Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Dan Kecantikan 

manfaat outmeal

Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Oatmeal atau dikenal juga sebagai gandum putih adalah bubur yang terbuat dari gandum, banyak masyarakat yang mengkonsumsi oatmeal untuk keperluan diet atau sekedar cemilan saja, namun tahukan anda banyak sekali manfaat dari oatmeal ini, selain dari menurunkan berat badan, oatmeal juga baik dikonsumsi oleh kaum hawa karena oatmeal mampu mencegah kanker payudara.

Oatmeal saat ini sedang naik daun dikalangan masyarakat, dan menjadi bagian dari pola makan sebagian orang yang sedang dalam proses diet, para ahli medis pun ikut andil menyarakan pasien diabetes dan penyakit jantung untuk rajin mengkonsumsi oatmeal. karena oatmeal dapat menjaga gula darah dan kadar kolestrol agar tetap normal, anda juga perlu mengkonsumsi oatmeal untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sarapan anda masih menggunakan nasi? cobalah beralih ke sarapan sehat dengan mengkonsumsi oatmeal, oatmeal mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan, oatmeal juga memiliki banyak nutrisi baik yang diperlukan oleh tubuh, dan oleh sebab tu oatmeal sangat bermanfaat selain menjaga berat badan anda oatmeal juga bisa menjadi bagian dari pola makan sehat anda setiap hari

Sudah banyak produk oatmeal saat ini dan beberapa waktu lalu saya membeli quaker instant oatmeal di alfamart harganya kurang lebih 42.000 dan sudah satu bulan lebih belum habis padahal ini the saya makan tiap pagi hehe keliatannya sedikit tapi pas ditaburi banyak terus kenyang sampe siang, reccomend deh sama oatmeal ini. eitss gak promosi ya.

Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan

Oatmeal kaya akan serat dan memiliki kandungan protein, fosfor, magnesum, kalsium, kalium, mangan, lemak dan vitamin B1, B2, B3, B5, B9 yang berguna untuk menghasilkan energi pada tubuh, selain itu oatmeal juga memiliki segudang manfaat kesehatan yang mampu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit, seperti mencegah risiko sakit jantung, mencegah kanker, mencegah risiko hipertens, dan mencegah osteoporosis

Mencegah Kanker

Pada sebuah penelitian oleh International Journal of Epidemiology menyarankan para wanita agar mengkonsumsi oatmeal secara rutin, dari 41% koresponden yang melakukan diet dengan oatmeal ini mengatakan, telah merasakan manfaat dari oatmeal.

Studi tersebut mengungkapkan bahwa oatmeal ternyata dapat mencegah kanker payudara, kandungan serat tak larut didalam oatmeal ini berperan untuk membunuh sel-sel karsinogen dan menurunkan kadar estrogen di dalam tubuh, sehingga tubuh dapat terlindung dari kanker.

Menjaga Kesehatan Jantung

Oatmeal mengandung senyawa kimia lignan yang berfungsi untuk mencegah penyakit kardiovaskular, misalnya seperti penyakit jantung, selain terdapat pada oatmeal ternyata lignan juga terdapat pada brokoli, aprikot, dan biji rami. Sebuah studi mengatakan bahwa seseorang yang memiliki resiko gagal jantung dapat mengecilkan risikonya hanya dengan mengkonsumsi oatmeal 1 mangkok setiap hari secara rutin.

Mencegah Resiko Hipertensi

Oatmeal mengandung serat larut air yang ternyata mampu mengurangi risiko hipertensi, sebuah studi menyarankan agar wanita lansia (monopause), yang kebanyakan mengalami tekanan darah tinggi, untuk mengkonsumsi 1 mangkuk oatmeal setiap hari, sedangkan untuk pria mengkonsumsi oatmeal 1 mangkuk sehari dapat menurunkan risiko terkena gagal jantung.

Menurunkan Kadar Kolestrol Jahat LDL

Kolestrol jahat LDL merupakan salah satu penyebab utama pemicu timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke, well oatmeal yang kaya akan serat larut, jenis serat yang juga terdapat dalam buah apel, prune dan pir ini dapat menghambat penyerapan kolestrol jahat LDL.

Mencegah Stress

Untuk mencegah stress sebenarnya kita hanya perlu menerapkan prilaku baik dan pola makan sehat dan menghindari berbagai macam masalah yang dapat menimbulkan stress seperti menunda-nunda pekerjaan yang akhirnya malah menumpuk.

Namun dengan mengkonsumsi oatmeal yang mengandung karbohidrat kompleks juga dapat memicu hormon serotonin didalm otak, sehingga membuat anda merasa lebih tenang dan rileks, selain itu makanan yang dapat menghilangkan stress dan dapat menimbulkan rasa senang adalah cokelat.

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis umumnya diketahui saat setelah ditemui retak pada tulang, osteoporosis adalah konisi saat kualitas kepadatan tulang menurun, ini yang menyebabkan tulang menjadi keropos dan rentan retak.

Oatmeal merupakan makanan yang mengandung komponen mineral yang berguna untuk kesehatan tulang, dengan mengkonsumsi oatmeal smangkuk sehari bisa membantu anda untuk mencukupi kebutuhan mineral pada tulang, sehingga bisa mencegah anda terkena osteoporosis.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Otmeal merupakan biji-bijian dari gandum utuh yang dapat menurunkan risiko terkena berbagai penyakit, termasuk kanker dan diabetes tipe 2. Otmeal juga mengandung Lignan, yang merupakan senyawa kimia yang telah diuji dapat mencegah penyakit jantung.

The Dietary Guidelines for Americans 2010 menyarankan makan biji-bijian untuk menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular. Selain itu, biji-bijian seperti gandum juga merupakan sumber vitmin, zat besi, dan magnesium.

Tinggi Kandungan Antioksidan

Otmeal sangat kaya akan kandungan antioksidan seperti avenanthramides yang sangat penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Bahaya radikal bebas ini dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan, kecantikan, dan menjadi penyebab utama berkembangnya sel kanker.

Mencegah Pengerasan Arteri

Avenanthramides dapat memberi perlindungan terhadap penyakit jantung, Tidak hanya itu, senyawa antioksidan ini juga mampu mencegah arteri dari pengerasan. Avenanthramides dapat menekan produksi molekul yang memungkinkan untuk mencegah pengerasan dinding arteri.

Penelitian menunjukan bahwa wanita menopause yang mengonsumsi 6 porsi serealia utuh dalam seminggu dapat menurunkan risiko perkembangan aterosklerosis.

Ateroskleorosis adalah kondisi dimana kolestrol yang dibawa oleh darah menumpuk di sepanjang lorong-lorong pembuluh darah dan dapat memperlambat perkembangan stenosis, yang menyebabkan lorong-lorong pada arteri menyempit. Otmeal akan menjadi lebih bermanfaat bagi kesehatan jika dipadukan dengan konsumsi makanan yang mengandung vitmin C

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Otmeal mengandung beta-gluten yang termasuk dalam beberapa jenis serat, yang mampu melindungi anda terhadap penyakit jantung dan juga dapat meningkatkan sistem imunitas. Hal ini membantu sel-sel sistem kekebalan tubuh untuk mencari dan memperbaiki daerah pada bagian tubuh yang terkena infeksi bakteri.

Mencegah Pengembangan Diabetes

Selain baik untuk diet, otmeal juga merupakan sumber magnesium yang dapat membantu mengatur kadar glukosa dan insulin. Sebuah temuan menunjukkan bahwa, selama delapan tahun, perempuan yang mengonsumsi makanan diet kaya sereal dapat menurunkan risiko diabetes hingga 31%. Untuk mengoptimalkan manfaatnya, anda bisa menambahkan susu dan buah-buahan ke dalam oatmeal. Tambahan susu yang rendah lemak juga berguna untuk menurunkan risiko diabetes.

Baca juga: terapi diabetes dengan jam laser

Mencegah Obesitas

Makanan yang sangat erat kaitannya dengan program diet sangat baik bukan? Karena oatmeal kaya akan serat, itu akan memberi rasa kenyang yang lebih lama. Serat juga dapat meningkatkan vikositas isi perut sehingga akan membutuhkan waktu lebih lama bagi perut untuk lapar kembali. Penelitian juga telah menghubungkan rendahnya risiko obesitas pada anak-anak yang rutin mengonsumsi oatmeal.

Bisa Dikonsumsi Untuk Pasien Celiac

Celiac adalah sindrom mamabsoprsi, di mana usus tidak mampu menyerap nutrisi makanan. Anak-anak dan orang dewasa yang menderita penyakit celiac umumnya tidak dapat mengonsumsi glutern (suatu senyawa protein yang terdapat pada gandum), akan tetapi sebuah riset menunjukkan bahwa mereka bisa mengonsumsi oatmeal meskipun mengandung sedikit gluten.

Masalah Pencernaan

Mengonsumsi oatmeal atau oat diduga dapat membantu menyelesaikan masalah pencernaan sepert batu empedu, gangguan gerakan usus besar atau Irritable Bowel Syndrome (IBS), penyakit darang usus, sembelit, dan divertikulosis (kantung kecil yang menonjol keluar melalui usus besar). Oat yang digunakan dalam diet harian juga diduga dapat menurunkan risiko terkena kanker usus besar.

Menstabilkan Gula Darah Pada Penderita Diabetes

Otmeal sangat kaya akan serat yang membuatnya lebih lama dicerna oleh tubuh. Hal ini yang menyebabkan oatmeal tidak akan menaikan kadar gula darah secara cepat sehingga gula darah akan tetap stabil dan terjaga.

Mengenyangkan Lebih lama

Jika anda mengonsumsi oatmeal sebagai sarapan di pagi dapat membuat anda merasa kenyang hingga menjelang makan siang. Hal ini karena oatmeal mengandung cukup banyak serat sehingga dapat mencegah dari rasa lapar. Ini pun sudah saya coba sendiri lho ya waktu sebelum ngampus pagi sarapan oatmeal, kenyang *ehh sampe siang setiap hari.

Menjaga Berat Badan

Oatmeal mempunyai kandungan serat yang mampu bertahan lama di dalam perut, jadi membuat tubuh merasakan kenyang lebih lama, sehingga menjaga kita dari rasa ingin makan lagi atau ngemil, alhasil berat badan akan terjaga karena mengkonsumsi oatmeal.

manfaat outmeal

Manfaat Oatmeal Untuk Kecantikan

Seain memiliki banyak manfaat kesehatan ternyata oatmeal juga memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan tubuh, perawatan tubuh menggunakan oatmeal ternyata telah didokumentasikan sejak 2000SM, selain itu oatmeal merupakan bahan alami yang baik digunakan untuk perawatan kecantkan kulit dan tubuh, serta teah mendapat pengakuan dari FDA (BPOM Amerika).

Menormalkan pH kulit

American Academy of Dermatology mengatakan, kulit kering dan kulit gatal umumnya memiliki tingkat pH yang tinggi, dan dengan mengkonsumsi oatmeal ternyata bisa membantu menormalkan pH kulit sehingga kulit dapat terhindar dari rasa tidak nyaman pada kulit ataupun rasa gatal.

Membersihkan dan Menjaga Kelembaban Kulit

Saat anda berendam didalam bak mandi tuangkan secangkir oatmeal kedalam bak mandi kemudian tambahkan dengan air hangat, oatmeal dapat menjaga kelembaban kulit dan membersihkan permukaan kulit, jangan lupa tambahkan beberapa tetes minyak lavender atau seikat lavender kering agar membuat tubuh menjadi lebih rileks dan memberikan aroma yang menenangkan dan menyegarkan.

Exfoliator Alami

Jika kulit wajah anda memerah akibat penggunaan scrubs berlebih silahkan anda membuat exfoliator alami dengan membuat pasta oatmeal. anda dapat mencampurkan minyak kelapa, gula merah, oatmeal dan air hangat. Pasta oatmeal berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati tanpa membuat kulit wajah memerah, selain itu kulit anda akan menjadi lebih cerah.

Pembersih Wajah

Oatmeal sangat baik digunakan sebagai bahan untuk masker wajah, sabun, atau pembersih wajah, karena oatmeal mengandung senyawa kimia yang dikenal dengan nama saponin yang memiliki sifat sebagai pembersih intens.

Campurkan oatmeal dengan madu dan air hangat lalu aduk hingga menjadi seperti pasta, lalu oatmeal siap menjadi masker wajah, madu disini berguna untuk menghilangkan bakteri dan dapat membuat kulit menjadi lebih lembab sehingga kulit wajah tidak kering.

Baca juga: manfaat jeruk nipis untuk kecantikan

Mengatasi Minyak Berlebih & Kotoran pada Rambut

Oatmeal dapat menyerap dan menghilangkan minyak berlebih pada kulit, selain itu oatmeal juga bisa membantu menyerap minyak berlebih serta kotoran pada rambut, caranya giling halus oatmeal lalu balurkan pada rambut, shampo kering yang dibuat dengan oatmeal ni juga membantu untuk mengurangi rasa gatal pada kulit kepala.

Mencegah Jerawat

Seperti yang saya ulas sebelumnya, oatmeal mampu menyerap minyak berlebih pada kulit, minyak berlebih adalah cikal bakal tumbuhnya jerawat, selain itu dapat menghilangkan bakteri pada wajah dan memicu pengeplupasan sel-sel kulit mati.

Sifat menyerap minyak tersebut yang membuat oatmeal dapat mengatasi masalah jerawat, cara menghilangkan jerawat dengan oatmeal, buatlah pasta dengan oatmeal lalu campurkan dengan air panas, biarkan dingin lalu balurkan pada wajah, dan biarkan 15menit, lalu bilas wajah anda hingga bersih.

Oatmeal juga dpat membantu menyelesaikan masalah pencernaan seperti batu empedu, gangguan gerakan usus besar, penyakit radang usus, sembelit, dan divertikulosis (kantung kecil yang menonjol keluar melalui usus. Oatmeal yang dikonsumsi setiap hari juga mampu mengecilkan risiko terkena penyakit kanker usus besar.

Sebagian orang tidak menyukai oatmeal karena bagi mereka oatmeal memiliki rasa tidak enak atau hambar, untuk mengatasi masalah ini anda bisa mencampurkan beberapa buah-buah sehat seperti stroberi, apel, pisang, atau bluberi, selain itu anda juga bisa menambahkan satu sendok madu atau gula merah agar sajian oatmeal anda semakin lezat.