Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

22 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan 

manfaat kentang

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Kentang adalah tanaman dari suku solanaceae yang dapat dimakan dan disebut kentang pula. Umbi kentang saat ini sudah menjadi makanan pokok penting di Eropa walaupun awalanya kentang berasal dari Amerika Selatan.

Kentang merupakan makanan pokok yang memiliki rasa enak dan sangat bernutrisi di luar negeri kentang dijadikan makanan pokok, sedangkan di Indonesia kentang masih dianggap sebagai sayuran yang mewah, kentang juga mengandung vitamin A, vitamin B-kompleks, vitamin C, mineral, protein, asam folat, karbohidrat, karotenoid, dan polifenol.

Kentang juga mengandung zat solanin yang umumnya dikenal sebagai anti-kejang, anti-jamur, obat penenang dan pestisidal, selain itu kompresan air kentang juga dipercaya dapat membantu pengobatan luka dari kulit, kentang dapat memberi dampak buruk jika terpapar sinar matahari, jadi usahakan kentang berada ditempat gelap dan jangan dimasukan kedalam kulkas

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan

Kentang adalah sumber vitamin yang aik dan mineral seperti mangan, fosfor, dan kalium. Kentang juga mengandung fitonutrien dan antioksidan yang berperan untuk melawan berbagai macam jenis penyakit. Kentang merupakan sayuran rendah kalori dan tinggi serat yang banyak dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan.

Menurunkan Hipertensi

Untuk anda penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) yang masih bingung mengkonsumsi makanan yang baik untuk menjaga tekanan darah, bisa menjadikan kentang sebagai pilihan makanan sehat, kandungan kalium dan kalsium pada kentang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah, untuk hal ini mash diteliti lebih lanjut dan belum ada teori yang membantah pernyataan ini. Ini merupakan angin segar bagi para penderita diabetes untuk mengkonsumsi kentang dengan nyaman.

Mengurangi Kadar Kolestrol

Kentang menganddung zat potasium yang cukup tinggi dan dapat membantu menurunkan kadar kolestrol tubuh, zat potasium berfungsi untuk menghalangi penumpukan kolestrol dalam darah, usahakan mengkonsumsi kentang dalam bentuk direbus bukan digoreng, karena kentang memiliki kalori yang rendah, kentang menjadi sangat baik untuk masuk kedalam makanan dalam menu diet anda.

Mengurangi Resiko Batu Ginjal

Kentang memang mengandung kalsium dan zat besi yang dapat memicu risiko pembentukan batu ginjal, akan tetap kentang juga kaya akan kandungan magnesium yang berfungsi untuk menolak kalsium yang ada dalam jaringan ginjal. Para penderita batu ginal mengharamkan konsumsi kentang karena takut menyebabkan batu ginjal semakin parah, bahkan beragam menu diet juga melibatkan kentang.

Menyehatkan Tulang

Manfaat kentang lannya yaitu dapat menyehatkan tulang, kentang mengandung zat besi yang berguna untuk membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang secara menyeluruh. Kandungan kalsium, zat besi, seng, fosfor, dan magnesium dalam kentang adalah kombinasi yang sempurna untuk membentuk dan membangun struktur serta kekuatan tulang sehingga dapat membuat tulang menjadi lebih sehat.

Kesehatan Saraf dan Otak

Kentang mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin B6 dan potassium yang dapat mempengaruhi kesehatan saraf dan menjaga kesehatan saraf, karena kesehatan sistem berpikir ini snagat penting dan dapat mempengaruhi tubuh agar tidak mengalami gangguan yang tidak diinginkan.

Selain dapat menjaga kesehatan saraf dan sistemnya. Kentang juga bisa membantu menyehatkan otak. Otak adalah pusat pengontrol gerak seluruh tubuh. Jika otak mengalami sesuatu masalah maka tubuh bisa mengalami kematian, oleh karena itu kentang yang mengandung vitamin B6, mineral dan potassium dapat meningkatkan serta menjaga kesehatan otak dan daya berpikir.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Imun atau kekebalan tubuh merupakan hal penting yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, kinerjanya pun harus normal, jika kinerja imun tidak normal maka dapat menyebabkan kesalahan sepeti halnya lupusyang disebabkan imun tubuh menyerang tubuh itu sendiri.

Asupan nutrisi yang sehat dapat membuat imun menjadi sehat pula. Kentang mengandung vitamin C yang cukup tinggi hingga 100 gram per kentang besar atau sudah memenuhi 20% kebutuhan harian individu. Sehingga imunpun terjaga dengan mengkonsumsi kentang yang sehat.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kentang mengandung banyak sekali zat gizi yang dapat membantu menopang kinerja jantung agar menjadi sehat, kandungan seperti vitamin B6, vitamin C, serat, dan kalium serta beberapa gizi lainnya. Selain itu tidak terdapat kandungan kolestrol yang tinggi pada kentang yang memungkinkan ketang sangat baik dikonsumsi untuk memelihara dan menjaga kesehatan jantung.

Membangun dan Membentuk Sel Menjadi Lebih Baik

Kentang mengandung vitamin B6 yang tergolong cukup tinggi, vitamin B6 merupakan salah satu vitamin yang diperlukan oleh tubuh untuk memperoses reaksi kimia yang dibutuhkan untuk membentuk sel dalam tubuh, lebih dari 100 reaksi enzimatik membutuhkan vitamin.

Enzim ini merupakan protein yang menyebabkan terjadinya reaksi kimia dalam tubuh. Sebagian besar asam amino dan protein membutuhkan vitamin B6 untuk sintesis dalam pembentukan DNA dalam tubuh. Oleh karena itu vitamin B6 ini sangat berguna untuk membantu pembentukan sel baru dalam tubuh.

Mengurangi Peradangan

Peradangan umumnya terjadi karena kita terlalu anyak mengkonsumsi makanan yang panas bagi tubuh seperti makanan pedas dan gorengan. Peradangan biasanya terjadi dan menyebabkan rasa panas di dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi kentang yang direbus bukan digoreng dapat membantu menyerap vitamin dan zat besi yang dipercaya dapat membantu menyemuhkan peradangan yang menyebabkan panas pada tubuh.

Mengontrol Nafsu Makan

Kelebihan nafsu makan sangat tidak baik untuk tubuh, selain dapat meningkatkan berat badan dengan cepat dapat juga menimbun kolestrol pada tubuh sehingga tubuh dapat terserang berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Kentang mengandung karbohidrat kompleks yang dapat membantu anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mengontrol nafsu makan ana agar anda tidak banyak mengkonsumsi makanan dalam sekali makan.

Melancarkan Buang Air Besar

Sama manfaatnya seperti manfaat buah apel dan sayur-sayuran lainya, kentang juga dapat membantu melancarkan buang air besar untuk anda yang sering mengalami sembelit (kesulitan buang air besar selama berhari-hari). Kentang ini memiliki kandungan serat sebesar 7% atau sekitar 2,5 gram dalam setiap 100 gram nutrisi kentang. Namun alangkah lebih baiknya anda mengkonsumsi sayuran dan buah lainnya untuk membantu memperlancar buang air besar agar pencernaan menjadi lebih sehat.

Baik Untuk Penderita Herpes

Penyakit herpes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kumat yang menular akibat dari seks bebas, tentu banyak orang yang malu membahas penyakit ini dan bingung menentukan makanan apa yang baik untuk penyakit yang satu ini.

Herpes dikategorikan sebagai penyakit yang ringan, namun jika dibiarkan bisa berbahaya, untuk mengatasui masalah ini anda bisa mencoba mengkonsumsi kentang, karena kentang mengandung bioflavonoid yang dapat mengobati bengkak dan respon dari kulit akibat penyakit herpes.

Mencegah Rasa Nyeri

Banyak tanaman herbal yang menawarkan untuk mengatasi rasa nyeri seperti kencur, namun kentang juga dapat membantu mengatasi nyeri akibat olah raga atau cidera, kandungan vitamin P yang dikenal sebagai bioflavonoid pada kentang dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada tubuh, jadi konsumsilah kentang dalam porsi terntu setelah beraktifitas karena dapat membantu menghilangkan rasa sakit pada tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

manfaat kentang

Manfaat Kentang Untuk Kecantikan

Kentang mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B, C, dan P dan kandungan mineral lainnya yang menjadikan kentang sebagai bahan dalam perawatan kecantikan bukan hanya kesehatan tubuh, selain itu kandungan antioksidan yang kaya pada kentang juga sangat banyak bermanfaat untuk wajah jika digunakan sebagai masker untuk wajah.

Mengatasi Jerawat

Selain manfaat buah-buahan dan tanaman herbal yang dapat mengatasi kentang yang mudah didapat ini juga dapat membantu mengatasi jerawat dan membersihkan wajah dari jerawat yang membandel caranya, kupas kentang lalu cuci bersi, iris tipis-tipis dan tempelkan pada permukaan wajah yang berjerawat, kandungan vitamin B6 pada kentang dapat membantu mengobati dan menyingkirkan jerawat yang menganggu penampilan anda.

Mencerahkan Kulit

Karena banyaknya kandungan vitamin dan protein pada kentang, kentang pun dapat membantu menutrisi kulit secara langsung sehingga membuat kulit menjadi cerah dan sehat, anda bisa mendapatkannya dengan membuat masker dari kentang untuk merawat kulit wajah anda.

Selain itu manfaat dari masker kentang yang digunakan secara rutin dapat membantu mengangkat sel kulit mati, lakukan perawtan menggunakan masker kentang maksimal 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal sehingga anda dapat merasakan wajah yang cerah dan segar.

Mengatasi Mata Bengkak

Banyak orang yang sering mengalami mata bengkak, mata bengkak sendiri terjadi karena kurang tidur atau malah kebanyakan tidur. Anda isa menggunkan kentang sebagai bahan untuk mengobati mata bengkak, karena kandungan vitamin C dan zat besi pada kentang dapat membantu mengatasi mata bengkak disekitar mata.

Caranya, kupas kentang lalu cuci bersih dan parut jangan sampai halus, setelah itu kompres pada mata dengan kapas atau kain pada daerah mata yang mengalami bengkak. Lakukan pengobatan dengan kentang ini 1-2 kali sehari pagi dan sore hari untuk mempercepat mengatasi mata bengkak.

Menyamarkan Garis Halus

Garis halus umumnya terdapat pada kening dan umum terjadi diwajah akibat tersenyum dan tertawa, garis halus pada wajah umumnya terjadi saat usia menginjak 25 tahun, bagi para wanita, garis halus pada wajah merupakan masalah besar dan mengerikan, karena mereka merasa kecantikan mereka dapat berkurang karena garis halus.

kalian bisa menggunakan kentang caranya, kupas lalu cuci kentang lalu haluskan dan oleskan pada wajah yang mengalami kerutan, kandungan vitamin A dan C pada kentang berguna sebagai anti aging atau mencegah penuaan, serta membantu menyamarkan garis halus pada wajah. Lakukan perawatan dengan kentang 2-3 kali seminggu untuk merasakan hasil yang memuaskan.

Menghaluskan Kulit Wajah dan Tubuh

Menjadikan kentang yang mengandung vitamin C sebagai masker alami sangat baik untuk kesehatan kulit, mengkonsumsi kentang dan mengoleskan masker kentang pada permukaan kulit dapat mengoptimalkan penyerapan nutrisi kentang pada kulit.

Hal ini dapat menjaga kelembaban kulit dan membuat kulit menjadi halus, kulit anda bisa menjadi lembut sama seperti menggunakan yoghurt dan susu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa menggunakan masker dari kentang secara teratur setiap minggu.

Baca juga: manfaat kacang merah untuk kesehatan

Mengatasi Lingkaran Hitam Pada Mata

Lingkaran hitam pada mata sangatlah menggangu penampilan bak seerti orang yang kurang tidur, namun anda bisa mencoba merasakan manfaat kentang untuk mengatas lngkaran hitam pada mata dengan cara:

Memotong kentang menjadi beberapa bagian lalu tempelkan pada daerah sekitar mata yang memiliki lingkaran hitam, diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat, lalu bilas lagi dengan air dingin, jika ada rutin melakukan perawatan ini setiap hari dapat menghilangkan mata panda dengan cepat.

Mengatasi Kerontokan Pada Rambut

Kerontokan pada rambut disebabkan oleh beberapa faktor misalnya karena stress atau salah menggunakan produk dari salon sehingga rambut kehilangan nutrisinya, kentang ternyata memiliki manfaat untuk mencegah kerontokan pada rambut

Ini karena kentang memiliki kandungan vitamin A, B6, C serta potassium yang dapat mengatasi kerotoka pada rambut caranya, ampurkan kentang dengan air perasan jeruk nipis atau lemn dan oleskan pada rambut. Lakukan perawatan ini ecra rutin 2 kali seminggu untuk membantu mengatasi masalah kerontokan pada rambut.

Mengatasi Uban Pada Rambut

Masih muda kok sudah beruban?, uban juga umumnya disebabkan oleh masalah pencernaan tertentu seperti gangguan pada ginjal atau penggunaan minyak rambut yang tidak terkontrol, well kentang dapat membantu mengatasi uban pada rambut.

Karena kentang mengandung nutrisi seperti kalsium dan potassium yang bisa menutrisi rambut agar tidak kehilangan pigmentasinya dan menjaganya agar tetap berwarna hitam cara mengatasinya, buat masker dari kentang yang dihaluskan lalu balurkan pada rambut yang beruban, lakukan perawtan ini secara teratur untuk mengatasi uban yang merusak penampilan.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel kulit mati pada wajah dapat membuat wajah terlihat kusam untuk mengatasinya anda bisa mencoba kentang sebagai scrub alami yang lembut bagi kulit caranya, gosokan parutan kentang segar pada kulit wajah dan tubuh yang terlihat kusam, pijat halus dan diamkan selama 10-15 menit lalu bilas bersih, ini dapat membuat kulit anda terlihat segar dan bercahaya.

Hindari mengkonsumsi kentang yang sudah berwarna hijau atau sudah berkecambah dibagian bawah kulit, karena alkaloid solaninnya sangat tinggi dan sudah sangat beracun, di pasaran anda bisa menemukan kentang dibagi-bagi menurut ukuran dan menentukan kualitasnya mulai dari A,B,C, dan D. Kualitas A merupakan kualitas kentang terbaik, ada pula kualitas AB merupakan campuran dari kualitas A dan B, hal ini juga mempengaruhi harga kentang itu sendiri.

Kentang dapat berbahaya jika terpapar cahaya, sehingga kentang dapat membat glikoalkaloid yang disebut solanin secara berlebih, jadi kentang dapat sangat berbahaya jika dikonsumsi, bahaya yang mengancam jika masih saja memaksa untuk mengkonsumsinya adalah terganggunya sistem saraf, sakit kepala, tenggrokan terbakar, lumpuh tungkai (paralisis), dan badan mendingin, jika dosis sudah mencapai 3-6 mg bisa berakibat fatal bagi tubuh, jadi konsumsilah kentang yang sehat dan jauh dari paparan cahaya