Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

manfaat kacang tanah

Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Kacang Tanah termasuk golongan kacang-kacangan atau polong-polongan. Kacang tanah menjadi populer di indonesia dan sangat sering menjadi cemilan saat acara tertentu seperti saat menonton sepak bola, kacang tanah selalu menjadi pilihan karena mudah didapatkan dan memiliki rasa yang enak.

Olahan kacang tanah dapa kita jumpai ditempat umum dijual diemperan jalan atau supermarket dalam bentuk yang digoreng atau direbus, dalam olahan makanan di Indonesia kacang tanah umumnya sebagai bahan campuran untuk membuat pecel dan gado-gado yang sangat terkenal dan digemari oleh turis mancanegara.

Kacang tanah juga sering dijadikan campuran untuk mmbuat salad dengan mencampur berbagai macam jenis sayuran, jika mengkonsumsi sayuran dan kacang tanah secara bersamaan tentu sangat baik untuk kesehatan tubuh karena khasiat yang terkandung dalam sayuran dan kacang pasti sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Kacang Tanah

Kacang tanah memiliki kandungan nutrisi yang penting dan lengkap bagi tubuh, kacang tanah merukapan salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki gizi yang baik dari suku kacang-kacangan. Nutrisi serta manfaat kacang tanah dipercaya sama dengan nutrisi dan manfaat dari kacang kedelai (soya). Segenggam kacang tanah mengandung:

  • 828 kalori (8% AKG Harian)
  • 72 gram lemak (110% AKG Harian)
  • 37 gram protein (73% AKG Harian)
  • 24 gram karbohidrat (8% AKG Harian)
  • 12 gram serat (19% AKG Harian)
  • 10 gram lemak jenuh (50% AKG Harian)

Vitamin

Satu porsi kacang tanah mentah memberi asupan 110% dari asupan makanan refrensi untuk niacin, 88% untuk folat, 81% untuk vitamin E, 78% untuk tiamin, 30% untuk vitamin B6, dan 15% untuk riboflavin. Vitamin ini berguna untuk membantu melindungi tingkat vitamin A dan vitamin C di dalam tubuh, menambah nafsu makan, serta mampu menjaga pencernaan agar sehat, memetabolisme dan membantu kulit, metadan kesehatan neurologis. Kandungan folat juga dapat membantu mengecilkan risiko terkena penyakit jatung dan mencegah cacat lahir tulang belakang dan saraf.

Mineral

Satu porsi kacang tanah mentah, memiliki kandungan 58% magnesium, 44% fosfor, 43% seng, 37% zat besi, 22% kalium dan 10% kalsium. Mineral yang terkandung dalam kacang tanah inidapat membantu ulang dan menjaga kesehatan gigi,pembekuan darah, kontraksi otot, metabolisme, dan sistem kekebalan tubuh. Mineral juga sangat bermanfaat untuk mengecilkan risiko terkena penyakit kanker tertentu, penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Lemak

Kacang tanah mentah mengandung lemak, tapi hanya 19% lemak jenuh, dan sisanya 81% merupakan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak jenuh dapat membuat kadar kolestrol menjadi semakin tinggi dan dapat memicu diabetes tipe 2 dan penyakit arteri, namun kandungan lemak tak jenuh pada kacang bekerja sebaliknya, dan dapat menurunkan kadar kolestrol dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dan penyakit arteri koroner, jadi konsumsilah kacang secukupnya.

Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan

Manfaat & khasiat kacang tanah bagi kesehatan bisa kita dapatkan dengan berbagai cara konsumsi mulai dari kacang goreng atau kacang rebus, mengkonsumsi selai kacang 2 sendok seminggu sekali dapat membantu menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit berbahaya serta dapat memelihara tubuh untuk menjaga kesehatan.

Mencegah Penyakit Jantung

Mengkonsumsi kacang tanah seara teratur dan dalam jumlah yang disarankan, dapat membantu menjaga kesehatan jantung anda. Di dalam kacang tanda terdapat asam oleat yang sangat baik untuk jantung, dimana dapat menurunkan risiko kardiovaskular yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner.

Untuk mendaptkan manfaat dari kacang tanah usahakan untuk tidak menggoreng kacang tapi mengkukusnya atau direbus, manfaatnya akan lebih terasa dibandingkan dengan digoreng.

Mencegah Kanker Usus Besar

Kacang tanah sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker usus besar terutama bagi wanita. mengkonsumsi setidaknya dua sendok selai kacang dua kali selama seminggu dapat menurunkan risiko terkena kanker usus besar pada waniti hingga 58% dan pada pria hingga 27%.

Menjaga Berat Badan

Para wanita yang mengkonsumsi selai kacang atau kacang tanah rebus setidaknya dua kali selama seminggu cenderung terlindungi dari masalah obesitas (kelebihan berat badan) dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kacang sama sekali, konsumsi selai kacang setiap hari dipagi hari dengan irisan roti, sangat berguna untuk menjaga berat badan anda agar ideal dan dapat menghambat kenaikan berat badan anda secara signifikan.

Mengurangi Rasa Depresi

Manfaat kacang tanah lainnya terdapat kandungan asam amino esensial dengan kandungan tryptophan yang dapat membantu merangsan sorotonin yang berfungsi mengendalikan mood agar tetap baik. Efek yang diberikan tryptophan ada sebagai anti-depressant dan jika dikombinasikan dengan coklat, akan memberi perasaan tenang dan menyenangkan, padukan kedua makanan ini untuk menjadi mood booster anda.

Baik Untuk Ibu Hamil

Pada masa awal kehamilan tubuh seorang ibu hamil memerlukan banyak nutrisi untuk kesehatan pertumbuhan janin, kandungan asam folat dari kacang-kacangan sangat bermanfaat jika dikonsumsi oleh ibu hamil, ini dapat memberi manfaat pencegahan terhadap bayi agar lahir tidak dalam kondisi cacat.

Selain itu bagi ibu hamil yang memerlukan banyak nutrisi untuk perkembangan si buah hati dapat mengkonsumsi kacang-kacangan lainnya yang memiliki kandungan dan manfaat yang sangat berguna seperti kacang hijau dan kacang merah.

Menurunkan Kolestrol

Kolestrol dapat memicu timbulnya berbagai penyakit jika jumlahnya berlebih di dalam tubuh, salah satu manfaat kacang tana adalah dapat menurunkan kadar kolestrol didalam tubuh, kandungan lemak tidak jenuh dan antioksidan yang dimiliki kacang tanah dapat menurunkan kadar kolestrol jahat didalm tubuh anda, jika anda mengkonsumsi kacang tanah secara rutin.

Menstabilkan Gula Darah

Bagi Anda yang memiliki diabetes, tidak ada salahnya menjadikan kacang tanah sebagai cemilan harian anda, ahli kesehatan mengatakan bahwa salah satu manfaat kacang tanah dapat menstabilkan gula darah, di dalam kacang tanah tekandung zat mangan yang dapat mengikat lemak berlebih pada darah.

Saat penyerapan lemak dilakukan secara optimal, maka gula darah dapat distabilkan, oleh sebab itu bagi para penderita diabetes bisa mencoba mengkonsumsi cemilan dari kacang tanah yang direbus karena khasiatnya dapat menstabilkan gula darah.

Menurunkan Risiko Batu Empedu

Batu empedu merupakan cairan empedu yang mengeras atau membatu yang terbentuk dalam kantong empedu. Kandung empedu adalah organ kecil berbentuk seperti buah pir yang terletak di perut bagian kanan, tepat di bawah hati. mengkonsumsi satu ons kacang tanah atau dua sendok makan selai kacang seminggu sekali dapat menurunkan risiko terkena batu empedu atau penyakit kantung empedu hingga 25% dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kacang tanah.

Melindungi Penurunan Kognitif terkait Umur

Peserta penelitian menunjukan bahwa mereka yang mengkonsumsi asupan makanan yang kaya akan niasin seperti kacang tanah 70% enderung lebih terhindar dari penyakit Alzheimer. Makan seperempat cangkir kacang tanah setiap hari sudah memenuhi kebutuhan gizi hampir seperempat dari nilai gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk niacin.

Meningkatkan Kesuburan Wanita

Kacang tanah mengandung banyak asam folat, pada sebuah penelitian menunjukan bahwa wanita yang mengkonsumsi 400 mikrogram asupan harian asam folat sebelum dan saat awal kehamilan dapat menunurnkan risiko memiliki bayi yang terlahir cacat tabung saraf yang serius hingga 70%.

Baca juga: manfaat kencur untuk kesehatan

Meningkatkan Memori Otak

Apakah anda tahu manfaat yang ditemukan di dalam kacang tanah bahwa kacang tanah dapat memberi asupan gizi untuk otak?, hal ini disebabkan karena kacang tanah memiliki kandungan vitamin B3 (niasin konten) yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan fungsi otak normal dan dapat membantu meningkatkan kekuatan memori otak, untuk memperkuat daya ingat.

manfaat kacang tanah

Manfaat Kacang Tanah Untuk Kecantikan

Kacang tanah mmiliki segudang manfaat untuk kecantikan tapi jika anda memiliki jerawat dan acne, saya sarankan untuk tidak mengkonsumsi kacang karena kacang dapat memperparah keadaan jerawat anda, karena kacang tanah dapat memicu timbulnya jerawat, namun jika anda memiliki kulit yang tidak berjerawat atau acne ana bisa melakukan perawatan kecantikan dengan kacang.

  1. Kacang tanah memiliki kandungan asam lemak yang sangat bermanfaat untuk mencegah pembengkakan kulit dan mengurangi kemerahan. Kacang tanah juga mengandung vitamin E, magnesium, dan seng yang berguna untuk menjaga kulit agar lebih bersinar dari dalam dan dapat mengurangi bakteri yang memicu jerawat, serta kandungan protein dalam kacang tanah juga dapat membantu regenerasi sel kulit.
  2. Kandungan asam lemak pada kacang juga dipercaya sangat penting untuk perkembangan sel-sel saraf otak. Sel saraf otak inilah yang berfungsi untuk mengatur atau mengontrol stress dan mood (perubahan suasana ati), serta sebagai pencegah dari berabagai gangguan kulit seperti keriput, garis halus, dan kusam.
  3. Kacang tanah juga memiliki kandungan serat yang berguna untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, racun yang menumpuk didalam tubuh dapat menyebabkan kulit kusam dan minyak berlebih, mengkonsumsi kacang tanh atau selai kacang secara teratur dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga membuat kulit menjadi lebih sehat dan segar.
  4. Selain dapat menjaga kesehatan kulit kacang tanah juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut, kacang tanah memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi, yang berguna untuk memperkuat folikel kesehatan kulit kepala dan dapat membantu menigkatkan pertumbuhan rambut agar menjadi semakin lebat.
  5. Kacang tanah juga merupakan sumber arginin, yaitu jenis asam aminu yang sangat berguna untu membantu menyembuhkan dan mengobati kebotakan sama seperti jeruk lemon dan jeruk nipis, zat ini juga mampu melancarkan aliran darah, jika aliran darah menjadi lancar ke seluruh tubuh, ini dapat memicu rambut tumbuh menjadi sehat dan kuat.

Kacang tanah juga kaya akan lemak dan mengandung protein yang tinggi, serta zat besi, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin K, fosforus, lesitin, kolin, dan kalsium. Kandungan protein pada kacang tanah jauh lebih tinggi dibandingkan telur, daging dan kacang kedelai (soya). Kacang tanah juga dipercaya mengandung senyawa yang dapat membantu menjaga sistem ketahan tubuh untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.