Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Herbal Untuk Penurun Kolesterol

Belakangan ini banyak orang yang tiba – tiba meninggal. Banyak sebabnya salah satunya seperti pola hidup tidak sehat dan adanya penyakit serius. Penyakit serius ini ternyata salah satu pemicunya ialah kolestrol. Kolesterol dalam tubuh yang baik ialah yang terkontrol jumlahnya. Lalu bagaimana jika kolesterol Anda sudah terlalu tinggi? Maka Anda perlu mendapatkan cara herbal penurun kolestrol Anda sesegera mungkin.

Sekilas Tentang Kolesterol

Sebenarnya kolesterol itu apa sih? Kolestrol ialah senyawa lemak berlilin yang didapatkan dari makanan yang tidak sehat yang sebagian besar diproduksi oleh hati. Penumpukan kolestrol secara berlebihan dapat menyumbat pembuluh darah sehingga terjadi penyakit serius seperti stroke, serangan jantung yang akhirnya kan berdampak pada kematian.

Namun kejadian seperti itu bisa dicegah jika Anda mengontrol kadar kolestrol Anda secara rutin. Sebagai bentuk Antisipasi juga Anda juga harus memiliki cara herbal menurunkan kolestrol sebagai bentuk awal perubahan pola hidup yang tidak sehat.

Cara Herbal Mampu Menurunkan Kolestrol

Resiko kolestrol memang sangat berbahaya, namun jika pola hidup Anda dirubah kearah yang lebih sehat dengan tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol dan juga mulai berolahraga sambil terus memperbanyak minum air putih maka kondisi kesehatan Anda pun akan lebih baik.

Sebagai pendamping untuk menurunkan kolestrol Anda berikut beberapa buah yang bisa membantu Anda, antara lain:

  1. Apel

Pektin yang terkandung dalam kulit apel ternyata mampu untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh Anda. senyawa tersebut mampu bekerja menyerap lemak jahat dan kolestrol yang ada di usus halus untuk dikeluarkan bersama feses dan urin. Terlebih apel juga mengandung banyak vitamin serta dikenal sebagai anti oksidan yang baik bagi tubuh.

Senyawa lain yang dimilikinya ialah antioksidan polifenolnya yang mampu mengurangi akibat peradangan. Serat apel juga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga dapat mengontrol nafsu makan Anda dari jenis makanan yang tidak sehat.

  1. Alpukat

Alpukat diketahui sebagai salah satu buah yang juga mengenyangkan bahkan hingga 3-5 jam. Selain itu alpukat juga mampu menstabilkan kadar gula darah Anda.

Sumber lemak tak jenuh yang dimilikinya memang baik untuk tubuh. Vitamin, mineral dan juga seratnya pun sangat bagus, namun ternyata ada senyawa lain yang mampu menghambat proses penyerapan kadar kolestrol dalam tubuh.

  1. Pir

Selain apel, pir juga mempunyai fungsi yang tidak jauh berbeda dengannya. Pir juga dap[at membantu menurunkan kadar kolestrol dari tubuh Anda. serat dan juga kandungan air yang dimilikinya cukup banyak dan mampu membuat Anda cukup kenyang selama beberapa jam. Pir juga sangat bagus untuk dijadikan menu diet sehat Anda dalam mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh dan darah Anda.

  1. Jambu biji

Vitamin dan antioksidan yang dimilikinya ternyata tidak hanya mampu sebagai pelindung dari dradikal bebas. Namun juga mampu menurunkan kolestrol yang ada pada tubuh Anda.

  1. Jeruk

Buah yang satu ini mempunyai serat larut air yang dapat mengikat kolestrol yang telah diserap di usus halus. Kandungan d-limonine yang dimilikinya lah yang bekerja melawan kolestrol di usus halus.

Setiap penyakit memang memiliki resiko, namun tergantung dari setiap orang yang menjalaninya. Apabila orang tersebut ingin pulih tentu akan merubah kebiasaan buruknya untuk menjadi lebih baik

Baca juga : Dr Laser Terapi pencegah kolesterol

Herbal Penurun Kolesterol Jahat dari Makanan

Di dalam tubuh manusia, terdapat dua jenis kolesterol yakni kolesterol baik dan jahat. Tingginya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh harus sangat diwaspadai. Hal tersebut dikarenakan kolesterol jahat merupakan faktor beberapa gangguan, seperti serangan jantung, penyumbatan pembuluh darah, obesitas, dan sebagainya.

Untuk menurunkan kolesterol jahat bisa dilakukan dengan mudah, seperti pola hidup sehat. Anda juga bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan sehat berikut sebagai herbal penurun kolesterol jahat.

Herbal penurun kolesterol jahat dari oat

Makanan yang terbuat dari gandum ini memang sudah banyak memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Oat juga dikenal dengan kandungan serat tinggi di dalamnya.

Serat inilah yang mampu menyerap kolesterol jahat di dalam tubuh. Bisa dikatakan oat merupakan herbal penurun kolesterol jahat.

Penelitian menunjukkan kandungan serat tersebut mampu menurunkan kolesterol jahat hingga 5,3 persen. Zat tersebut akan menyerap kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Herbal penurun kolesterol jahat dari salmon

Ikan salmon dikenal dengan kandungan omega 3 yang tinggi di dalamnya. Kandungan inilah yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Maka dari itu, menjadikannya sebagai herbal penurun kolesterol jahat merupakan pilihan yang tepat.

Selain itu, ikan salmon juga berguna untuk kesehatan jantung serta mencegah serangan jantung dan stroke. Namun dalam mengonsumsinya hindari dengan cara digoreng. Anda bisa mengonsumsi ikan salmon yang dimasak dengan cara dikukus.

Herbal penurun kolesterol jahat dari coklat

Siapa yang tidak suka dengan coklat? Makanan manis ini memang banyak penggemarnya. Rupanya, coklat juga berguna sebagai herbal penurun kolesterol jahat.

Bahkan penelitian menujukkan mengonsumsi coklat hitam atau bubuk selama satu bulan berguna untuk menurunkan kadar kolesterol hingga 5 mg.

Herbal penurun kolesterol jahat dari bayam

Sayur yang satu ini dikenal dengan kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Sama halnya dengan gandum, serat inilah yang berguna untuk menyerap kadar kolesterol jahat dan mengeluarkannya. Sehingga mengonsumsi bayam baik untuk herbal penurun kolesterol jahat.

Bukan hanya itu saja, bayam juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Anda bisa mengonsumsi bayam yang dimasak sebagai sup.

Herbal penurun kolesterol jahat dari kacang – kacangan

Herbal penurun kolesterol jahat selanjutnya berasal dari kacang – kacangan, seperti almond, kacang mede atau kenari. Pasalnya, makanan ini memiliki kandungan asam lemak tak jenuh.

Kandungan inilah yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, juga berguna untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Penelitian menunjukkan mengonsumsi 2 ons kacang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 5 persen. Adapun kandungan lainnya yang ada di dalam kacang – kacangan, seperti vitamin E, magnesium dan phytochemical.

Herbal penurun kolesterol jahat dari biji – bijian

Biji – bijian seperti kedelai, lentil dan masih banyak lagi bisa dijadikan sebagai herbal penurun kolesterol jahat. Bahkan mengonsumsi biji-bijian juga baik untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil. Pasalnya, di dalam makanan ini memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah.

Selain itu biji-bijian juga tidak mengandung kolesterol. Bahkan mengonsumsinya bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Herbal penurun kolesterol jahat dengan tomat

Kandungan likopen di dalam tomat inilah yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Dengan begitu, bisa dikatakan tomat menjadi salah satu herbal penurun kolesterol jahat. Anda bisa mengonsumsi tomat secara langsung atau dibuat sup atau jus.