Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kadar Gula Darah Normal Menurut WHO

Masalah Diabetes memang sekarang mengalami peningkatan. Dari data yang dikumpulkan WHO, jumlah penderita diabetes naik cepat dari 108 juta di tahun 1980 menjadi 422 di tahun 2014. Info ini memang belum menggunakan data untuk tahun terakhir masih dalam tahap pengolahan. Tapi dari trend yang ada, jumlahnya pasti akan meningkat kembali.

Peningkatan dari tahun ke tahun dari diabetes diduga karena gaya hidup yang mulai berubah. Makanan sekarang mulai banyak mengandung gula dan semangat hidup sehat mulai menurun. Kesibukan sehari – hari dan peningkatan konsumsi makanan yang instan dan praktis diduga menjadi penyebab utama.

Kisaran Kadar Gula Darah yang Normal

Gula memang memiliki peran penting dalam tubuh, tapi jika menimbun terlalu banyak, hal ini bisa berbahaya. Bagi Anda yang tidak tahu, gula dalam tubuh adalah zat yang digunakan sel sebagai bahan bakar. Baik itu untuk memperbaiki diri atau membuat sel baru.

Dari WHO sendiri telah dikeluarkan informasi cara mengukur gula darah. Ukuran kadar gula darah normal menurut WHO ini sering dijadikan referensi general untuk mendeteksi apakah seseorang memiliki potensi mengidap diabetes atau tidak.

Menurut kisarannya, kadar gula darah normal dalam tubuh akan berganti – ganti sesuai dengan kondisi tubuh. Berikut adalah ukuran normal menurut WHO:

  • Sebelum makan:         sekitar 70 sampai 130 mg/dL
  • Dua jam setelah makan:     di bawah batasan 180 mg/dL
  • Menjelang tidur:            Sekitar 100 sampai 140 mg/dL

Lihat juga : Dokter Laser meningkatkan kualitas darah

Pentingnya Menjaga Kadar Gula Darah

Jika Anda takut terkena diabetes, sebaiknya Anda selalu sesuaikan kondisi darah dengan kadar gula darah normal menurut WHO. Menjaga angka normal ini sangat penting karena seharusnya tubuh tidak boleh kekurangan ataupun kelebihan gula darah. Gula darah yang terlalu rendah disebut Hipoglikemia dan terlalu tinggi disebut Hiperglikemia. Hipoglikemia terjadi jika gula darah Anda ada di bawah 70 mg/dL sedangkan Hiperglikemia terjadi saat gula darah ada di atas 200 mg/dL.

Efek Hipoglikemia antara lain:

  • Tubuh terasa lemas
  • Kulit berwarna pucat
  • Mudah berkeringat
  • Selalu merasa kelelahan
  • Memiliki rasa panik dan gelisah
  • Sulit konsentrasi
  • Gampang marah
  • Mengalami kesemutan di area mulut
  • Sulit berjalan
  • Kejang – kejang
  • Jantung berdetak kencang

Efek Hiperglikemia antara lain:

  • Terjadi penurunan berat tubuh
  • Selera makan meningkat drastis
  • Tubuh terasa loyo
  • Mudah haus
  • Sering kencing
  • Mudah gelisah
  • Pandangan sering berkunang – kunang
  • Kulit terasa kering, memerah dan panas
  • Sering mengalami masalah gigi dan gusi

Baca juga : cara cepat menurunkan gula darah diabetes

Jagalah Kadar Gula Anda!

Untuk mendapatkan nilai kadar gula darah normal menurut WHO, Anda harus melakukan perubahan pada gaya hidup Anda. Mengaplikasikan gaya hidup sehat adalah langkah awal untuk menghindari penyakit, tidak hanya diabetes tapi juga masalah kesehatan lainnya. Hal yang perlu Anda lakukan untuk mendapat gaya hidup sehat antara lain

  • Tingkatkan aktivitas fisik sehari – harinya.

Peningkatan aktivitas fisik ini minimal 30 menit setiap harinya. Aktivitas ini bisa berupa jalan kaki, senam, bersepeda dan olahraga ringan lainnya.

  • Makan makanan dengan gizi seimbang

Makanan yang seimbang minimal ada protein, karbohidrat, vitamin dan mineral.

  • Hindari makanan instan dan kemasan

Makanan kemasan dan instant biasanya banyak mengandung pengawet, pemanis buatan dan lemak jahat. Kandungan tersebut sulit untuk diproses oleh tubuh dan hanya akan menimbun menjadi penyakit jika dikonsumsi terlalu banyak.

  • Berhenti merokok dan mengkonsumsi alkohol

Rokok dan alkohol bisa menyebabkan ketergantungan dan jika mengkonsumsi terlalu banyak, tubuh Anda akan melemah dan mudah terserang masalah kesehatan.

Mudah – mudahan informasi di atas berguna bagi Anda dalam menjaga keseimbangan gula darah. Terima kasih sudah membaca!