Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Buah Naga Merah dan Ungu untuk Kesehatan dan Diabetes

Manfaat Buah Naga Merah dan Ungu untuk Kesehatan dan Diabetes

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia dan banyak digemari oleh masyarakat di Tanah Air. Selain karena rasanya yang lezat, buah ini juga disukai karena berbagai manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya.

Jenis buah ini juga bervariasi, biasanya dibedakan berdasarkan warna kulit maupun daging buahnya. Contohnya adalah buah naga merah dan ungu, yang bisa dibilang merupakan jenis buah naga yang paling banyak ditemukan di Indonesia.

Buah naga merah punya warna kulit merah agak gelap dan berukuran cukup besar. Secara garis besar, jenis buah naga yang satu ini punya kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi. Rasanya juga manis, tapi karena kadar gula alaminya terbilang sedikit, buah ini tetap aman dikonsumsi penderita diabetes.

Sementara itu, buah naga ungu punya warna yang sebenarnya serupa dengan buah naga merah, namun warna merahnya lebih pekat. Karena itu, buah ini sekilas terlihat seperti berwarna ungu. Dibandingkan jenis buah naga lainnya, buah naga ungu punya tingkat kemanisan yang tinggi. Hanya saja, serupa seperti buah naga merah, kandungan gula alami di dalam buah naga ungu juga lebih rendah sehingga sama-sama aman disantap oleh penderita diabetes.

Nah, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, manfaat buah naga merah dan ungu adalah salah satu alasan mengapa buah yang satu ini sangat digemari. Kalau begitu, apa saja ya manfaatnya, terutama untuk kesehatan? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Manfaat Buah Naga Merah dan Ungu

  1. Menurunkan risiko serangan kanker.

Buah naga merah dan ungu memiliki kandungan yang disebut sebagai likopen, yang secara alami memberikan warna merah pada buah ini. Tapi, likopen juga mampu menurunkan risiko serangan kanker, terutama jika diimbangi dengan asupan sayur, buah, serta aktivitas fisik secara teratur.

Selain likopen, buah naga merah dan ungu juga kaya akan kandungan antioksidan bernama hytoalbumin yang bisa membantu menangkal radikal bebas bersifat karsinogenik, alias pemicu kanker, di dalam tubuh. Kemudian, kandungan serat, fosfor, kalsium, dan vitamin B2 serta C yang tinggi juga bisa membantu proses detoksifikasi, atau pembuangan racun dari dalam tubuh, termasuk racun penyebab kanker.

  1. Mencegah risiko serangan jantung.

Manfaat buah naga merah dan ungu lainnya yang tak kalah penting adalah menurunkan risiko serangan jantung. Pasalnya, kedua jenis buah naga ini bisa membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam pembuluh darah sambil meningkatkan jumlah kolesterol baik. Kandungan antioksidan di dalam buah naga merah dan ungu juga merupakan sumber lemak jenuh tunggal yang bisa menjaga kesehatan fungsi organ hati dan menurunkan risiko penyakit hipertensi, alias tekanan darah tinggi, yang juga jadi faktor pemicu penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung.

  1. Mencegah diabetes.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, buah naga merah maupun ungu dianggap masih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes sekalipun terlepas dari rasanya yang manis. Pasalnya, kandungan gula alami yang terdapat di dalam buah masih lebih sedikit, sehingga mempermudah penderita diabetes dalam mengontrol asupan gula hariannya.

Di samping itu, buah naga merah maupun ungu juga kaya akan serat yang bisa membantu menstabilkan kadar gula darah Anda. Dengan demikian, risiko terjadinya lonjakan kadar gula setelah makan, terutama konsumsi makanan yang punya indeks glikemik tinggi, bisa dicegah.

Baca juga : Cegah diabetes dengan Dr Laser

  1. Meningkatkan kinerja sistem imun tubuh.

Sebagai buah yang kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, buah naga merah maupun ungu juga sangat baik dalam menunjang dan meningkatkan fungsi sistem imun atau kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi buah naga merah maupun ungu secara teratur, proses penyembuhan luka yang diderita akan berlangsung dengan lebih cepat, baik itu luka luar maupun luka dalam.

Belum lagi, buah naga kaya akan kandungan vitamin C. Dengan demikian, konsumsi rutin buah yang satu ini juga mampu merangsang aktivitas antioksidan lain. Tubuh pun makin kuat dan kebal dari beragam risiko penyakit, termasuk radikal bebas yang bisa mengakibatkan penyakit serius seperti tumor dan kanker.

  1. Meredakan asma dan batuk.

Tahukah Anda kalau manfaat buah naga merah dan ungu bisa dirasakan bukan hanya dari daging buahnya, tapi juga bijinya? Pasalnya, biji buah naga punya kandungan asam lemak omega-3 dan omega-8. Keduanya mampu meringankan berbagai gejala gangguan pernapasan atau respirasi. Karena itulah buah naga merah maupun ungu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita asma, atau seseorang yang sedang mengalami batuk tanpa henti.

Akan tetapi, ingat bahwa konsumsi buah naga merah dan ungu hanya sebatas untuk membantu meringankan gejala asma dan batuk. Artinya penyakit tersebut tidak akan sepenuhnya sembuh hanya dengan mengonsumsi kedua jenis buah naga ini.

  1. Bantu turunkan berat badan.

Anda pasti sudah tahu bahwa obesitas atau berat badan yang berlebih merupakan salah satu faktor risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit berbahaya seperti diabetes, kolesterol, hipertensi, stroke, hingga jantung. Nah, untuk Anda yang ingin mengendalikan atau menurunkan berat badan, Anda bisa tambahkan buah naga sebagai salah satu jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Baca juga : manfaat buah mengkudu

Dengan kandungan serat yang tinggi dan kalori yang rendah, buah naga bisa membuat Anda merasa kenyang tanpa harus mengonsumsi terlalu banyak kalori. Apalagi, serat di dalam buah naga merah maupun ungu bisa bantu memperlancar pencernaan dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh.