Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mengenal 13 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh

Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah yang digunakan untuk tambahan penyedap masakan. Bentuk dari kayu manis sendiri merupakan potongan kayu menggulung dengan aroma manis yang pekat.

Biasanya potongan kayu manis  ada yang sebesar jari manis. Namun, saat ini, kayu manis telah diolah menjadi bubuk yang lebih mudah digunakan. Sebenarnya, kayu manis sendiri tidak hanya untuk olahan makanan saja. Adapun manfaat kayu manis untuk kesehatan diantara adalah sebagai berikut

Mengenal 13 Manfaat Kayu Manis

Manfaat Kayu Manis

  1. Membantu Program Diet

Merasa memiliki berat badan berlebih? Anda bisa menggunakan kayu manis untuk membantu program penurunan berat badan sesuai yang diinginkan. Caranya cukup mudah, air rebusan kayu manis tambahkan madu secukupnya.

Minum air rebusan kayu manis sangat bagus untuk metabolisme tubuh, menekan rasa lapar, dan bisa membuat anda lebih mudah kenyang.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tahukah anda bahwa dengan rutin mengkonsumsi rebusan kayu manis  dapat mengurangi resiko mudah sakit? Hal tersebut karena kayu manis memiliki kandungan polivenol, anti virus, dan anti bakteri.

Bagi anda yang memiliki masalah gangguan pernapasan, dan jantung bisa mengkonsumsi rebusan kayu manis untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

  1. Mengurangi Kram Datang Bulan

Bagi para wanita yang mengalami masalah kram perut saat datang bulan, bisa mengkonsumsi  air rebusan kayu manis selagi hangat. Perlu diketahui bahwa kayu manis memiliki sifat analgesik yang dapat mengurangi rasa nyeri.

  1. Mengobati sakit Gigi

Sakit gigi amatlah menyiksa, ditambah dengan pembengkakan gusi. Sulit untuk tidur, nafsu makan berkurang, dan menjadi lebih sensitif. Anda bisa menggunakan air rebusan kayu manis, untuk mengobati sakit gigi dan gusi bengkak.

Bisa di konsumsi dengan cara diminum atau hanya untuk berkumur saja. ingat jika untuk berkumur maka tidak disarankan untuk menambah madu ataupun gula.

  1. Fungsi Otak Meningkat

Aroma yang dihasilkan dari kayu manis dapat membuat tubuh rileks. Hal inilah yang membuat seseorang menjadi lebih mudah berkonsentrasi, meningkatkan kecepatan bekerja, dan lebih mudah mengingat suatu hal. Selain itu, Kayu manis juga mampu mengurangi resiko menderita penyakit alzheimer.

  1. Mempertajam Pendengaran

Biasanya yang mengalami penurunan fungsi pendengaran adalah para manula. Mereka susah mendengar jika kita tidak bersuara lebih keras. Ada baiknya, memberikan rebusan kayu manis kepada orang tua anda dengan dosis tepat dan mengkonsultasikan dengan dokter kesehatan orang tua.

  1. Mengurangi Sakit Rematik

Satu lagi manfaat kayu manis untuk kesehatan ialah mengurangi sakit pada rematik. Nyeri rematik memang membuat penderitanya merasa kesulitan untuk bergerak bahkan berjalan sekalipun. Bila dirasa rematik mulai kambuh, anda bisa mengkonsumsi rebusan kayu manis sampai rasa sakit hilang. Kayu manis memiliki kandungan yang mampu mengurangi sitoksin penyebab rematik itu sendiri.

  1. Mencegah Kanker

Kandungan yang terdapat dalam kayu manis dapat mencegah sel kanker berkembang. Meski belum terdapat info yang pasti, namun pihak kedokteran tidak menyangkal bahwa kayu manis memiliki khasiat yang bagus untuk penderita kanker tapi tetap harus meminum obat dan menjalankan kemoterapi sesuai anjuran dokter.

  1. Mengobati Influenza

Ketika musim hujan tiba, maka virus influenza bisa menyerang siapa saja, terlebih jika imunitas yang dimiliki lemah. Kayu manis, dapat dijadikan obat untuk mengobati flu, dan batuk. Ramuan ini sudah dipakai sejak zaman dahulu, pengobatan Cina menggunakan kayu manis untuk menghangatkan tubuh saat musim dingin tiba.

Baca juga : manfaat daun pepaya

  1. Mengobati Diare

Tidak hanya daun jambu saja yang memiliki khasiat mengobati diare, namun rebusan kayu manis memiliki kandungan yang sama untuk mengatasi diare. Meminum rebusan kayu manis secara rutin, namun hentikan penggunaan saat terasa sudah membaik untuk menghindari sembelit.

  1. Mengurangi PCOS

Pernah mendengar istilah PCOS? Polycystic Ovary Syndrome merupakan sebuah penyakit ketidak seimbangan hormone yang dialami oleh wanita. Penyebabnya karena sel telur atau ovum tidak berkembang secara normal. Air kayu manis dapat mengurangi PCOS secara signifikan dengan rutin mengkonsumsinya.

  1. Merawat Kulit

Debu, polusi udara, paparan sinar matahari memiliki efek buruk untuk kulit tubuh. Anda yang sering sekali terkena polusi, ada baiknya untuk mengkonsumi rebusan kayu manis. Mengapa demikian? Kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Tidak hanya itu, terdapat polifenol yang mampu memelihara kesehatan kulit, mencegah efek buruk sinar UV dan inflamasi.

  1. Baik Untuk Penderita Diabetes

Banyaknya manfaat dari kayu manis untuk kesehatan salah satunya bagi penderita diabetes. Antisoksidan di dalam kayu manis, dapat mengontrol gula darah dengan sangat baik. Selain itu, kayu manis memperbaiki insulin dan memudahkan proses pencernaan.

Untuk dosis bagi penderita diabetes, cukup satu gram bubuk kayu manis dilarutkan air panas. Sebagai catatan setiap penderita diabetes memiliki dosis yang berbeda-beda. Meskipun tidak ada efek samping berbahaya dari rebusan air kayu manis, anda harus tetap berdiskusi dengan dokter atau ahli herbal lainnya dalam dosis yang diperlukan penderita diabetes.

Baca juga : Dr Laser cegah diabetes tanpa obat

Kayu manis memang telah diperkaya sejak zaman dahulu sebagai bahan rempah yang memiliki banyak khasiat di dalamnya. Meski demikian, ada baiknya penggunaan kayu manis tetap dikonsultasikan dengan dokter, terlebih ketika digunakan untuk mengobati penyakit yang membutuhkan penanganan khusus.

Manfaat kayu manis untuk kesehatan bukan isapan jempol belaka. Jika memang anda merasa kurang yakin, bisa mulai mengkonsumsi rebusan air kayu manis secara rutin dan dapatkan khasiat baiknya.