentu dapat menghilangkan stress seseorang. Stres yang disebabkan hormon cortisol pun ikut menurun, sehingga menurunkan kerusakan kolagen dan kecantikan kulit akan tetap terjaga serta terhindar dari keriput dan garis halus pada wajah.

Menyuburkan Rambut

Cokelat hitam (dark chocolate) menandung mineral berupa tembaga, seng, dan zat besi yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. mengonsumsi coklat tiga hari sekali, secara tidak langsung dapat melancarkan peredaran darah khususnya ke kulit kepala sehingga rambut akan menjadi sehat dan subur.

Perlindungan Sinar Matahari

Perlindungan dari cokelat terhadap sinar matahari telah dilakukan penelitian oleh para peneliti London. Ini mengenai kandungan flavanol. Uji coa dilakukan selama kurang lebih 3 bulan dengan mengonsumsi coklat menunjukan bahwa, cokelat mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan meredakan kulit yang terbakar akibat sinar matahari.

Jika anda tidak mau repot membuat masker coklat anda bisa membeli produk masker berbahan coklat yang sudah banyak beredar di tempat perawatan kecantikan, tersedia banyak varian masker berbahan coklat anda bisa memilih yang sachet karena cenerung harganya terjangkau, anda bisa bertanya-tanya bagaimana penggunaannya kepada penjualnya.

Mengonsumsi cokelat berlebihan dapat berdampak buruk bagi tubuh, karena semua hal yang erlebihan tentunya tidak baik. Tak ubahnya karena cokelat tinggi kandungan lemak, jika dikonsumsi membabi buta malah akan meningkatkan berat badan dan memicu penumpukan lemak.

Peningkatan berat badan akan memicu obesitas yang tentunya dapat menyababkan terkena berbaga macam penyakit berbahaya.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari mengkonsumsi coklat atau membuat masker dari coklat, selain dapat menyehatkan dan memperbaiki mood kita ternyata coklat juga memilik manfaat untuk kecantikan kulit wajah, dan sampai saaat ini masih banyak yang menggunakan coklat untuk perawatan kulit wajah mereka, anda mau mencobanya?