Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

manfaat jagung

Manfaat Jagung –  Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang kaya karbohidrat yang sangat penting di dunia, selain padi dan gandum. Butir jagung adalah makanan pokok bagi para penduduk di Amerika Tengah dan Selatan. Begitu juga bagi sebagian penduduk Indonesia dan Afrika.

Saat ini, jagung sudah menjadi bagian penting untuk dijadikan pakan ternak. Pemanfaatan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan menjadi bahan dasar pembuatan tepung maizena. Berbagai macam produk turunan dari jagung menjadi bahan baku berbagai produk kosmetika, kimia, dan industri farmasi.

Hal yang terpenting dari jagung aalah bijinya (grain). Bijian jagung ini dalam arti buah dan biji yang menyatu. Sebagian besar massa bijian diisi oleh endosperma yang kaya kan karbohidrat. Dari jumlah yang dihasilkan, jagung telah menjadi bahan makanan pokok bagi manusia, setelah beras dan gandum. Jagung utuh dapat dipanggang, digoreng, ataupun disangrai.

Jagung kering bisa dihaluskan menjadi tepung jagung (maizena). Maizena merupakan tepung jagung yag digunanakan untuk membuat berbagai olahan pangan dan kue, serta sebagai bahan baku untuk pembuatan mie bihun, di Amerika Serikat, pecahan biji jagung yang kasar diolah menjadi makanan untuk sarapan yang sangat populer yaitu corn flakes.

Kandungan Gizi Dalam 100gram Jagung

  • Air (63,5g)
  • Energi (129 kal)
  • Protein (4,1g)
  • Lemak (1,3g)
  • Karbohidrat (30,3g)
  • Vitamin A (117IU)
  • Vitamin B1 (0.18mg)
  • Vitamin C (9mg)
  • Serat (2.9g)
  • Kalsium (5g)
  • Fosfor (108mg)
  • Zat Besi (1.1mg)

Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

Jagung merupakan sumber karbohidrat ketiga setelah beras dan gandum. Karbohidrat sangat diperlukan oleh tubuh untuk mementuk energi, yang akan kita gunakan untuk beraktivitas. Bukan hanya karbohidrat saja, jagung juga mengandung banyak nutrisi dan mineral penting lainnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Menyehatkan Organ Pencernaan

Jagung kaya akan serat yang sangat baik untuk kesehata pencernaan. Serat dapat memperlancar buang air besar dan dapat mencegah sembelit. Bagi anda yang memiliki tubuh gemuk dan sulit buang air besar, konsumsi jagung sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan atau sulit buang air besar.

Memperkuat Tulang

Nutrisi yang terkandung dalam jagung seperti , besi, tembaga, fosfor, dan magnesium merupakan mineral esensial yang dapat membantu memperkuat tulang anda. Kandungan nutrisi mineral esensial ini berguna untuk membentuk dan menjaga kesehatan tulang anda sehingga tulang menjadi lebih kuat dan tidak rapuh.

Mencegah Anemia Dan Meningkatkan Sistem Imun

Selain bayam, jagung juga dapat membantu menyembuhkan anemia. Hal ini karena, jagung mengandung vitamin B12 yang telah terbukti dapat mencegah anemia yang disebabkan oleh kekurangan sel darah merah dan vitamin. Selain itu, jagung juga memiliki kandungan vitamin B2 yang aktif berperan untuk melindungi keseimbangan sel tubuh, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sumber Kalium

Kalium memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh yaitu sebagai elektrolit yang berperan untuk mengatur keseimbangan air dan tingkat cairan di dalam tubuh, sehingga organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Sifat diuretic pada kalium ini sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan pembuangan air seni, sehingga dapat mencegah batu ginjal, infeks saluran kemi, dan manurunkan kadar asam urat.

Baca juga: manfaat beras merah

Melindungi Jantung

Jagung mengandung vitamin C, bioflavonoid, dan karotenoid yang berfungsi untuk mengontrol kadar kolestrol dalam darah, serta membantu meningkatkan sirkulasi darah untuk diangkut ke seluruh tubuh. Menurut para peneliti, minyak jagung memiliki efek anti-aterogenik atau sifat HDL (kolestrol baik) yang fungsinya membawa kolestrol bebas di dalam sirkulasi darah lalu mengeluarkannya lewat empedu, sehingga kolestrol tidak menumpuk pada dinding pembuluh darah. Hal ini dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Penumpukan kolestrol pada pembuluh darah dapat menyebabkan penyakit berbahaya yang dapat membuat pembuluh darah mengeras dan pecah sehingga dapat menyebabkan stroke. Selain itu jagung dapat menurunkan risiko arteri terumbat oleh kolestrol, sehingga dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung.

Menyehatkan Mata

Mengonsumsi jagung sangat baik untuk kesehatan mata anda. Kandungan karotenoid di dalam jagung dapat mengurangi risiko degenerasi makula. Selain itu, kandungan karotenoid lutein dan zeaxanthin pada jagung juga juga mampu menurunkan risiko terkena katarak pada kalangan lansia, yang umumnya rentan terkena katarak.

Sumber Energi Utuh

Energi sangat diperlukan oleh tubuh untuk beraktivitas, dalam 100 gram jagung terdapat 342 kalori yang menjadi sumber energi yang cukup penting. Selain itu jagung juga mengandung vitamin B berupa zat thiamin dan niacin yang sangat bermanfaat untuk tubuh dan pikiran. Konsumsi jagung sebelum beraktitas karena jagung merupakan sumber kalori yang dapat membantu meningkatkan energi tubuh.

Sumber Protein

Dalam setiap 100 gram bijian jagung terdapat 9.2 gram protein. Tubuh memerlukan protein untuk membantu pembentukan jaringan otot baru dan menginkatkan kinerja sel dalam tubuh. Jagung umumnya digunakan sebagai pakan ternak karena kandungan proteinnya cukup tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk hewan ternak besar seperti sapi dan kerbau.

Sumber Asam Linoleat

Jagung mengandung asam linoleat yang merupakan asam lemak esensial yang bersidat tidak jenuh dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Asam lemak esensial adalah asam yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh sehingga kita perlu mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak ini, khususnya seperti jagung. Asam lenoleat ini berperan sebagai asupan dan pengangkutan vitamin D ke seluruh tubuh.

Sumber Asam Folat

Asam folat memiliki peran yang cukup penting bagi ibu hamil, hal ini karena, jika seorang ibu hamil kekurangan asupan asam folat maka dapat mempengaruhi pertumbuhan janin. Manfaat penting lainnya dar asam folat bagi ibu hamil adalah sebagai pencegah bayi cacat lahir dan kekurangan berat badan. Selain itu, jagung juga sangat bermanfaat untuk dikonsumsi ibu menyusui karena dapat memperlancar ASI.

Mencegah Kanker

Kandungan flavonoid dalam jagung berfugsi sebagai antioksidan yang mampu melawan dan mengeluarkan radikal bebas pemicu kanker. Jagung juga merupakan sumber senyawa fenolik dan asam ferulic yang sangat efektif untuk mencegah tumor pada payudara dan hati.

Kaya Akan Mineral

Jagung sangat kaya akan mineral yang dapat menguntungkan bagi tubuh. Kandungan mineral dalam jagung diantaranya yaitu, mangan, zat besi, seng, dan tembaga juga bisa ditemukan di semua vaitetas jagung. Kandungan mineral berupa selenium, yang umumna sangat sulit ditemukan dalam bahan makanan lainnya. Fosfor berperan sangat penting dalam membentuk tulang yang sehat dan meningkatkan fungsi ginjal agar lebih optimal. Magnesium pada jagung juga dapat membantu menjaga detak jantung agar normal dan meningkatkan kepadatan tulang.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Jagung merupakan sumber timin yang berperan dalam reaksi enzimatik pusat produksi energi dan fungsi sel otak. Hal ini sangat dibutukan untuk sintesis asetilkolin, yaitu sebuah neurotransmitter yang sangat penting unuk memori otak dan mencegah terhadap gangguan yang beraitan dengan penyakit alzheimer serta pikun karena usia.

Menurunkan Kolestrol Jahat

Menurut Journal of Nutritional Biochemistry, mengonsumsi minyak jagung dapat membantu menurunkan kolestrol LDL (kolestrol jahat). Jika kolestrol menumpuk dalam pembuluh darah dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke.

Mengurangi Risiko Wasir

Secangkir jagung mengandung serat sebesar 18.4% dari jumlah kebutuhan serat harian yang disarankan. Serat dapat mencegah masalah gangguan pencernaan seperti ambeien dan sembelit. Seperti yang kita ketahui, serat dapat membantu memperlancar buang air besar, sehingga merangsang gerak peristaltik dan produksi asam lambung dan empedu. Hal ini tentunya dapat Menurunkan risiko terkena diare.

Mengontrol Diabetes Dan Hipertensi

Sering mengonsumsi buah-buahan sehat dan sayuran seperti jagung, dapat membantu mencegah berbagai penyakit, khususnya diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa, mengonsumsi bijian jagung dapat membantu kinerja insulin dan sangat efektif untuk tekanan darah tinggi, hal ini karena phytochemical fenolik di dalam bijian jagung. Fitokimia berguna untuk mengatur penyerapan dan pelepasan insulin di dalam tubuh, yang dapat mengurang kemungkinan buruk untuk penderita diabetes.

Manfaat Jagung Untuk Kecantikan

Jagung muda dapat menjadi bahan untuk membuat masker alami yang sangat baik untuk kecantikan kulit. kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat didalamnya mampu menutrisi kulit baik dari dalam maupun luar. Di dalam jagung muda terkandung vitamin A, Vitamin C, niacin, thiamin, mineral, dan antioksidan yang cukup tinggi. Berikut ini beberapa manfaat jagung muda bagi kecantikan.

Menghaluskan Kulit

Bagi anda yang ingin memiliki kulit halus, anda bisa mencoba menggunakan masker dari jagung muda. Hal ini berkat kandungan vitamin A, vitamin C dan lycopene di dalam jagung muda yang terbukti ampuh membuat kulit menjadi lebih halus dan kenyal.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel kulit mati pada kulit dapat membuat kulit terlihat kusam. anda bisa menggunakan masker dari jagung muda untuk mengatasinya. Kandungan antioksidan dan pati jagung muda dipercaya sebagai bahan alami yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati.

Melindungi Dari Sinar UV

Jagung muda merupakan sumber beta-karoten yang cukup baik untuk melindungi kulit dar paparan sinar matahari. Dikatakan juga bahwa, jagung muda dapat meningkatkan produks kolagen yang dapat membantu membuat kulit menjadi nampak lebih sehat dan halus.

Baca juga: manfaat kacang merah

Menjaga Kelembaban dan Elastisitas Kulit

Jagung manis muda memilki khasiat yang terbukti ampuh untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit. Hal ini karena kandungan vitamin A di dalam jagung muda yang dapat menjadi sumber vitamin bagi kulit. Vitamin A merupakan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh dan kulit. Selain itu vitamin  juga dapat meremajakan kulit anda sehingga kulit akan menjadi lebih kencang.

Cara Membuat Masker Jagung

  1. Ambil biji jagung muda lalu kupas dan cuci hingga bersih
  2. Parut atau blender hingga menjadi halus.
  3. Lalu oleskan pada wajah secara merata, diamkan hingga kering
  4. Setelah itu bilas dengan air hangat, lalu bilas lagi dengan air dingin.
  5. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jagung  pada umumnya digunakan sebagai pakan ternak, prosesnya yaitu jagung dikeringkan lalu digiling untuk dicampurkan sebagai makanan unggas seperti ayam atau burung. Hal ini karena kandungan protein pada jagung yang cukup tinggi sehingga jagung kerap menjadi pilihan sebagai pasokan makanan yang baik untuk hewan. Di Indonesia makanan dari produk hewani pun masih menjadi tradisi, jadi tak heran peternak berlomba-lomba untuk membuat hasil ternak menjadi lebih dengan memberi pakan ternak berupa jagung.

Selain sebagai pakan ternak, anda bisa mengonsumsi jagung direbus atau dibakar, jika dirasa anda belum bsa menikmatinya, anda bisa membuat bubur dari jagung lalu dicampurkan dengan ayam ini sangat lezat rasanya. Ada beberapa olahan jagung yang hampir semua lapisan masyarakat pernah mengonsumsinya yaitu sayur asam, nah sayur asam biasanya terdapat potongan jagung. Anda bisa membuat banyak kreasi masakan dari jagung, selain rasanya lezat, jagung juga menyehatkan.