Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Cepat Menurunkan Gula Darah Diabetes

Diabetes adalah kondisi penyakit di mana hormon insulin pada tubuh seseorang mengalami kerusakan sehingga kadar gula tidak bisa dikontrol. Glukosa yang masuk ke dalam tubuh kemudian diubah menjadi energi dengan bantuan insulin. Namun pada pengidap diabetes, insulin tidak bisa bekerja dengan baik sehingga kadar gula dalam darah pun tinggi.

Jika tidak dikontrol, tingginya gula darah bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi. Cara cepat menurunkan gula darah diabetes bisa dilakukan dengan menjaga gaya hidup yang sehat. Sayangnya diabetes adalah penyakit yang belum ada obatnya, namun bisa dikendalikan dan memberikan harapan hidup lebih panjang pada pengidapnya.

Cara cepat menurunkan gula darah diabetes dengan pola keseharian

Untuk mengontrol kadar gula darah tetap dalam level yang normal baik untuk penderita diabetes maupun yang beresiko mengidap diabetes, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menerapkan pola hidup yang sehat. Beberapa hal cara cepat menurunkan gula darah diabetes yang bisa dilakukan antara lain adalah:

  1. Olahraga yang cukup

Melakukan olahraga yang cukup dan rutin akan meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga sel bisa mengubah glukosa yang ada dalam darah untuk menjadi energi. Dengan demikian, kadar gula dalam darah pun bisa menurun ke tingkat yang normal. Olahraga juga membuat tubuh Anda menggunakan lebih banyak energi untuk bergerak, dengan begitu makin banyak gula yang diubah menjadi energi sehingga gula darah bisa terkontrol. Jenis olahraga yang bisa Anda lakukan adalah olahraga kardio atau jenis olahraga lain yang bisa membakar kalori lebih banyak.

  1. Cukupi kebutuhan air minum

Cara cepat menurunkan gula darah diabetes selanjutnya adalah dengan minum air putih yang cukup. Dengan air yang cukup, ginjal bisa membuang sisa gula dalam darah yang tidak terpakai bersama dengan urin. Penting bagi pengidap diabetes untuk minum air putih setelah makan, bukannya teh atau kopi maupun minuman berkalori dan bergula lainnya.

  1. Meditasi

Hormon yang dihasilkan tubuh saat stress bisa membuat kadar gula darah naik. Meditasi seperti relaksasi atau yoga bisa membantu Anda untuk mengontrol stress sehingga kadar gula darah pun bisa terkendali.

Cara cepat menurunkan gula darah diabetes dengan menjaga makan

Menjaga pola makan adalah hal yang wajib dilakukan oleh pengidap diabetes. Mengurangi asupan gula adalah hukum utama dalam gaya hidup pengidap diabetes. Selain itu, cara cepat menurunkan gula darah diabetes juga bisa dilakukan dengan cara berikut:

  1. Mengurangi asupan karbohidrat

Tubuh memecah karbohidrat menjadi gula, di mana jika insulinnya tidak berfungsi dengan baik maka gula akan langsung masuk ke darah. Anda bisa mengurangi asupan karbohidrat rendah nutrisi seperti nasi putih, tepung terigu, roti putih dengan karbohidrat yang lebih baik seperti gandum, beras merah, atau sumber karbo lainnya.

  1. Makanan dengan indeks glikemik rendah

Makanan dengan indeks glikemik yang rendah bisa jadi cara cepat menurunkan gula darah diabetes tidak hanya untuk hari itu saja namun juga dalam jangka panjang baik untuk diabetes tipe 1 maupun tipe 2. Beberapa jenis makanannya adalah makanan laut, daging, telur, oats, barley, kacang-kacangan, ubi manis, jagung, buah-buahan, dan sayur tak bertepung. Tapi mesti diperhatikan juga porsinya.

  1. Mengonsumsi makanan kaya kromium dan magnesium

Kadar gula darah yang tinggi dikaitkan dengan kurangnya nutrisi mikro di dalam tubuh, antara lain adalah kromium dan magnesium. Makanan yang mengandung nutrisi untuk cara cepat menurunkan gula darah diabetes ini antara lain adalah kuning telur, gandum utuh, kacang-kacangan, daging, brokoli, sayuran daun hijau, ikan, pisang, dan alpukat.

Buah Dan Sayuran Untuk Menurunkan Gula Darah

Cara ini bisa juga digunakan untuk melengkapi langkah menurunkan gula darah dengan aktivitas fisik. Buah dan sayuran kali ini di buat dalam bentuk makanan dan minuman.

Minuman ini berfungsi sebagai pengobatan alternatif dan sudah terbukti dapat membantu. Minuman ini antara lain

  • Sari Aloe Vera atau Lidah Buaya

Minuman ini tidak hanya membantu Anda menjaga gula darah tapi juga menjaga Anda merasa kenyang. Gel Aloe Vera yang ada di dalamnya berfungsi seperti jeli yang membantu mengisi perut.

  • Seduhan Camomile dan Kayu Manis

Racikan minuman ini tidak hanya mampu menurunkan kadar gula, tapi juga membuat badan hangat dan rileks. Banyak orang yang mengalami panik atau stress hingga tidak bisa tidur hanya karena gula darahnya tinggi, nah minuman ini dapat membantu masalah tersebut.

  • Jus Bayam dan Seledri

Serat dan kandungan gizi dalam jus ini dapat membantu Anda mengikat lemak jahat agar tidak tercerna. Selain bisa jadi pelengkap asupan gizi yang imbang, jus ini juga bisa membuat perut mudah kenyang.

Untuk penggunaanya biasanya tergantung dari seberapa parah gula darah Anda. Untuk yang sudah tinggi, konsumsi minuman ini satu gelas per hari sebelum makan. Tapi jika yang masih normal, silahkan konsumsi satu sampai dua kali saja per minggu.

 

Selain minuman buah, Anda juga bisa mengkonsumsi makan berikut sebagai cara menurunkan gula darah secara alami. Makanan penurun gula darah ini antara lain

  • Alpukat

Kandungan dalam alpukat dapat meningkatkan kinerja hormon insulin dalam tubuh. Selain memicu insulin, alpukat membuat perut cepat kenyang. Hal ini penting untuk mengurangi hasrat ngemil yang nantinya malah menaikan kadar gula darah.

  • Ikan

Ikan yang mampu menurunkan kadar gula darah adalah daging ikan yang mengandung omega 3. Ikan yang mengandung Omega 3 contohnya ikan salmon, tuna, kembung, trout dan halibut.

  • Kakao

Kakao adalah bahan dasar coklat dan memiliki kemampuan menjaga tingkat gula darah. Tapi ingat jangan konsumsi kakao yang sudah dicampur dengan gula seperti yang ada dalam coklat kemasan. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda bisa konsumsi ekstrak kakao asli yang rasanya bisa dibilang cukup pahit.

Jika ingin mencegah dan membantu proses pengobatan diabetes tanpa pengobatan kimia bisa juga dengan memakai bantuan teknologi yaitu terapi laser dengan Dokter Laser. Alat terapi dengan bentuk jam yang di rekomendasikan oleh pakar kesehatan.

Cara Menurunkan Gula Darah Pada Ibu Hamil

Kehamilan sehat merupakan prioritas yang diupayakan oleh semua ibu hamil. Namun, wanita yang telah didiagnosis menderita diabetes gestasional saat masa kehamilan harus memperoleh perawatan yang lebih kompleks. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan dan keselamatan ibu, melainkan juga demi kesehatan dan keselamatan janin yang dikandungnya.

Perlu diketahui, ibu hamil yang menderita diabetes dikatakan memiliki risiko tinggi mengalami keguguran dan bahkan cacat lahir. Pasa saat kondisi kehamilan berlangsung, maka risiko terkena tekanan darah tinggi, eklamsia, preeklamsia, komplikasi hingga risiko melahirkan bayi prematur. Maka dari itu, sebagai calon ibu yang baik maka Anda harus mengupayakan beberapa cara untuk menurunkan kadar gula darah selama kehamilan berlangsung.

Konsultasikan Kesehatan Dengan Dokter

Bagi Anda yang memiliki gangguan diabetes dan sedang merencanakan proses kehamilan, maka pastikan untuk segera mengkonsultasikan masalah kesehatan Anda dengan dokter. Mulai dari membicarakan masalah kadar A1C normal, membicarakan perihal obat-obatan dan lain sebagainya.

Jika Anda memiliki gangguan diabetes tipe 1, maka biasanya dokter akan memberikan penanganan khusus untuk tes fungsi ginjal, pemeriksaan mata dan tes tiroid sebagai cara menurunkan gula darah pada ibu hamil. Keengganan dalam memeriksakan diri akan membawa dampak lebih buruk untuk kesehatan Anda dan calon janin yang nantinya Anda kandung.

Menjaga Berat Badan

Cara selanjutnya ialah dengan menjaga berat badan. Proses menjaga berat badan dalam kondisi normal ini harus dilakukan dari awal saat Anda mengetahui jika sedang hamil atau sedang merencanakan proses kehamilan. Coba biasakan diri Anda untuk mengkonsumsi makanan berbasis sayuran, hindari makanan yang mengandung pengawet, hindari makanan yang mengandung gula berlebih dan jenis makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi.

Lebih Banyak Bergerak

Tubuh yang bergerak teratur disertai dengan latihan khusus akan membantu metabolisme makanan dengan lebih baik lagi. Selain itu, latihan ringan ini juga akan membantu mengontrol kadar glukosa darah dan membantu menstabilkan berat badan saat Anda dalam masa kehamilan. Para pakar kesehatan juga sangat menyarankan agar wanita hamil sebaiknya bergerak selama 10 hingga 15 menit dengan melakukan aktivitas aerobik. Cukup dengan intensitas sedang di setiap minggunya.

Atasi Morning Sickness

Kondisi ini kerap kali membuat ibu hamil kewalahan. Anda bisa mengatasi morning sickness dengan cara mengkonsumsi makanan setiap dua hingga tiga jam sekali pada siang hari guna mencegah rasa mual. Jika Anda menggunakan suntik insulin atau pil khusus, maka coba untuk mengkonsumsi beberapa biskuit asin sebelum turun dari ranjang saat pagi hari. Langsung minum obat Anda dan pastikan agar makanan yang ada di perut tidak naik ke kerongkongan lagi.

Jus Sayur

Sebagian ibu hamil memang kerap merasakan mual berlebih saat dihadapkan dengan sayuran, terkhusus pada masa trimester pertama. Untuk menangani hal ini Anda bisa dan tetap membantu menstabilkan gula darah maka Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan jus sayur.

Sayuran hijau segar mengandung folat dan kalsium yang baik bagi kesehatan tubuh. Jus sayur akan membantu mengontrol nafsu makan dan membantu mengontrol Anda agar tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi. Itulah beberapa cara menurunkan gula darah pada ibu hamil, semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda.

Sekian tips dan cara menurunkan gula darah secara alami. Mudah – mudahan informasi di atas dapat membantu Anda menjaga kadar gula darah Anda.