Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Mengobati Stroke Sebelah Kiri

Dampak dari penyakit stroke salah satunya adalah kelumpuhan, baik itu di kedua bagian badan, atau salah satu sisi bagian saja, yakni sebelah kiri anggota badan atau sebelah kanannya. Kali ini kita akan membahas tentang cara mengobati stroke sebelah kiri.

Kenali Penyebab Stroke Sebelah Kiri untuk Temukan Cara Mengobati Stroke Sebelah Kiri dengan Tepat

Sebelum membahas tentang cara mengobati stroke sebelah kiri maka akan kita bahas tentang penyebabnya terlebih dahulu. Stroke sebelah kiri itu disebabkan akibat:

Stroke Iskemik

Stroke iskemik terjadi sebagai akibat terjadinya penyumbatan pembuluh darah atau arteri karena terdapatnya plak lemak bercampur dengan darah atau karena pembekuan atau pengentalan sel darah pada peredaran darah, atau akibat.

Stroke Hemoragik

Stroke hemoragik terjadi akibat pecahnya arteri atau pembuluh darah sehingga menimbulkan pendarahan yang akhirnya berdampak pada saraf motorik tubuh akibat menggenangnya darah yang tersebar ke bagian otak sekitar lokasi pendarahan.

Nah sebagai dampak dari terjadinya stroke iskemik atau stroke hemoragik tersebut maka dapat terjadi gangguan fungsi motorik tubuh, baik itu gangguan motorik sementara atau lumpuh permanen, baik yang terjadi pada bagian tubuh sebelah kanan atau sebelah kiri tubuh, juga mengalami gangguan bicara selain gangguan pada tangan dan kaki, yakni terasa berat ketika digerakkan atau istilah medisnya adalah mengalami spastisitas.

Bagaimana Cara Mengobati Stroke Sebelah Kiri

Ada beberapa metode yang dapat ditempuh sebagai cara mengobati stroke sebelah kiri sebagai berikut.

Suntikan pengendur otot atau toksin botulinum

Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan memberikan toksin botulinum atau suntikan pengendur otot, sehingga otot motorik lengan tangan atau kaki kiri penderita yang mengalami dampak pasca serangan stroke tersebut dapat menjadi agak lentur sehingga dapat lebih mudah digerakkan, meski efeknya hanya sementara dan tidak permanen dan tidak dapat dilakukan secara terus menerus tanpa pengawasan dari dokter, selain itu juga terdapat efek samping, berupa rasa pusing dan kelelahan.

Rutin berolahraga

Cara lain adalah dengan terus rutin berolahraga, meski agak berat dan sakit namun bagian tubuh sebelah kiri yang mengalami gangguan motorik pasca stroke tersebut harus tetap berusaha digerakkan secara rutin dilatih.

Terapi fisik

Dapat juga mengundang ahli terapi fisik guna mendapatkan bantuan dalam menggerakkan anggota tubuh sebelah kiri seperti tangan dan kaki yang sulit digerakkan tersebut supaya bisa lebih lentur. Hasil studi dan penelitian menunjukkan bahwa seiring dengan kembali melenturkan anggota tubuh yang semula mengalami gangguan motorik, maka fungsi otak pun akan kembali menjadi pulih, jadi rajin-rajinlah terus berusaha menggerakkan anggota tubuh bagian kiri yang mengalami spastisitas tersebut. Ahli terapi fisik juga akan mengawasi supaya tidak terjadi gerakan yang over, berlebihan dan membahayakan karena dapat menimbulkan cedera.

Terapi akupuntur

Terapi akupuntur juga dapat dicoba, yakni dengan cara melakukan penotokan pada titik-titik akupuntur tertentu sehingga otot bagian tubuh sebelah kiri yang mengalami gangguan motorik tersebut dapat menjadi lentur dan mudah digerakkan.

Terapi pijat

Sama juga dengan terapi akupuntur, terapi pijat juga dapat dilakukan, namun harus dikonsultasikan juga dengan dokter supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pemberian Pengobatan

Pengobatan medis atau pengobatan tradisional herbal alternatif juga dapat dilakukan sebagai upaya penyembuhan sumber utama penyebab gangguan motorik anggota tubuh bagian kiri tersebut, yakni penyakit strokenya, guna mengontrol tekanan darah.

Mengubah gaya hidup yang buruk

Gaya hidup yang buruk yang dapat memperburuk kondisi kesehatan juga harus segera dihilangkan, seperti kurang tidur, stres, dan lain sebagainya.

Diet ketat

Ubah pola makan, hindari dan stop konsumsi makanan dan minuman yang menjadi pantangan, seperti pemakaian garam untuk makanan asin, lalu hindari juga makanan manis, makanan berlemak, makanan kalengan, rokok, kopi makanan berkarbohidrat tinggi dan lainnya, lalu lebih banyaklah mengkonsumsi makanan pendukung penyembuhan secara rutin, seperti alpukat, jus seledri dan mentimun juga bagus, serta sayuran hijau lainnya, pare, ketan hitam, coklat hitam, ikan dan lain sebagainya.

Terapi Dokter Laser

Sebuah teknologi terbaru dalam pengobatan dengan memakai sinar laser yaitu dengan menggunakan Dokter Laser. Produk ini sudah terdaftar di kemenkes RI.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang cara mengobati stroke sebelah kiri.