Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

manfaat buah delima

Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Delima (punica granatum) adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5–8 m, delima umumnya ditanam dikebun-kebun dan djiadikan sebagai tanaman obat, tanaman hias, atau karena buahnya dapat dimakan.m

Buah delima dapat dikonsumsi dalam keadaan segar atau sebagai campuran salad buah, jus, sari buah, atau rujak buah, jika anda ingin membuat jus delima, silahkan anda buat jus sekalian dengan bijinya karena didalam biji buah delima terkandung senyawa polifenol, senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh anda.

Khasiat buah delima bagi kesehatan antara lain dapat mengobati beragam penyakit-penyakit seperti gangguan jantung, gangguan perut, perawatan gigi, diabetes, kurang darah, rematik, dan kanker, serta mengkonsumsi buah delima juga dapat mencegah risiko terkena penyakit alzheimer sampai 76% jika dibandingkan dengan orang yang tidak minum jus delima

Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan

Buah delima memiliki kandungan flavonoid, yaitu antioksidan kuat yang berperan penting menangkal radikal bebas sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, serta dapat melindungi tubuh dari kanker kulit, kangker prostat, dan penyakit jantung, antioksidannya juga dapat membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah arteri yang disebabkan oleh kolestrol

Menjaga Kesehatan Jantung

Pada sebuah percobaan yang dilakukan oleh 45 pasien dengan penyakit jantung koroner menunjukan bahwa meminum jus delima setiap hari dalam kurun waktu 3 bulan, membuat aliran darah ke jantung menjadi lancar dan memperkecil risiko terkena serangan jantung, hasil positif yang didapat saat mengkonsumsi jus delima adalah memperlancar aliran darah ke jantung sehingga jantung menjadi sehat.

Perlindungan Terhadap Kanker

Buah delima memiliki antioksidan yang berfungi sebagai penangkal radikal bebas. Zat lainya dalam buah ini juga dipercaya mampu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh da juga mengambat perkembangan sel kanker dan penyakit lainnya.

Antioksidan dalam buah delima mampu merangsang pertumbuhan sel-sel darah putih yang berguna untuk menetralkan racun dalam tubuh, jika racun sudah dinetralkan maka kekebalan tubuh akan meningkat dan tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

Selain itu, buah delima yang dikonsumsi secara rutin juga dapat memblokir enzim aromatase yang mengubah androgen menjadi esterogen, yaitu hormon yang yang berperan dalam pertumbuhan sel kanker.

Mencegah Kanker Kulit

Kandungan anthocyanin dan tanin terhidrolisa yang memiliki peranan sebagi antibakteri dan antioksidan. Jika asam ellagic diterapkan langsung pada kulit, asam ini aan membantu mencegah pertumbuhan sel kanker, selain itu asam ellagic juga terapat pada buah stroberi, ceri, dan anggur.

Mencegah Kanker Prostat

Pada sebuah studi mengatakan bahwa minum 227ml jus delima setiap hari, akan memperlambat pertumbuhan kanker prostat secara signifikan pada pria dan kanker prostat berulang, penelitian ini masih perlu diuji lagi untuk menambah bukti kuat bahwa jus delima dapat memperlambat pertumbuhan kanker prostat tersebut.

Mengobati Luka dan Radang Kulit

Kandungan Polifenol serta senyawa lain pada buah delima memiliki sifat anti inflamasi, biji buah delima juga mempunyai peran penyembuhan yang cukup baik, sehingga jika terdapat luka goresan atau sayatan dapat sembuh dengan cepat.

Mengkonsumsi buah delima juga dapat memperepat penyebuhan kulit yang iritasi dan infeksi, selain dapat menyembuhkan luka buah delima juga dapat menyamarkan hingga menghilangkan bekas luka seperti dermatix.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah delima memiliki kandungan vitamin C yang sangat berguna untuk meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh, buah delima ukuran sedang mengandung sekitar 15% vitamin C dari kebutuhan gizi harian tubuh orang dewasa.

Mencegah Anemia

Mengkonsumsi buah delima dapat membuat aliran darah tubuh menjadi lancar sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan buah delima memiliki zat besi yang baik untuk darah yang akan membantu mengurangi gejala anemia, termasuk pusing, kelemahan, gangguan pendengaran, dan kelelahan.

Mencegah Osteoarthitis

Buah delima dapat membantu mencegah terkena penyakit osteoarthritis dan aterosklerosis, penyakit yang menyebabkan kerusakan akibat pengerasan dan penebalan dinding arteri, sendi, dan tulang rawan bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi buah delima, selain itu buah delima dapat mencegah pembentukan enzim yang berperan terhadap jaringan ikat pada tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah Penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi buah delima dapat membantu mengurangi tekanan darah pada individu dengan tekanan darah tinggi, karena buah delima memiliki kandungan kalium, yang berguna sangat baik untuk mnurunkan tekanan dara tinggi bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Menjaga Kadar Gula dalam Tubuh

Berbeda dengan buah lainnya, buah delima mengandung fruktosa tapi tidak akan meningkatkan gula darah dalam tubuh secara signifikan. Hal ini erat kaitannya denga penelitian yang dilakukan pada penderita diabetes yang meminum jus buah delima 2 kali seminggu, tidak memberi efek yang berbahaya untuk penderitanya.

Regenerasi Tulang Rawan

Buah delima memiliki zat yang mampu mencegah enzim yang dapat menyembabkan kerusakan terhadap tulang rawan. Hal ini berkaitan dengan osteoarhritis, buah delima sangat diajurkan untuk mereka yang menderita penyakit osteoarhritis, osteoarhritis menawarkan gelaja dengan memberi rasa nyeri pada sendi yang sangat mengganggu, konsumsilah buah delima secara rutin bagi anda yang sedang menderita penyakit ini.

Baca juga: manfaat buah alpukat

Mencegah Penyakit Alzheimer

Mengonsumsi buah delima secara rutin dapat membantu  mencegah perkembangan penyakit alzheimer. Selain itu buah delima juga dapat meningkatkan kemampuan otak penderita. Namun penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk mendukung pernyataan tersebut.

Menyehatkan Arteri

Delima memliki manfaat lainnya yaitu dapat mengikis plak yang terbentuk ada arteri. Arteri yang sehat pun menunjang kesehatan tubuh lainnya seperti terhindar dari darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung.

Mengatasi Gangguan Perut

Masalah pencernaan seperti gangguan lambung, disentri, dan diare bisa diatasi dengan buah delima caranya campurkan 1 sendok teh madu dan jus delima lalu minum, dengan meminum ramuan tersebut dapat membantu menenangkan perut anda.

Manfaat Buah Delima bagi Ibu Hamil

Buh delima sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Hal ini karena buah delima sangat kaya akan vitamin dan mineral termasuk asam folat yang merupakan elemen penting bagi diet parental.

Delima juga memiliki anti-inflamasi yang memastkan aliran darah tetap lancar sehingga pertumbuhan janin pun akan terjaga.

Kalium pada buah delima juga dapat mencegah terjadnya kram yang umumnya hanya dialami ibu hamil. Mengonsumsi buah delima secara teratur dapat berdampak baik bagi sang buah hati untuk menghindari lahir prematur.

khasiat buah delima

Manfaat Buah Delima Untuk Kecantikan

Banyak sekali manfaat buah delima dalam dunia kecantikan yaitu yang umum seperti dapat mencegah dan mengobati jerawat, mencegah penuaan pada kulit, mengatasi kulit kering dan masih banyak lagi, berikut ini beberapa ulasan mengenai manfaat buah delima untuk keantikan kulit dan wajah:

Mencegah dan Mengobati Jerawat

Mengkonsumsi buah delima secara rutin bisa membantu mencegah tumbuhnya jerawat dan membunuh akar masalah penyebab munculnya jerawat, dengan memperbaiki masalah pada pencernaan serta memperbaiki sirkulasi darah, buah delima juga memiliki kandungan zat besi yang merupakan bagian hemoglobin.

Hemoglobin ini juga dapat membantu menyerap oksigen, oksigen pun diangkut menuju sel-sel kulit yang membuat kulit menjadi lebih segar dan halus, selain itu delima juga memiliki kandungan vitamin C yang merupakan antioksidan yang baik untuk melindungi permukaan kulit dari radikal bebas.

Cocok Bagi Semua Jenis Kulit

Jus buah delima sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit kering. Susunan molekul kecil akan masuk jauh kedalam kulit untuk memberi efek pelembaban yang cukup dan hidrasi pada kulit. Oleh karena itu, jus delima mampu menenangkan kulit kering dan teriritasi. Kulit berminyak pun dapat diatasi dengan mengonsumsi buah delima secara teratur.

Meningkatkan Tekstur Kulit

Manfaat delima lainnya yaitu dapat memperpanjang umur fibrolitas yang berfungsi untuk membantu produksi kolagen. Nah kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia seperti tulang, gigi, otot, dan kulit.

Produksi kolagen yang baik dapat membantu membuat kulit menjadi kencang dan dapat mencegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan. Selain bermanfaat untuk kulit, tulang, gigi, dan otot pun akan menjadi sehat dan tubuh akan menjadi lebih prima.

Mencerahkan Kulit

Meminum satu gelas jus delima setiap hari dapat membantu mencerahkan kulit anda dari dalam. Atau jika ingin menutrisi dari luar anda bisa mencamurkan 1 sendok teh buah pepaya hijau, minyak biji anggur dan ekstrak biji anggur serta 2 sendok teh jus delima.

Oleskan pada wajah. Biarkan selama 30-60 menit dan bilas dengan air hangat. setelah itu gunakan kapas untuk mengoleskan jus delima pada wajah dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin. Lihat bedanya.

Baca juga: khasiat buah lemon

Mencegah Penuaan Dini

Mengkonsumsi Jus buah delima dapat memperbaiki kulit yang rusak akibat paparan sinar UV matahari maupun akibat proses penuaan, buah delima dapat memperbaiki kerusakan pada kulit, sehingga kulit kembali halus dan awet muda.

Minyak yang terdapat didalam biji delima juga dapat memperkuat lapisan epidermis untuk mencegah dan menunda pengeriputan pada kulit, serta elastin dan kolagen pada buah delima juga membantu kulit menjadi memiliki elastisitas, sehingga kulit menjadi tetap awet muda dan mencegah terjadinya keriput pada kulit.

Meregenerasi Sel Kulit

Tubuh kita dapat memproduksi antioksidan alami namun tidak banyak, well buah delima dapat membantu memicu produksi antioksidan alami pada tubuh yang berguna untuk meregenerasi sel-sel kulit, buah delima juga bisa membantu memperlancar sirkulasi darah, dan membantu memperbaiki sel kulit dan menyembuhkan luka, buah delima juga bisa melindungi kulit bagian luar dan meregenerasi sel kulit bagian dalam.

Buah delima juga dipercaya dapat memperpanjang umur fibroblas yang berguna untuk memproduksi kolagen yang dapat mengencangkan kulit dan mencegah pembentukan kerutan dan garis-garis halus, kolagen akan membantu kulit untuk terlindung dari itu semua.

Selain itu mengkonsumsi delima dalam bentuk jus juga sangat baik untuk kulit yaitu membuat kulit menjadi lebih cerah bersinar dan mencerahkan warna kulit membuat kulit menjadi cerah merata, silahkan konsumsi jus delima setiap hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan dan kecantikan kulit dalam satu gelas minuman jus buah delima.