Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan

Di dalam dunia obat-obatan herbal, manfaat buah mahkota dewa sudah tak lagi asing, terutama di Indonesia. Sebelum-sebelumnya, buah mahkota dewa dikenal sebagai jenis obat alternatif herbal untuk penyakit diabetes. Hanya saja, seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat pun mengenal makin banyak lagi manfaat yang dimiliki oleh tanaman yang punya warna merah terang ini untuk melawan dan mengatasi penyakit lainnya, termasuk stroke.

buah mahkota dewa

Kalau begitu, apa saja ya manfaat buah mahkota dewa untuk kesehatan manusia? Untuk memahaminya lebih lanjut, yuk simak daftar dan penjelasannya berikut ini. Selamat membaca!

Manfaat Buah Mahkota Dewa

  1. Meredakan sakit kepala.

Sakit kepala memang bisa terasa begitu mengganggu, bahkan hingga menghambat aktivitas. Nah, jika Anda mengalami sakit kepala, Anda bisa mengatasinya menggunakan buah mahkota dewa. Hal ini dikarenakan adanya kandungan beberapa jenis bioaktif di dalam tanaman ini yang dapat bekerja sebagai senyawa analgesik alias pereda rasa nyeri.

Adanya kandungan analgesik ini juga jadi alasan mengapa buah mahkota dewa juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri pada tubuh.

  1. Mengobati flu dan batuk.

Manfaat buah mahkota dewa selanjutnya adalah untuk mengobati flu dan batuk, terutama karena adanya kandungan antioksidan di dalam tanaman tersebut. Dengan begitu, tanaman ini pun bisa meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh, sehingga tubuh bisa menyembuhkan diri dari batuk dan flu dengan segera.

  1. Sebagai antibakteri dan antivirus.

Keberadaan virus dan bakteri didalam tubuh dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan karena bisa menimbulkan infeksi. Sementara itu, buah mahkota dewa mengandung senyawa seperti alkaloid dan saponin yang memiliki karakteristik antivirus dan antibakteri, sehingga mampu menjaga tubuh terhindar dari infeksi dari dua jenis parasit tersebut.

  1. Menangkal radikal bebas.

Kehidupan di era modern yang penuh polusi ini dapat mengakibatkan tingginya risiko serangan penyakit mematikan seperti tumor dan kanker. Hal ini dikarenakan adanya radikal bebas yang terdapat pada polusi. Untuk menangkal dan menangkisnya agar tidak merusak tubuh, antioksidan pun dibutuhkan, dan kandungan ini bisa Anda temukan di dalam buah mahkota dewa.

  1. Meningkatkan vitalitas.

Bukan hanya sebagai antivirus dan antibakteri, rupanya kandungan saponin dan alkaloid di dalam buah mahkota dewa juga memiliki sifat afrodisiak, alias dapat membangkitkan gairah seksual. Karena itu, tanaman ini juga diyakini memiliki khasiat untuk meningkatkan vitalitas, terutama pada pria.

  1. Detoksifikasi tubuh.

Adanya penumpukan zat-zat yang sudah tidak lagi berguna di dalam tubuh dapat membuatnya menjadi racun atau toksin yang pastinya berbahaya untuk kesehatan. Nah, toksin tersebut dapat dibuang alias didetoks dengan memanfaatkan buah mahkota dewa. Karena itulah jenis tanaman yang satu ini baik untuk mendetoksifikasi tubuh, serta mengatasi gejala keracunan.

  1. Mengatasi pengentalan darah.

Masalah atau gangguan pada pembuluh darah bisa mengakibatkan terjadinya pengentalan darah, yang bisa menghambat sirkulasi darah di dalam tubuh. Untuk mengatasi terjadinya proses pengentalan atau penggumpalan darah, Anda bisa memanfaatkan buah mahkota dewa yang memiliki kandungan saponin.

  1. Menurunkan kadar kolesterol jahat.

Salah satu manfaat buah mahkota dewa yang paling dikenal masyarakat adalah untuk mengatasi kadar kolesterol jahat yang tinggi. Seperti yang barangkali sudah Anda ketahui, kolesterol tinggi terjadi karena adanya penumpukan plak di dalam pembuluh darah. Mirip seperti pengentalan darah, hal ini juga dapat menghambat sirkulasi darah di seluruh tubuh, yang bahkan bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung, serta stroke.

  1. Meredakan gejala alergi.

Selain bersifat analgesik, antivirus, dan antibakteri, buah mahkota dewa juga bersifat antihistamin, yang bisa membantu tubuh Anda meredakan gejala alergi. Lewat kandungan senyawa polifenol yang terdapat pada tanaman yang satu ini, produksi histamin oleh tubuh pun bisa dicegah. Histamin sendiri merupakan menyebab munculnya berbagai gejala alergi, seperti kulit kemerahan, ruam, gatal, pembengkakan, rhinitis, dan bahkan kesulitan untuk bernapas.

  1. Menurunkan risiko serangan penyakit kardiovaskular.

Kandungan antioksidan di dalam buah mahkota dewa dinilai berada dalam jumlah yang tinggi, sehingga diyakini bukan hanya mampu menangkis radikal bebas, tapi juga menurunkan risiko serangan penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung koroner. Mirip seperti cara kerjanya dalam membantu menurunkan kolesterol, tanaman yang satu ini juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan cara yang sama.

  1. Meredakan gejala asam urat.

Sakit asam urat bisa menimbulkan rasa sakit pada beberapa titik sendi tubuh yang luar biasa. Nah, karena buah mahkota dewa juga dapat bekerja sebagai pereda nyeri, rasa nyeri pada sendi yang diakibatkan oleh serangan asam urat pun dapat diatasi. Meski demikian, manfaat buah mahkota dewa juga dapat menurunkan kadar asam urat, lho!

  1. Membantu mengontrol diabetes.

Satu lagi manfaat buah mahkota dewa yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, yaitu untuk membantu penderita diabetes mengontrol penyakitnya. Pasalnya, konsumsi buah mahkota dewa telah menunjukkan hasil yang efektif dalam mengendalikan kadar gula di dalam darah, sehingga bisa membantu penderita diabetes dalam menjaga kondisinya agar tidak jadi semakin parah.

Baca juga : Terapi stroke dan diabetes dengan Dr Laser

Nah, itulah beragam manfaat buah mahkota dewa yang telah banyak dikenal masyarakat dan sudah dibuktikan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya!