Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

7 Manfaat Jus Jambu Merah Yang Dapat Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda

Manfaat Jus Jambu Merah

Indonesia adalah negara subur, dimana banyak tanaman tumbuh dan memberikan manfaat besar bagi penduduknya. Salah satunya adalah jambu merah. Jambu merah mungkin dipandang sebagai buah biasa yang kita konsumsi saat cuaca panas. Buahnya yang mengandung banyak air dapat menyegarkan tenggorokan kita, apalagi bila kita membuatnya menjadi jus. Namun, dibalik kesegaran dari jus buah ini, terdapat banyak khasiat kesehatan yang bisa kita peroleh. Berikut ini beberapa manfaat jus jambu merah yang harus Anda ketahui.

Manfaat Jus Jambu Merah

Baik untuk Sistem Pencernaan

Serat yang terkandung dalam jambu merah sangatlah tinggi. Hanya dengan mengkonsumsi satu buah jambu merah, Anda sudah dapat memenuhi 12% kebutuhan serat harian Anda. Dengan asupan serat yang cukup, maka sistem pencernaan akan dapat menyerap makanan dengan baik, dan proses eksresi juga dapat berjalan lancar. Anda bebas sembelit dan diare.

Dan, berbicara tentang diare, jambu merah juga memiliki efek antimikroba. Efek ini akan dapat mengatasi gangguan pencernaan yang diakibatkan oleh bakteri yang dapat menyebabkan diare. Jadi, dengan mengkonsumsi jus jambu merah secara rutin, gangguan pencernaan ini akan dapat teratasi.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Kandungan serat tinggi dalam jus jambu juga membantu mengatur proses penyerapan gula. Naiknya kadar gula darah akibat makanan juga dapat dibatasi. Tubuh juga akan mampu secara alami menurunkan kadar gula darah.

Untuk penderita diabetes, manfaat ini sangat membantu mereka. Namun, meskipun jus buah ini memiliki manfaat menurunkan kadar gula darah, untuk memasukkannya dalam menu Anda, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Meningkatkan Produksi Trombosit

Jambu merah juga dapat menstimulasi tubuh untuk memproduksi trombosit atau keping darah. Konsumsi jambu merah sering dianjurkan oleh dokter untuk memulihkan kondisi pasien Demam Berdarah. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, proses pemulihan akan dapat berjalan dengan lancar dan cepat. Dan, pasien akan dapat beraktivitas seperti semula.

Baik untuk Kesehatan Mata dan Sistem Imunitas Tubuh

Jambu merah memiliki kandungan Vitamin A dan C yang cukup tinggi. Dan, Anda pasti sudah tahu manfaat dari dua Vitamin ini. Vitamin A sangat baik untuk mata. Dengan mengkonsumsi Vitamin A yang cukup dan rutin, maka kemampuan dan kesehatan mata Anda tidak akan mudah menurun. Hal ini sangat dianjurkan untuk Anda yang sering bekerja dengan komputer.

Menghadapi monitor komputer berjam-jam setiap harinya, akan dapat membuat mata Anda kehilangan daya akomodasi dan fleksibilitasnya. Dengan Vitamin A yang cukup, masalah tersebut dapat teratasi.

Vitamin C dalam jambu merah juga akan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, Anda tidak akan mudah terserang penyakit. Tidak hanya itu. Vitamin C juga dapat membantu tubuh dalam hal regenerasi sel dan proses pemulihan kondisi tubuh. Pemulihan kondisi ini tidak hanya berlaku saat Anda terluka.

Saat Anda capek setelah melakukan kegiatan aktivitas sehari-hari, Vitamin C juga akan dapat memulihkan kondisi tubuh dan menghilangkan capek Anda. Jadi, mengkonsumsi jus jambu merah saat Anda capek, akan sangat membantu.

Baca juga : manfaat jus tomat dan wortel

Mengatasi Masalah Gigi dan Mulut

Ada banyak jenis masalah pada gigi dan mulut yang disebabkan oleh bakteri. Mulai dari sariawan, sakit gigi, gusi berdarah hingga bau mulut, kebanyakan dari masalah tersebut muncul akibat bakteri. Jambu merah memiliki efek antimikroba yang dapat mengontrol serangan bakteri ini. Jadi, dengan mengkonsumsi jus jambu merah secara rutin, maka sistem kekebalan tubuh dapat melawan bakteri tersebut. Tubuh juga akan lebih mudah memulihkan kondisi kesehatan mulut secara alami.

Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam jambu merah juga dapat menjaga kelembaban kulit serta meregenerasi sel-sel kulit. Namun, untuk mendapatkan manfaat maksimal, akan lebih baik bila Anda juga menggunakan suplemen Vitamin C untuk penggunaan eksternal atau langsung pada kulit. Lalu, dipadukan dengan jus jambu merah untuk asupan Vitamin C dari dalam, maka kesehatan kulit Anda akan terjaga. Tidak hanya mengatasi beberapa masalah kulit. Kulit Anda juga akan terlihat mudah, kencang dan indah.

Efek antioksidan dan antimikroba juga sangat penting untuk membuat kulit Anda bebas dari masalah kesehatan yang disebabkan oleh bakteri. Contoh mudahnya adalah jerawat. Jerawat disebabkan oleh kulit yang kotor dan infeksi dari dalam oleh bakteri. Antimikroba dan antioksidan dapat membunuh bakteri pengganggu ini, dan menyembuhkan jerawat dan masalah kulit lain.

Baca juga: manfaat buah alpukat

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Dalam Darah

Jambu merah juga mengandung kandungan flavonoid yang cukup tinggi. Zat ini dapat mengendalikan level kolesterol jahat (LDL) dalam darah, dan meningkatkan kandungan kolesterol baik (HDL). Hal ini sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian. Jadi, akan sangat baik untuk Anda yang memiliki masalah kolesterol untuk memasukkan jus jambu merah dalam menu sehari-hari Anda.

Dengan kandungan kolesterol yang terkontrol, maka Anda juga dapat menurunkan resiko penyakit yang disebabkan oleh kolesterol. Contohnya, mencegah penyakit jantung, stroke atau sejenisnya.

Sebenarnya, masih banyak lagi manfaat jus jambu merah yang bisa Anda temukan. Tapi, beberapa manfaat yang kita jelaskan diatas adalah manfaat paling penting yang harus Anda ketahui. Dan, semoga dengan informasi ini, Anda dapat memanfaatkan buah ini untuk meningkatkan kualitas kesehatan Anda.