Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

manfaat kangkung

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Kangkung adalah tumbuhan yang termasuk dalam jenis sayur-sayuran yang ditanam sebagai makanan (sayur kangkung). Kangkung bisa kita temukan di pasar-pasar atau pada penjual sayur pada pagi hari, kangkung sering dijadikan pilihan untuk dibuat sayur oleh ibu-ibu rumah tangga, karena kangkung memiliki rasa manis, tawar, dan gurih.

Masakan dari kangkung yang terkenal adalah cah kangkung tauco atau terasi. Jika anda ingin mencobanya, coba cari wewarungan yang terdapat pelecng kangkung di daerah anda. Selain enak dan gurih, kangkung juga harganya cukup murah sekitar Rp.3000,- seikat, siapa sih yang belum pernah makan kangkung, hampir seluruh masyarakat pernah mengonsumsinya, karena kangkung tersebar di seluruh wilayah asia yang umumnya berair.

Kangkung dikenal juga sebagai bayam air, dan merupakan salah satu jenis sayuran berdaun hijau yang terkenal. Faktanya, kangkung mendapat predikat terbaik sebagai makanan sehat di dunia. Di Indonesia sendiri ada dua jenis kangkung yang dibudayakan yaitu kangkung air dan kangkung darat. kangkung air umumnya memiliki daun yang lebih lebar, berwarna hijau gelap, dan bunganya berwarna keungu-unguan. Sedangkan kangkung darat daunnya lebih kecil dengan dan bunganya berwarna putih.

Kandungan Gizi Kangkung

Kangkung memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dari sayuran hijau lainnya, zat yang terkandung dalam kangkung meliputi air/mineral, serat, protein, lemak, energi, zat besi, kalsium, fosfor, karbohidrat, serta vitamin A, C, dan B kompleks.

Setelah mengetahui kandungan zat yang cukup lengkap pada kangkung, tak ada salahnya menjadikan kangkung sebagai menu makan sehat sehari-hari.

Kandungan Kangkung Setiap 100 gram:

  • Vitamin A= 6300 IU
  • Vitamin B1 = 0,07 mg
  • Vitamin C = 32 mg.
  • Energi = 29 kkal
  • Lemak = 0,3 gr
  • Protein = 3 gr
  • Karbohidrat = 5,4 gr
  • Fosfor = 50 mg
  • Zat Besi = 3 mg
  • Kalsium = 73 mg

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh

Kangkung merupakan makanan pembangkit tenaga kaya nutirisi yang bermanfaat bagi tubuh, otak, dan kulit. Selain itu, kangkung memiliki zat besi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah, yang menjadikan kangkung dapat mencegah penyakit anemia.

Berikut ini beberapa manfaat & khasiat kangkung bagi kesehatan tubuh:

  1. Mencegah anemia atau kurang darah.
  2. Menjaga imunitas tubuh dengan antioksidan alami.
  3. Mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar.
  4. Mencegah diabetes & menurunkan kadar gula darah.
  5. Menghentikan mimisan atau pendarahan.
  6. Melindungi mulut dari sariawan dan mulut kering.
  7. Menjaga kesehatan mata dan kejernihan pandangan.
  8. Mengatasi masalah sulit tidur (insomnia)

Mencegah Anemia

Anemia disebabkan karena tubuh kekurangan sel darah merah, sel darah merah ini di produksi pada sumsum tulang, dan untuk itu diperlukanlah zat besi yang cukup untuk membantu proses produksi darah merah, kangkung memiliki kandungan zat besi yang dapat berguna untuk mencegah anemia, hal ini terdapat juga pada ubi jalar dan beberapa jenis kacang seperti kacang merah dan kacang panjang.

Mencegah Diabetes

Potensi kangkung bagi pengobatan herbal alami menjadi terobosan besar terapi pengobatan untuk penyakit diabetes.

Penelitian yang dilakukan oleh Farida dan peneliti dari UII yakni Ari Wibowo, Pinus jumaryatno, dan Arde Toga N menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun kangkung termasuk standar kategori praktis dan pemberian kangkung berulang tidak berpengaruh pada hewan yang dilakukan uji coba.

Pembuatan obat herbal berbahan kangkung pun dapat direalisasikan, papar ahli farmasi (ferida). Selain itu, kangkung dapat menghambat penyerapan gula pada tubuh.

Meningkatkan Kualitas Otak

Kandungan vitamin B kompleks dan omega-3 pada kangkung dapat meningkatkan kinerja otak. Hal ini menunjukkan bahwa kangkung sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang dalam masa pertumbuhan atau belajar, karena kangkung dapat membantu kinerja otak untuk berfikir.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kangkung mengandung vitamin A dan C serta nutrisi penting lainnya seperti beta-karoten. Nutrisi ini berperan sebagai antioksidan yang dapat mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh, sehingga mencegah penumpukan kolestrol yang teroksidasi.

Kolestrol yang terkena proses oksidasi akan menyumbat arteri dan dapat menyebabkan penyakit stroke atau serangan jantung.

Selain itu kandungan folat pada kangkung juga berfungsi untuk mengkonversi senyawa kimia yang berbahaya dikenal dengan sebutan homosistein. Serta, magnesium yang terkandung dalam kangkung merupakan mineral yang dapat menurunkan tekanan darah dan pencegah terhadap penyakit jantung.

Baca juga: manfaat konsumsi bayam

Menyehatkan Mata

Selain manfaat wortel yang dipercaya dapat menajamkan penglihatan mata, faktanya kangkung juga dapat menjaga kesehatan mata, walau tidak sebaik wortel. Hal ini berkat kandungan vitamin A, lutein, dan karotenoid. Tiga kandungan vitamin dan mineral ini yang berperan menjaga kesahatan mata. Selain itu, manfaat lainnya terkait ketiga zat tersebut yaitu dapat membantu mencegah katarak pada mata.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sayuran hijau merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusida atau menjaga sistem imun tubuh. Mulai sekarang ada baiknya anda mengonsumsi sayuran hijau setiap hari untuk meningkatkan sistem imun tubuh, selain itu sayuran hijau juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Menurunkan Kolestrol

Kangkung mengandung nutrisi seperti beta-karoten (antioksidan) dan kandungan mineral lainnya yang sangat dapat membantu mengurangi kolestrol jahat pada tubuh.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa, seseorang yang rutin mengkonsumsi kangkung dapat membantu menurunkan kolestrol secara signifikan dibandingkan dengan mereka yang sama sekali tidak mengonsumsi kangkung.

Mengontrol Jumlah Trombosit

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, kangkung mengandung senyawa kimia tertentu yang dapat mengontrol jumlah trombosit di dalam darah. senyawa ini juga berfungsi sebagai pencegah pembekuan darah pada pembuluh darah jantung dan otak.

Mengobati Sakit Gigi

Banyak orang lebih memilih sakit hati daripada sakit gigi, hal ini tentu betapa dahsatnya sakit yang dirasakan, bahkan saya pun pernah merasakannya dan beranggapan sama. Well, jika anda atau keluarga mengalami sakit gigi coba kunyah kangkung mentah sebagai obat alami untuk meredakan sakit gigi.

Hal ini karena kangkung mengandung minyak esensial berupa euganol yang dikenal sebagai zat anti-septik dan anestesi gigi, sehingga membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

Mencegah Sariawan Dan Gusi Berdarah

Selain Jeruk dan Jambu biji, kangkung juga kaya akan kandungan vtamin C. Pada umumnya kangkung lebih banyak mengandung vitamin C dibandingan dengan buah. vitamin C dapat menjaga kesehatan bibir dan gusi, sehingga terhindar dari sariawan ataupun gusi berdarah.

Pengobatan Penyakit Kuning Dan Masalah Hati

Kangkung sudah lama dijadikan bahan untuk pengobatan ayuverda kuno untuk penyakit kunng dan masalah hati. Sebiah penelitian menunjukkan bahwa, ektrak kangkung dapat memberi perlindungan terhadap bahan kimia pada hati, dengan modulasi enzim detoksifikasi, antioksidan, dan sifat pembersih radikal bebas.

Mengatasi Gangguan Pencernaan Dan Sembelit

Kangkung mengandung cukup banyak serat, hal inilah yang membuatnya sangat baik untuk dikonsumsi, karena serat dapat melancarkan pencernaan sehingga dapat mencegah sembelit (sulit buang air besar) dan gangguan pencernaan lainnya.

Kangkung juga memiliki sifat pencahar ringan yang dapat mengatasi masalah gangguan pencernaan dan sembelit. Anda bisa merebus kangkung dan membuatnya jadi jus untuk mengatasi sembelit.

Meningkatkan Nafsu Makan

Makan yang tidak teratur atau hanya saat lapar saja, itu tidak baik bagi kesehatan tubuh dan dapat memicu datangnya penyakit seperti maag, penyakit ini umumnya menyerang kawula muda yang tidak teratur pola makannya, well kangkung selain memiliki rasa yang enak juga dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini karena kangkung dikenal sebagai obat dispepsia yaitu mengobati gangguan penernaan. Selain itu dapat meningkatkan nafsu makan.

Baca juga: manfaat konsumsi cokelat

Manfaat Kangkung Untuk Ibu hamil

Sayur kangkung aman untuk dikonsumsi ibu hamil dalam porsi yang tidak berlebihan. Dengan mengonsumsi kangkung ibu hamil akan terlindungi sistem imunnya dan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya. Selain itu ada beberapa manfaat lainnya yaitu:

  1. Memelihara fungsi mata ibu hamil
  2. Membantu penyerapan nutrisi lainnya
  3. Mencegah badan terasa lemas dan pucat
  4. Membantu pembentukan tulang pada janin

Manfaat Kangkung Bagi Kecantikan

Hanya dengan mengonsumsi sayur kangkung, anda bisa memperoleh segudang manfaat kesehatan dan juga kecantikan kulit. Jika anda sedang dalam perawatan kecantikan tertentu, konsumsilah makanan berupa sayuran hijau yang kaya kandungan antioksidan seperti kangkung, sehingga dapat menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kulit terlihat kusam dan keriput.

Berikut manfaat yang anda dapat dari rutin mengkonsumsi kangkung:

  1. Mencegah penuaan dini.
  2. Membantu menjaga kesehatan kulit.
  3. Mencegah kerontokan rambut.
  4. Melindungi kulit kepala dari gatal dan berketombe.
  5. Menghilangkan bau badan.
  6. Mencegah haid berlebihan.
  7. Menjaga berat badan agar tetap langsing.

Mengonsumsi kangkung juga dipercaya baik untuk meningkatkan nafsu makan, ada baiknya mengonsumsi kangkung tidak terlalu banyak sebelum memulai aktivitas dipagi hari, karena kangkung dapat memberikan rasa kantuk, yang erat kaitannya dengan masalah insomnia, jadi kangkung akan lebih baik dikonsumsi saat makan malam.

Bagi anda yang ingin menanam kangkung, anda bisa mencoba menanamnya disekitar halaman rumah anda yang bersuhu lembab dan bertanah gembur, tanaman ini tidak sulit untuk tumbuh, asalakan sirkulasi air lancar itu dapat membuat kangkung tumbuh subur. Usahakan untuk mencari tempat yang kelembabannya cukup tinggi.