Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ketahui Penyebab Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan merupakan salah satu kelainan pada struktur jantung yang sudah muncul sejak masih dalam kandungan ataupun bayi. Penyakit bawaan ini memang sangat mengganggu kinerja jantung untuk menyalurkan oksigen dan memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Oleh sebab itu, tidak heran jika penyakit ini sangat berpotensi untuk membahayakan nyawa penderitanya. Pada dasarnya, penderita penyakit jantung ini disarankan agar selalu memantau kondisi jantungnya, meskipun saat ia masih kecil sudah pernah diobati. Hal ini sangat penting dilakukan agar dapat mendeteksi jika terdapat tanda-tanda atau gejala yang dapat membahayakan nyawa penderitanya.

Penyebab Penyakit Jantung Bawaan

Congenital heart disease atau penyakit jantung bawaan dapat terjadi karena adanya berbagai gangguan pada proses pembentukan serta perkembangan organ jantung saat masih dalam kandungan. Perlu Anda ketahui, struktur jantung terbagi menjadi empat ruang yang masing-masing ada di bagian kanan dan kiri yakni 2 bilik jantung atau ventrikel dan 2 serambi jantung atau atrium. Ventrikel dan atrium bagian kanan berguna untuk menerima darah dan memompanya ke paru-paru.

Sementara ventrikel dan atrium kiri berfungsi mengikat oksigen pada paru-paru, darah setelahnya kembali ke jantung. Kemudian ventrikel kiri ini juga berperan untuk memompa darah dan oksigen ke seluruh bagian tubuh melalui aorta. Pada dasarnya, proses kinerja jantung ini akan berbeda jika Anda menderita penyakit jantung. Sebab putaran darah di organ jantung akan terganggu dengan adanya struktur jantung yang abnormal, termasuk ruang jantung, struktur katup, arteri serta septum yang merupakan dinding penyekat yang memisahkan ruang organ jantung.

Berbicara mengenai penyebab penyakit jantung memang saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab utama gangguan pada struktur jantung ini. Meskipun begitu, terdapat banyak faktor yang menjadi pemicu meningkatnya risiko penyakit jantung ini, seperti diabetes, alkohol, flu, infeksi rubella,  obat2an, merokok hingga faktor genetik.

Info terapi penyakit jantung : Dr Laser Untuk Jantung

Gejala Penyakit Jantung Bawaan

Pada dasarnya agar bisa mencegah dan mengobati penyakit jantung bawaan, Anda diharuskan untuk terlebih dahulu mengetahui gejala yang ditimbulkan oleh penyakit jantung. Sebenarnya, terdapat banyak sekali gejala yang terlibat dan akan Anda rasakan saat terserang penyakit jantung. Untuk lebih jelasnya, berikut akan diulas beberapa gejala penyakit jantung yang harus Anda ketahui, yaitu:

• Mudah merasa lelah
  • Mengeluarkan keringat berlebihan
  • Tidak nafsu makan
  • Nafas terasa pendek dan cepat
  • Terasa sakit pada bagian dada
  • Berat badan menurun
  • Kesulitan saat melakukan aktivitas tertentu seperti olahraga
  • Aritmia atau detak jantung yang tidak beraturan
  • Kulit menjadi kebiruan atau sianosis
  • Pembengkakan pada jaringan dan organ tubuh
  • Kelainan pada ujung jari serta kuku atau clubbing fingers

Demikianlah, semoga dengan adanya beberapa ulasan ini dapat berguna dan menjadi bacaan tambahan bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai penyebab dan gejala penyakit jantung bawaan.