Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan

Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan – Manfaat kacang merah atau kacang merah basar adalah salah satu jenis kacang-kacangan phaseolus vulgaris yag termasuk dalam polong polongan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sesuai dengan namnya kacang merah berwarna merah sedangkan kacang hijau berwarnah hijau berbeda dengan kacang tanah yang tidak berwarna seperti tanah hehe, kacang tanah sering diolah menjadi campuran makanan yaitu es kacang merah dan sayur kacang merah, saya pun pernah memakan es kacang merah uhh rasanya enak banget gengs.

Kacang merah memiliki kandungan asam folat, serat, kalsium, karbohidat kompleks, dan protein yang sangat bermanfaat untuk tubuh, kandungan serat dalam kacang merah juga berperan seebagai agen penurun kadar kolestrol dalam darah, dan memberi perasaan kenyang yang lebih lama.

Selain kandungan gizi diatas, kacang merah juga mengandung vitamin B6, thiamin, fosfor, mangan dan besi yang sangat tinggi walaupun kacang merah dikeringkan sekalipun. Dalam 100 gram kacang merah kering yang telah direbus, terkandung 9 gram protein yang dapat melengkapi 17% gizi yang dibutuhkan oleh tubuh

Untuk kacang merah jenis kidney bean, dalam 100 gram-nya mengandung asam amino dan protein yang cukup tinggi, adapun jumlah kandungan yang dimiliki kacang merah yaitu sebesar 1323 mg asam glutamat, 1049 mg asam aspartat, 595 mg lysine, 693 mg leucine, 537 mg arginin, 472 mg serine, 368 gram prolin, 393 glycine, serta kandungan nutrisi lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan

Kacang merah mengandung potasium yang tinggi, serat, zat besi, antioksidan folat, dan berbagai mineral lainnya yang diperlukan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi kacang merah yang cukup, seseorang dapat menurunkan risiko terkena berbagai macam penyakit yang membahayakan nyawa, kacang merah juga dipercaya dapat membuat anda mendapatkan tubuh yang ideal.

Menyehatkan Jantung

Dengan mengonsumsi kacang merah yang cukup berarti anda telah menyayangi jantung anda. Dalam 100 gram kacang merah terdapat setidaknya 15 gram serat, hampir mmenuhi kebutuhan serat yang dibutuhkan setiap hari, yaitu 25 gram. Meski tidak dapat membantu mencegah masalah pada jantung, namun kacang merah memiliki kandungan potasium yang baik untuk jantung

Potasium yang cukup dapat membantu jantung berdetak dengan baik jika anda memiliki masalah pada ritme detak jantung, asupan potasium yang cukup bagi tubuh juga dapat membantu jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh, serta dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Asupan potasium per hari yang disarankan adalah 4700 mg. sedangkan dalam 100 gram kacang merah setidaknya terdapat 1406 mg potasium.

Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan serat dalam kacang merah bukan hanya berguna untuk menjaga kesehatan jantung, namun dapat membantu mencegah kanker. Pada sebuah studi menunjukan bahwa mengonsumsi kacang merah yang cukup serat dapat menurunkan risiko kanker, serta kandungan antioksidan di dalam kacang merah juga memiliki kadar yang tinggi, sehingga dapat membantu anda dalam mengecilkan risiko terkena kanker tertentu.

Baik Untuk Penderita Diabetes

Kacang merah memiliki rasa yang enak dan salah satu jenis kacang yang sangat baik jika dikonsumsi oleh para penderita diabetes, kacang merah juga digadang-gadang mampu mengendalikan tingat gula darah, serta indeks glikemik yang baik untuk penderita diabetes.

Selain itu kandungan serat dalam kacang merah juga dapat membantu mengotrol gula darah di dalam tubuh. Para penderita diabetes disarankan untuk makan kacang merah dalam bentuk kaleng tanpa sodium atau kacang merah kering sekali dalam seminggu untuk menjaga dan mengendalikan kadar gula darah.

Menurunkan Kadar Kolestrol Jahat LDL

Kacang merah mampu menurunkan kadar kolestrol jahat didala tubuh dan memperlancar pencernaan, ini karena kandungan serat yang tinggi pada kacang merah yang dapa membantu pencernaan tubuh dalam menggiling makanan. Selain itu kandungan omega 3 dan 6 juga berperan baik dalam meningkatkan penghancuran kolestrol jahat LDL

Meningkatkan Memori Otak

Kacang merah dapat memberikan manfaaat yang menakjubkan bagi otak kita. Di dalam kacang merah banyak mengandung vitamin K , yang sangat bermanfaat untuk memberikan nutrisi yang penting untuk otak dan sistem saraf. Selain itu kandungan vitamin B pada kacang merah memiliki hubungan yang sangat erat terhadap dungsi sel-sel otak dan saraf. Kandungan thiamin dan vitamin B1 jga diperlukan dalam proses neurotransmitter untuk memori otak.

Melancarkan Sistem Pencernaan

mengkonsumsi kacang merah juga dapat melancarkan sistem pencernaan, sistem penceraan yang lancar pun akan membuat tubuh menjadi sehat, hal ini karena kandungan serat yang dimiliki oleh kacang merah yang sangat bermanfaat untuk membantu gerakan usus agar menjadi sehat, jika mengonsumsi kacang merah dalam porsi yang cukup, kacang merah dapat membantu membersihkan pencernaan dan melancarkan sistem pencernaan.

Sebagai Sumber Energi

Kacang merah mengandung zat besi cukup tingg yang dapat membantu meningkatkan energi dalam tubuh. Dalam porsi tertentu kacang merah dapat memenuhi kebutuhan energi harian utnuk membantu tubuh saat beraktivitas, dalam satu porsi kacang merah yang sudah dimasak, mengandung lebih dari 5 mg zat besi, setara dengan 30% angka kebutuhan gizi harian, energi saat proses metabolisme tubuh, juga membutuhkan zat besi.

Baik Dikonsumsi Saat Diet

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dan memiliki tubuh yang ideal, banyak orang yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, namun bukannya berat badan yang turun malah sakit yang didapat, diet yang sehat adalah memenuhi nutrisi dan makan makanan yang kaya akan serat serta menakar jumlah kalori yang akan dikonsumsi, serta menghindari lemak jenuh.

Kacang merah dapat membantu program diet sehat anda, hal ini karena kacang merah mengandung serat tidak larut yang dapat merangsang pergerakan usus dan melancarkan pencernaan, sehingga dapat mencegah sembelit dan membantu melancarkan pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Baik Untuk Ibu Hamil

Pada masa-masa kehamilan wanita membutuhkan banyak asupan nutrisi seperti zat besi. Zat besi merupakan zat dasar yang berguna untuk membentuk hemoglobin (kandungan senyawa yang dimiliki darah merah dan berfungsi untuk mengikat oksigen) yang sangat berguna untuk pertumbuhan janin dan plasenta. Pada masa kehamilan seorang wanita akan mengalami peningkatan jumlah darah sekitar 50% dalam tubuh. Sehigga Ibu Hamil memutuhkan zat besi untuk membentuk sel-sel darah baru dan untuk mengikat okisgen bagi kepentingan seluruh tubuh dan sang bayi.

Kekurangan zat besi saat masa kehamilan dapat memunculkan risiko seorang wanita hamil menjadi depresi, lemah, kelelahan dan mudah marah selama masa kehamilan. Selain itu kekurangan zat besi juga dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan pada bayi seperti, bayi lahir prematur, berat bayi kurang, atau bayi meninggal didalam perut, konsumsilah kacang merah dan makanan yang kaya akan nutrisi untuk menjaga kesehatan janin dan diri anda saat masa masa kehamilan.

Manfaat Kacang Merah Untuk Kecantikan

Kacang merah memiliki kandungan vitamin B2 yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan dapat membantu menjaga kecantikan kulit, selain itu kacang merah juga tinggi serat, membuat kenyang lebih lama, menjaga kecantikan kulit, dan juga bisa mengatasi masalah kulit lainnya. Kacang-kacangan juga terkenal sebagai salah satu super food yang baik untuk diet dan membentuk tubuh yang ideal.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat kacang merah selain dapat menyehatkan tubuh, tetapi dapat menjaga keremajaan tubuh, kacang merah memiliki kandungan antioksian yang tinggi bahkan melebihi sayuran dan buah-buahan tertentu, dibandingkan antara kacang-kacangan lainnya seperti kacang tanah dan kacang kedelai, kacang merah ternyata lebih banyak mengandung antioksidan dalam mencegah penuaan dini.

Semakin gelap warna kacang merah semakin tinggi juga kandungan antioksidannya. Antioksidan dapat membantu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel pada tubuh. Radikal bebas inilah yang dapat memicu penuaan dini.

Baca juga: manfaat bengkoang untuk kecantikan dan kesehatan

Mengangkat Sel Kulit Mati

Exfoliator adalah komponen berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Dalam produk kosmetik yang sering kita gunakan biasanya dikenal dengan exfoliator sebagai scrub, yaitu butiran kecil yang kerap terasa kasar saat kita gunakan dan ini umumnya terdapat dalam produk pembersih wajah. Kacang merah juga bisa anda jadika sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati atau sebagai exfoliator, sehingga membuat wajah anda lebih cerah berikut cara membuat scrub dari kacang merah

Cara Membuatnya

  • Cuci kacang merah lalu haluskan dengan blender.
  • Bubuk kacang merah dapat anda simpan dalam toples.

Cara Menggunakannya

  • Campurkan bubuk kacang merah dengan air hingga membentuk pasta.
  • oleskan pada wajah dan damkan selama 20 menit lalu bilas.
  • lakukan perawatan dengan ini selama 2-3x seminggu

Meski baik untuk kesehatan tubuh, kacang merah juga dapat menyebabkan gas dalam usus, oleh sebab itu masih perlu dilakukan olahan lagi untuk kacang merah untuk menurunkan kadar gas didalam kacang merah, caranya hanya dengan merebus kacang merah hingga mendidih dan kacang mejadi lunak, anda juga bisa mengganti air rebusan kacang merah beberapa kali dan usahakan hindari penggunaan air bekas rendaman kacang kacang merah, karena air tersebut dapat menyerap gas dari kacang merah, sehingga memproduksi gula yang sulit dicerna oleh tubuh.