Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

14 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Ini Bisa Kamu Dapatkan

Seledri, apa yang kalian pikirkan pertama kali ketika mendengar kata itu? Ya, pasti berhubungan dengan makanan dimana seledri biasanya menjadi bahan pelengkap maupun bumbu dalam sebuah masakan. Hal itu lumrah saja, karena memang seledri banyak digunakan untuk hal-hal tersebut.

Manfaat Daun Seledri

Namun, apakah kalian tahu jika seledri memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh manusia? Mungkin ada yang sudah dan ada yang belum. Padahal seledri hampir seluruh bagiannya mulai dari biji, batang sampai daun memiliki banyak khasiat. Sama seperti bahan alami lainnya baik itu sayur maupun buah, seledri juga memiliki manfaat yang banyak serta kandungan zat yang baik untuk tubuh.

Nah, untuk kalian yang belum tahu tentang manfaat daun seledri untuk kesehatan, di artikel ini kami akan mencoba menjelaskannya pada kalian. Mau tahu apa saja manfaat tersebut? Ayo cari tahu di ulasan yang berikut ini:

Bagus untuk Kesehatan, Inilah Beberapa Manfaat dari Daun Seledri

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol dalam tubuh bisa naik dengan cepat dan tinggi karena pola makan yang kurang sehat, seperti makan makanan yang berlemak. Jika kadar kolesterol terlalu tinggi ditakutkan akan menganggu kesehatan jantung. Seledri memiliki kandungan senyawa kimia bernama 3-n-butylphthalide yang bisa mengurangi kolesterol jahat yang ada di tubuh. Senyawa tersebut juga akan membantu sekresi asam empedu yang dapat berperan dalam menurunkan kolesterol. Selain itu, zat 3-n-butylphthalide juga dapat mengurangi sekresi hormone stress serta melemaskan otot yang ada di sekitar pembuluh darah sehingga dapat melancarkan aliran darah. Ada beberapa cara menurunkan kolesterol dengan seledri, misalnya bisa dengan membuat jus seledri yang dicampur dengan beberapa buah atau sayuran yang lain atau bisa dengan ramuan ini, yaitu merebus seledri dengan air hingga mendidih, lalu setelah itu biarkan sampai menjadi dingin dan setelah dingin dapat disaring ampasnya setelah itu bisa diminum sehari satu kali.

  1. Menyehatkan Ginjal

Manfaat daun seledri untuk kesehatan yang lainnya adalah menyehatkan ginjal. Hal itu karena seledri disebut sebagai tanaman yang secara alami membersihkan liver, membersihkan racun di tubuh dan mencegah adanya penyakit liver. Hal itu karena seledri mengandung vitamin A, B, C dan zat besi yang sangat tinggi.

  1. Mencegah Hipertensi

Menurut hasil penelitian, ekstrak seledri dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga dapat mencegah penyakit jantung coroner.

  1. Mencegah Infeksi

Tanaman seledri memiliki kandungan anti mikroba khusus yang dapat mencegah terjadinya infeksi pada tubuh. Seledri bahkan sudah lama dijadikan obat herbal karena kandungan zat anti bakteri-nya.

  1. Mencegah Kanker

Di dalam tanaman seledri memiliki kandungan polyacatylenes yang diyakini dapat membasmi, mematikan dan mencegah pembentukan sel kanker usus, kanker payudara, dan leukemia (kanker darah). Selain itu, polyacetylenes dalam seledri juga dapat digunakan sebagai campuran obat pencegah efek samping dari kemoterapi atau chemoprotective.

  1. Menurunkan Berat Badan

Seledri mampu mengelola metabolisme dari lemak tubuh serta menjadi cadangan nutrisi bagi tubuh. Selain itu, kandungan kalori di seledri sangat sedikit sehingga cocok sebagai sumber makanan bagi yang sedang dalam proses menurunkan berat badan. Namun, meski begitu seledri termasuk sayur yang padat nutrisi karena mengandung beberapa zat seperti vitamin, mineral, elektrolit dan antioksidan.

Baca juga : manfaat kayu manis untuk kesehatan

  1. Mengurangi Peradangan

Di dalam tanaman seledri memiliki sekitar 25 senyawa anti-inflamasi yang dapat melindungi tubuh dari peradangan seperti osteoporosis dan radang sendi.

  1. Melindungi Sel Tubuh dari Kerusakan

Seperti yang diketahui seledri memiliki antioksidan tinggi yang dapat melindungi sel, organ tubuh, dan pembuluh darah dari radikal bebas dan kerusakan oksidatif.

  1. Melancarkan Pencernaan

Seledri mengandung zat yang bernama apiuman. Apiuman terbukti dapat mengurangi sakit maag. Lalu kandungan air dan serat larut serta tidak larut dalam seledri juga dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

  1. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Daun seledri sebagai obat diuretik diyakini dapat berpengaruh pada pencegahan infeksi saluran kemih, hal itu karena seledri mampu merangsang produksi urin dalam tubuh.

  1. Menurunkan Resiko Radang Otak

Bertambahnya usia dapat menjadi pemicu terjadinya peradangan pada otak. Namun, tidak perlu khawatir karena dengan mengkonsumsi seledri ternyata mampu mengurangi resiko tersebut. Hal itu karena adanya kandungan luteolin yang ampuh untuk menurunkan resiko terkena radang otak.

  1. Menurunkan Demam

Seledri ternyata juga dapat untuk membantu menurunkan demam karena air yang terkandung di dalamnya dapat mendinginkan suhu tubuh.

  1. Menyehatkan Gigi

Seledri juga memiliki manfaat untuk menyehatkan gigi. Hal itu karena adanya kandungan vitamin K dan magnesium yang baik untuk kesehatan gigi, sendi dan juga tulang.

  1. Mengobati Penyakit Parkinson dan Stroke

Menurut sebuah penelitian di China, seledri memiliki manfaat untuk menurunkan kerusakan pada saraf yang terjadi akibat penyakit Parkinson dan penyakit stroke.

Baca juga : cegah stroke tanpa obat dengan Dr Laser

Wah ternyata banyak ya manfaat daun seledri untuk kesehatan. Dengan rajin mengkonsumsi seledri ternyata akan membantu mencegah dan mengobati banyak penyakit baik yang ringan maupun yang kronis. Bagaimana? Keren sekali bukan tanaman yang satu ini? Jadi, mau mulai kapan mencoba untuk mengkonsumsinya secara rutin agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut?