Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Bawang Putih dan Madu untuk Kesehatan

Setelah dipelajari, ternyata ada banyak manfaat bawang putih dan madu untuk kesehatan tubuh kita. Bawang putih adalah salah satu bumbu masakan yang paling sering digunakan di dapur. Berbagai jenis makanan tentunya akan terasa semakin enak apabila menggunakan bawang putih. Ini disebabkan karena aroma bawang putih yang sangat kuat.

manfaat-Madu-dan-Bawang-Putih

Madu juga merupakan salah satu bahan alami yang paling sering kita temukan. Madu merupakan hasil kumpulan nektar bunga yang diolah oleh lebah. Bahan ini merupakan pemanis alami yang mengandung zat gula dan disenangi oleh banyak orang.

Keuntungan Bawang Putih dan Madu

Walaupun bawang putih dan madu merupakan bahan-bahan yang mudah ditemukan sehari-hari, ternyata kedua bahan tersebut dapat memberikan banyak sekali keuntungan bagi kita, terutama dalam hal kesehatan. Konsumsi bawang putih dan madu dipercaya dapat membantu kita menjaga kesehatan. Nah, hal ini tentunya bisa sangat menguntungkan untuk kita, mengingat bahwa bawang putih dan madu sangat mudah untuk ditemukan. Apa saja manfaatnya? Mari kita bahas satu per satu.

Sumber Vitamin dan Mineral

Keunggulan pertama dari bawang putih adalah ia mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin dan mineral tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Apabila tubuh kekurangan vitamin dan mineral, maka akan muncul berbagai gangguan dalam tubuh kita.

Bawang putih sendiri mengandung mineral seperti germanium, telurinum, fosfor, magnesium, yodium, tembaga, kalsium, kalium, dan selenium. Sedangkan vitamin yang terkandung di dalam bawang putih antara lain vitamin A, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Kandungan vitamin dan mineral yang lengkap ini semua ada di dalam bawang putih.

Penurun Kadar Kolesterol

Salah satu manfaat bawang putih dan madu yang paling hebat adalah mereka mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita. Campuran bawang putih dan madu dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol tubuh kita secara alami.

Seperti yang kita ketahui, kadar kolesterol yang terlalu tinggi di dalam tubuh kita dapat menyebabkan berbagai penyakit yang sangat merugikan. Kolesterol merupakan akar dari berbagai penyakit yang mempengaruhi metabolisme dari tubuh kita. Penyakit-penyakit yang dapat disebabkan karena kadar kolesterol yang tinggi antara lain penyakit jantung koroner, Diabetes Mellitus, batu kantung empedu, dan bahkan stoke. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menjaga kadar kolesterol kita.

Nah, salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kadar kolesterol adalah dengan mengkonsumsi bawang putih dan madu. Dengan konsumsi madu dan bawang putih yang teratur, maka kadar kolesterol dalam darah kita bisa diturunkan secara alami. Namun, apabila kadar kolesterol anda terlalu tinggi, maka anda harus tetap konsultasi dengan dokter.

Menghilangkan Racun dalam Tubuh

Salah satu manfaat bawang putih dan madu lainnya ialah dapat menghilangkan racun-racun yang ada di dalam tubuh kita. Tubuh kita mengalami perubahan setiap harinya. Metabolisme yang dilakukan oleh tubuh kita dalam mencerna makanan ataupun melakukan aktivitas akan menghasilkan sisa-sisa yang dapat bersifat racun apabila dibiarkan menumpuk di dalam tubuh. Maka dari itu, racun-racun tersebut perlu dihilangkan.

Campuran bawang putih dan madu memiliki sifat anti-toksin, dimana bahan-bahan tersebut dapat menghilangkan racun-racun di dalam tubuh. Selain itu, madu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda. Efek positif dari hal tersebut adalah anda akan menjadi semakin kebal terhadap serangan bakteri atau virus yang dapat menyebabkan sakit.

Bawang Putih dan Madu untuk Stroke

Salah satu khasiat paling hebat dari campuran bawang putih dan madu adalah kemampuannya dalam mencegah penyakit stroke. Stroke bisa disebabkan oleh perdarahan pada otak maupun sumbatan di otak oleh gumpalan darah. Sumbatan di pembuluh darah otak tersebut disebabkan oleh proses yang disebut sebagai aterosklerosis atau penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah ke otak akan terganggu dan terjadilah stroke.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bawang putih dan madu dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Hal ini dapat mencegah penumpukan kolesterol di dalam dinding pembuluh darah di otak. Apabila tidak ada penumpukan kolesterol di dalam dinding pembuluh darah di otak, maka proses aterosklerosis dapat dicegah sehingga mencegah terjadinya stroke pula. Inilah mengapa bawang putih dan madu bisa memberikan manfaat yang sangat berarti bagi kesehatan kita. Baca juga : cegah stroke dengan dokter laser

Cara Konsumsi Bawang Putih dan Madu

Apabila anda tertarik untuk mulai mengkonsumsi bawang putih dan madu, maka kami akan memberitahu anda bagaimana caranya. Anda hanya perlu dua bahan utama, yakni 2 siung bawang putih dan 1 sendok madu. Potong bawang putih tersebut menjadi bagian-bagian yang kecil dan campurkan dengan 1 sendok madu. Ramuan bawang putih dan madu anda pun sudah siap untuk dikonsumsi. Perlu diingat bahwa anda hanya perlu mengkonsumsi bawang putih dan madu sebanyak 1 kali sehari saja untuk bisa mendapatkan manfaatnya.

Baca juga : manfaat jeruk nipis dan madu

Kesimpulan

Menjaga kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk anda lakukan. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi bawang putih dan madu. Berbagai manfaat bawang putih dan madu yang sudah kami sampaikan tentunya akan memberikan banyak sekali keuntungan bagi kesehatan anda.